Kelompok Ras Penduduk Benua Asia

  • Whatsapp
Kelompok Ras Penduduk Benua Asia
Kelompok Ras Penduduk Benua Asia

Sejarah Negara Com – Penduduk Asia terdiri dari berbagai tipe ras yang telah bercampur-baur mengalami proses asimilasi satu sama lain. Kendati demikian, di wilayah tertentu terdapat ras-ras yang dominan. Menurut teori tiga ras (Kaukasoid, Mongoloid, dan Negroid), penduduk Asia dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu: Ras Mongoloid, Ras Kaukasoid, dan Ras Negroid.

Menurut pengelompokan dengan sistem geografis, penduduk Benua Asia juga terdiri dari tiga kelompok, yaitu: kelompok ras Asia, ras India, dan ras Eropa. Kelompok ras Asia meliputi bangsa Cina, Jepang, Korea dan kebanyakan bangsa di Asia Tenggara.

Bacaan Lainnya

Kelompok ras India meliputi bangsa yang menempati sebagian besar anak benua India. Sedangkan kelompok ras Eropa meliputi bangsa Arab, Iran, Yahudi, Turki, dan kebanyakan suku bangsa di India sebelah barat.

3 jenis ras Asia

Waktu yang dibutuhkan: 5 menit.

Jenis ras yang ada di Asia

  1. Ras Mongoloid

    Ras Mongoloid adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menunjuk fenotipe umum dari sebagian besar penghuni Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Utara, Madagaskar di lepas pantai timur Afrika, beberapa bagian India Timur Laut, Eropa Utara, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Oseania. Dahulu anggota ras Mongoloid sering disebut berkulit kuning, meskipun hal ini tak mesti benar.

    Misalnya: banyak orang mengatakan bahwa orang Indian di Amerika berkulit merah, sedangkan orang Asia Tenggara sering dikatakan berkulit coklat, baik coklat muda maupun coklat tua.

    Ciri khas ras Mongoloid
    Ciri khas utama yang dimiliki oleh Ras Mongoloid adalah rambutnya yang berwarna hitam lurus, bercak mongol pada saat lahir, dan kelopak mata sipit. Perawakan ras ini mayoritas berukuran lebih kecil dan pendek daripada ras Kaukasoid.
    Ras Mongoloid

  2. Ras Kaukasoid

    Dahulu, istilah ras Kaukasoid pernah digunakan untuk menunjuk fenotipe umum dari sebagian besar penghuni Afrika Utara, Timur Tengah, Eropa, Pakistan dan India Utara. Keturunannya juga menetap di Australia, Amerika Utara, sebagian dari Amerika Selatan, Afrika Selatan dan Selandia Baru. Anggota ras Kaukasoid lazim disebut berkulit putih, meskipun ini juga tak selalu benar.

    Beberapa pakar menyebutkan bahwa orang Ethiopia dan Somalia, tengkoraknya mirip dengan tengkorak Kaukasoid, kemudian dianggap termasuk ras tersebut, meskipun secara fisik rambut mereka keriting dan berkulit hitam, yang kemudian ini dianggap menentukan ras Negroid.

    Seorang pakar genetika bernama Luigi Luca Cavalli-Sforza dari Italia telah membuktikan bahwa membagi jenis manusia dalam ras adalah sebuah usaha yang sia-sia. Dengan demikian, jika dilihat dari sudut biologi, istilah ras Kaukasoid dan pada umumnya, ras manusia tidak dianggap lagi. Fenotipe seseorang hanya ditentukan oleh sejumlah kecil gen. Secara biologis, hanya ada satu ras manusia, yaitu Homo sapiens.Ras Kaukasoid

  3. Ras Negroid

    Ras Negroid adalah sebuah istilah yang pernah digunakan untuk menunjuk fenotipe umum dari sebagian besar penghuni benua Afrika di sebelah selatan gurun Sahara. Keturunannya mayoritas mendiami Amerika Selatan, Amerika Utara, Eropa dan Timur Tengah.

    Jika dilihat dari segi fenotipe, ciri khas ras Negroid adalah kulitnya berwarna hitam dan rambut keriting. Walaupun anggota ras Khoisan dan ras Australoid juga berkulit hitam dan berambut keriting, namun tidak dianggap sebagai ras Negroid.Ras Negroid

Apa saja ras yang ada di Asia?

1. Asia Timur, termasuk Asia Tenggara dominan ras Mongoloid.
2. Asia Selatan bagian utara dominan ras Kaukasoid, sedangkan di bagian selatan dominan ras campuran Kaukasoid-Negroid (Dravida, di India Selatan dan Sri Lanka).
3. Asia Utara dan Asia Tengah (Asia Rusia) didominasi oleh ras Kaukasoid.
4. Asia Barat atau Timur Tengah bagian utara dominan ras Kaukasoid dan telah terjadi proses asimilasi antara ras Kaukasoid dan ras Negroid, sedangkan di bagian selatan khususnya di Semenanjung Arab dominan ras Negroid.

Suku bangsa apa saja yang ada di benua asia?

Aimak, Bangsa Armenia, Bangsa Azerbaijan, Bangsa Indo-Arya, Bangsa Khazar, Bangsa, Palestina, Bangsa Persia, Bangsa Tajik, Dungan, Göktürk, Hazara, Bangsa Korea, Suku Kuman, Kumandin, Pashtun, Bangsa Rusia, Suku bangsa Austronesia, Bangsa Jepang, Suku Cham, Suku Kipchak, Suku Tamil, Talysh, Bangsa Turk, Bangsa Turki, Turkmen

Agama apa yang dianut penduduk Asia?

Islam, Budha, Kristen, Hindu, Kong Hu Cu, Yahudi, Shinto, dan Tao. Selengkapnya kunjungi artikel agama penduduk Asia.

Apa saja bahasa yang digunakan penduduk Asia?

Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Bahasa Melayu, Bahasa Korea, Bahasa India, Bahasa Ibrani, Bahasa Laos, Bahasa Tamil

Bagaimana flora dan fauna di benua asia?

Asia Utara
– Flora: Tumbuhan yang hidup di wilayah tundra (padang rumput di daerah bersalju), seperti lumut dan rumput.
– Fauna: Moose (sejenis rusa besar), beruang es, dan serigala abu-abu.
Asia Barat dan Asia Tengah
– Flora: Haloxylon, pinus Aleppo, cistus, dan pohon mastik.
– Fauna: Unta, gazel, kucing pasir, dan jakal.
Asia Timur
– Flora: Pohon ek, pohon palem, bambu, dan magnolia.
– Fauna: panda.
Asia Selatan dan Asia Tenggara
– Flora: Meranti, kayu jati, kayu cendana, dan karet.
– Fauna: Harimau, gajah, dan orangutan.

Apa saja 3 ras utama penduduk Asia?

1. Ras kaukasoid diasia utara.
2. Ras mongoloid diwilayah asia timur dan asia tenggara.
3. Ras negroid diwilayah seperti papua.

Apa saja karakteristik dari benua Asia?

1. Benua paling luas di dunia
2. Benua dengan populasi terbanyak didunia
3. Benua yang paling tinggi didunia
4. Benua yang memiliki dataran tertinggi di dunia
5. Benua yang memiliki titik terendah di daratan
6. Terdapat banyak gurun pasir
7. Asia tempat lahirnya agama besar
8. Memiliki penduduk yang ber-ras Mongoloid

Bagaimanakah ciri ciri ras Mongoloid?

Ciri khas utama yang dilihat pada ras ini adalah rambut berwarna hitam yang lurus, bercak mongol pada saat lahir, dan kelopak mata yang unik yang disebut dengan istilah mata sipit. Selain itu, perawakan ras Mongoloid seringkali berukuran lebih kecil dan pendek daripada ras Kaukasoid.

Bagaimana ciri ciri ras Kaukasoid?

Ras kaukasoid berasal dari bangsa eropa utara, eropa tengah, eropa timur, afrika utara, armenia. Ras kaukasoid memiliki ciri ciri: kulot berwarna putih, rambut berwarna pirang, hidung mancung, mata berwarna biru, memiliki dagu panjang dan tinggi badan rata rata 180-200 cm

Apa ciri ciri ras Melanesoid?

1. Mempunyai kulit hitam.
2. Rambut hitam dan keriting.
3. Mempunyai bibir yang tebal.
4. Postur tubuh tegap.
5. Hidung melebar dan pesek.
6. Mempunyai tinggi badan rata – rata 160 sampai dengan 170 cm.

Apa ciri ciri ras Negroid?

Dari segi fenotipe, ciri khas utama anggota ras Negroid adalah kulit yang berwarna hitam dan rambut keriting. Meskipun anggota ras Khoisan dan ras Australoid juga berfenotipe kulit hitam dan rambut keriting, mereka tidak dianggap termasuk ras Negroid.

Orang Indonesia termasuk ke dalam ras apa?

Indonesia sebenarnya tergolong ras Mongoloid lebih tepatnya subras Deutero Melayu dan Proto Melayu, tapi hampir kebanyakan suku2 di Indonesia termasuk sub ras Deutero Melayu, contoh: jawa, bali, sunda, melayu pesisir, minangkabau, menado, minahasa, rejang-lebong

Apa ciri ciri ras?

1. Ras kaukasoid : hidung mancung, badan tinggi besar, banyak bulu pada badan, rambut bergelombang warna hitam dan pirang, serta kulit coklat sampai putih.
2. Ras Mongoloid: kulit kuning hingga sawo matang, rambut lurus warna hitam, mata sipit, tulang pipi agak menonjol.
3. Ras Negroid: kulit warna hitam, rambut keriting.

Dengarkan artikel

Baca juga: Sejarah Penduduk Benua Asia

Terkait ras Asia

Pos terkait