Flora Fauna Asia lengkap dengan gambarnya

Flora Fauna Asia – Di Benua Asia hidup berbagai macam flora dan fauna. Jenis dan bentuknya pun berbeda-beda dari wilayah Asia Barat dan Asia Tenggara misalnya. Seperti di daerah Arab, hewan unta dapat bertahan hidup dengan baik meskipun di tengah-tengah gurun pasir.

Flora Asia

Di daerah Arktik hanya beberapa jenis tanaman yang dapat hidup. Tetapi di bagian selatan terdapat hutan paling luas di dunia, yang menjadi sumber kayu, terutama bagi Uni Soviet. Di dataran Asia Tengah yang kering hanya hidup jenis rumput yang banyak digunakan sebagai makanan ternak.

Tanaman yang tergolong bernilai tinggi banyak terdapat di Asia Timur, karena di wilayah ini hujan sering turun, misalnya kayu (untuk bahan bangunan dan kertas) dan pohon buah-buahan. Selain di Asia Timur, Asia Tenggara pun memiliki berbagai jenis tanaman yang memberi hasil untuk di ekspor, di antaranya karet, kelapa, pala, kayu jati, teh, dan bambu.

Pohon karet flora Asia
Pohon karet flora Asia

Tanaman opium yang tumbuh liar banyak ditemukan di Laos, India, dan Turki. Hasilnya disebarkan secara gelap ke berbagai negara.

Fauna Asia

Di Asia banyak sekali jenis hewan yang dipelihara dan digunakan sebagai sarana angkutan, makanan, bahan pakaian, dan lain-lain. Di Asia Tenggara dan Asia Timur, kerbau dan sapi digunakan sebagai bahan makanan dan sarana pengangkutan, hingga sekarang pun masih kita temukan kerbau digunakan untuk membajak sawah pak tani.

Di Asia Barat Daya dan Asia Selatan, unta dan keledai banyak digunakan untuk pengangkutan, disamping kuda dan sapi. Ratusan jenis hewan piaraan lain digunakan sebagai bahan makanan.

Dekat Lingkaran Arktik, beberapa jenis hewan liar seperti rubah arktik, kelinci arktik, lemming, dan rusa, banyak terdapat pada musim panas. Semua binatang ini kecuali lemming pindah ke arah selatan pada musim dingin, sedangkan lemming tetap tinggal bersembunyi di bawah gumpalan salju.

Di Asia Utara sebelah selatan Arktik, terdapat banyak jenis hewan yang berharga karena bulunya, diantaranya beruang, rusa, cerpelai, links, dan berang-berang. Antilop, begitu pula belalang terdapat di daerah Mongolia (baratlaut Cina) dan sering mengganggu tanaman di daerah ini.

Panda raksasa hanya hidup di barat daya Cina dan Tibet Timur. Daerah-daerah Asia Timur yang padat penduduknya tidak banyak dihuni binatang liar.

Asia Selatan dan Asia Tenggara paling banyak memiliki satwa liar, diantaranya berbagai jenis kera dan burung tropik. Di Indonesia terdapat komodo (Varanus komodoensis), badak Jawa, dan banteng. Namun, dalam hal perlindungan satwa liar, Asia masih kurang berusaha dibandingkan dengan Afrika.

Singa misalnya, diperkirakan tinggal sekitar 300 ekor saja. Gazelle di Arab makin sedikit karena sering diburu manusia, sedangkan oriks putih sudah hampir punah.

Galeri Fauna Asia

Badak Jawa Fauna Asia
Badak Jawa Fauna Asia
Rusa Fauna Asia
Rusa Fauna Asia
Unta Fauna Asia
Unta Fauna Asia
Beruang Fauna Asia
Beruang Fauna Asia

Artikel Benua Asia lainnya

Pos terkait