14 ide bisnis setelah pandemi yang patut dicoba

  • Whatsapp
14 ide bisnis setelah pandemi yang patut dicoba

Setelah menganalisa selama beberapa bulan, kami menemukan 14 ide bisnis teratas yang berkembang di akhir tahun 2020 ketika pandemi COVID-19.

Pertanyaan paling umum yang sering diajukan di Google oleh para penggemar bisnis baru adalah, “Bagaimana cara memulai bisnis kecil?” Sementara pebisnis paling berpengalaman bertanya, “Apa industri terbaik untuk memulai bisnis?”

Perbedaan kedunya adalah bahwa yang pertama telah menghasilkan satu ide bisnis yang menurutnya paling baik dan sedang mencari cara untuk melaksanakannya. Di sisi lain, wirausahawan berpengalaman tahu bagaimana meluncurkan bisnis apa pun sekaligus mencari satu ide yang akan menjadi pengubah permainan bernilai miliaran dolar.

Namun, pada kenyataanya meluncurkan sebuah bisnis tidak semudah ini, bagian tersulit dalam memulai bisnis adalah menemukan industri bisnis terbaik dan ide bisnis terbaik untuk dikerjakan. Setelah melakukan pengamatan secara menyeluruh di berbagai industri yang berkembang pesat dan vertikal yang tumbuh pesat, kami memberikan 14 bisnis terbaik untuk dimulai pada tahun 2020 menuju tahun 2021.

Bagaimana Kami Menemukan 14 Ide Bisnis Paling Populer dan Berkembang Tercepat?

Kami pertama kali mencoba cara yang biasa, mendapatkan “ide bisnis yang brilian” dan mulai menganalisa tentang hal itu di Internet.

Tebak apa! Pendekatan Salah

Ini adalah kesalahan yang sama yang dilakukan oleh beberapa wirausahawan baru, membutakan diri mereka sendiri hanya dengan satu ide dan mencoba membelokkan fakta dan statistik sesuai dengan preferensi mereka karena ide tersebut tampak bagus.

Apa yang terjadi selanjutnya? Sial! Gagal drastis!

Inilah yang sebenarnya terjadi dengan banyak startup dan wirausahawan baru saat ini. Apa alasannya? Karena mereka tetap berpegang pada ide awal, bukan mengembangkan atau berputar ke ide dan pendekatan bisnis yang lebih baik.

Jadi, kami memutuskan untuk melepaskan optimisme palsu dan mencari ide bisnis baru terbaik yang terbukti menguntungkan dan memberikan laba atas investasi yang tinggi di saat beberapa industri bergelut di dalam pandemi ini.

Kami mengajukan pertanyaan yang tepat ke Google dan meneliti secara mendalam hasil yang diberikannya kepada kami. Pertanyaan seperti:

  1. Manakah bisnis baru terbaik untuk dimulai?
  2. Bagaimana cara memulai bisnis dari awal?
  3. Apa yang harus disertakan dalam rencana bisnis startup yang sukses?
  4. Berapa banyak uang yang saya perlukan untuk memulai bisnis?
  5. Bagaimana Bisnis Online Bekerja ?
  6. Bagaimana cara menyiapkan ide bisnis kecil yang unik?
  7. Manakah bisnis kecil yang paling menguntungkan di dunia?
  8. Jenis sumber daya apa yang dibutuhkan untuk memulai bisnis?

Setelah melakukan semua hal ini, kami memilih 14 ide bisnis brilian yang kuat dan cukup unik untuk bersaing dan menjadi yang terbaik di tahun 2020.

Berfokus pada skenario keseluruhan, kami memutuskan untuk membantu para wirausaha dan startup membangun rencana bisnis startup yang sukses melalui rantai artikel. Setelah Anda membaca dan memilih ide bisnis terbaik dari blog ini, kami akan membantu Anda lebih lanjut membuat rencana bisnis yang sangat mudah dan mendigitalkan bisnis Anda untuk jangkauan maksimum.

14 Industri dengan Pertumbuhan Tercepat untuk Memulai Bisnis

Lihat 14 industri terbaik tempat Anda dapat meluncurkan bisnis, dan jadilah pemimpin industri dengan upaya yang konsisten dan peningkatan teknologi terbaru.

14 ide bisnis

1. Platform Komunitas Media Sosial

Bisa ditebak bahwa pikiran pertama yang muncul di benak Anda setelah mendengar ide ini adalah, bagaimana saya dapat bersaing dengan perusahaan bernilai miliaran dolar itu untuk membuat platform media sosial saya sendiri. Tetapi pesaing miliaran dolar seperti itu hadir di setiap industri, jadi tidak ada alasan untuk takut.

Bukan kebetulan bahwa mayoritas perusahaan terbesar di dunia adalah platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau LinkedIn. Anda tidak perlu memulai sebagai platform dunia pada awalnya; tidak satupun dari perusahaan besar ini yang melakukannya.

Anda dapat membuat audiens khusus untuk Anda dan menyediakan platform komunitas yang sangat disesuaikan untuk mereka. Pemirsa khusus ini dapat didasarkan pada kelompok usia (seperti TikTok dan Snapchat), demografis (seperti WeChat dan imo), atau khusus kategori (seperti Discord dan Slack).

2. Perawatan di Rumah

Jika Anda memiliki anak di rumah, orang tua, atau hewan peliharaan, Anda akan memahami kesulitan mendapatkan pengasuh untuk mereka saat Anda perlu pergi keluar untuk bekerja atau bersenang-senang. Mempercayai orang yang Anda cintai di tangan orang asing di rumah Anda sendiri adalah pemikiran yang menakutkan, jadi apa solusinya?

Masalah ini menjadi kendala utama ketika Anda harus meninggalkan kota selama beberapa hari. Beberapa tempat menyediakan asrama sementara untuk anak-anak, orang tua, dan hewan peliharaan Anda; tetapi banyak orang lebih memilih untuk memiliki keamanan dan lingkungan yang akrab di rumah, daripada lingkungan asrama yang asing.

Ini adalah kesempatan sempurna bagi Anda untuk memberikan layanan yang dicari semua orang. Anda dapat mendaftar di pengasuh, perawat rumah, dan pengawas anjing ke perusahaan Anda dan meluncurkan layanan perawatan di rumah.

Misalkan Anda tidak ingin mengelola tenaga kerja sebesar itu secara pribadi. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan model bisnis Uber dan menyediakan platform aplikasi tempat penyedia layanan tersebut dapat mendaftar dan menawarkan layanan perawatan mereka melalui platform Anda. Tetapi ingat bahwa ini adalah vertikal bisnis yang sangat sensitif, jadi Anda perlu melakukan pemeriksaan latar belakang menyeluruh pada semua pelamar dan hanya mengizinkan yang asli di platform aplikasi layanan perawatan Anda.

3. Industri Jasa Bisnis

Melayani produk dan layanan inventaris penting untuk bisnis korporat adalah ide bisnis yang sangat menjanjikan. Dan industri ini memiliki beragam vertikal di seluruh produk dan layanan. Anda dapat menyediakan layanan & penjualan komputer, penyedia alat tulis kantor, pos, layanan pencetakan lengkap untuk perusahaan, Solusi Aplikasi SaaS , dan masih banyak lagi.

Ada lebih dari 28 juta bisnis kecil di AS; itu berarti 28 juta pelanggan potensial yang dapat Anda mulai dan kembangkan. Jika Anda mulai tertarik untuk membuka perusahaan berbasis layanan bisnis, sebaiknya Anda fokus pada penyediaan layanan berbasis online.

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk meluncurkan layanan bisnis awal karena meluncurkan e-bisnis lebih murah di muka. Bayangkan meluncurkan toko alat tulis perusahaan yang menarik seperti Staples tanpa mengeluarkan uang untuk toko fisik dan perabotan. Anda dapat menjadi tuan rumah toko mewah online dengan harga yang lebih murah daripada harga toko fisik, dan pelanggan korporat Anda dapat memesan produk dan layanan Anda melalui aplikasi seluler atau web.

4. E-Restoran & Layanan Pengiriman Makanan

Makanan adalah satu-satunya komoditas yang dikonsumsi hampir setiap orang di dunia setidaknya tiga kali sehari. Jadi, mengapa tidak membuka bisnis yang pasti akan mendapatkan pelanggan dan itu juga sepanjang hari. Telah terjadi perubahan drastis pada vertikal restoran dan jajanan kaki lima dalam lima tahun terakhir.

Dengan aplikasi media sosial dan platform OTT seperti Netflix, menghabiskan malam di rumah bersama keluarga dan teman menjadi lebih santai, kebiasaan makan masyarakat juga berubah. Sekarang orang lebih tertarik untuk memesan makanan di rumah daripada bersiap-siap untuk makan di beberapa restoran mewah.

Industri makanan jalanan juga meraih kesuksesan besar karena meningkatnya permintaan konsumen akan produk makanan yang unik. Permintaan makanan unik seperti itu dari wilayah metropolitan akan menopang permintaan industri.

Jadi, apakah Anda memiliki restoran atau truk makanan, mendigitalkan model bisnis pengiriman makanan Anda dan menawarkan layanan pesan-antar makanan sesuai permintaan adalah satu-satunya cara maju jika Anda ingin tetap dalam persaingan dan terus berkembang di masa sekarang. Jika ide ini menarik minat Anda, Anda juga harus melihat konsep baru, dapur awan.

5. Pembersihan & Perawatan Properti (Rumah & Kantor)

Dari lansekap hingga bisnis pembersihan dan pengendalian hama di industri pemeliharaan yang melayani bangunan komersial dan tempat tinggal mengalami peningkatan 13% tahun lalu. Ini adalah salah satu bisnis kecil terbaik yang dimulai pada tahun 2020.

Setelah membaca judul ini, Anda pasti memiliki beberapa pertanyaan seperti bagaimana memulai bisnis perawatan properti atau bagaimana memulai bisnis kebersihan dengan anggaran kecil? Anda dapat menyewa pembersih lokal dan pekerja pemeliharaan sebagai karyawan Anda atau meluncurkan aplikasi pembersihan dan pemeliharaan properti tempat para profesional ini dapat menawarkan layanan mereka, dan Anda mendapatkan komisi untuk setiap layanan yang diminta pada platform aplikasi Anda.

Dengan memulai bisnis layanan kebersihan, Anda dapat menggabungkan berbagai layanan pembersihan seperti kolam renang, garasi, tempat komersial, lokasi konstruksi, rumah, dll. Kami menyarankan Anda membuat aplikasi layanan pembersihan sendiri karena orang-orang lebih cenderung memanfaatkan layanan tersebut melalui ponsel cerdas mereka.

6. Usaha Industri Perikanan

Akuakultur adalah startup baru dalam industri perikanan, yang akan menyebar ke seluruh dunia dalam beberapa tahun mendatang. Dalam 20 tahun terakhir, peningkatan total konsumsi makanan ikan telah tumbuh lebih dari 122%, sementara peningkatan produksi perikanan budidaya global telah meningkat 527% dalam 20 tahun.

Banyak bidang utama lainnya dalam industri perikanan yang ditangani oleh banyak perusahaan rintisan adalah keamanan pangan, keterlacakan, produktivitas operasional, dan kelestarian lingkungan. Banyak investor beralih tangan untuk berinvestasi di industri perikanan dengan membangun aplikasi memancing mereka sendiri dan mengadopsi konektivitas IoT dan solusi mobilitas untuk mendigitalkan dan meningkatkan produktivitas penangkapan ikan.

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), orang makan dua kali lipat jumlah ikan yang mereka makan pada 1980-an. Ini adalah hasil dari pasokan ikan yang besar dari peternakan ikan seperti akuakultur. Ini tidak termasuk penangkapan ikan yang dilakukan untuk konsumsi non-manusia, yang merupakan vertikal baru yang masih belum banyak dijelajahi.

7. Produk Energi Berkelanjutan

Memulai bisnis produksi energi terbarukan membutuhkan biaya awal yang lebih rendah untuk bisnis dan perusahaan sekaligus memberikan potensi keuntungan yang lebih tinggi. Jadi, berinvestasi dalam angin atau energi hijau dan bersih bisa menjadi rencana yang luar biasa untuk tahun 2021.

Al Titone, wakil direktur distrik dari Kantor Distrik NY Administrasi Bisnis Kecil, berkata, “Ada banyak minat pada energi hijau, dan dengan pemerintah memasukkan uang ke dalamnya, cukup banyak jaminan akan ada lebih banyak pasar untuk itu di masa depan.”

Industri energi hijau memiliki tiga keunggulan bawaan:

  1. Ini membutuhkan lebih banyak keberlanjutan dan efisiensi
  2. Kebijakan publik yang baru dan bermanfaat muncul secara konsisten
  3. Industri ini menyaksikan permintaan yang tinggi setiap tahun.

Karena ide memulai energi terbarukan membutuhkan modal yang signifikan, sebagian besar operasi energi terbarukan didukung oleh perusahaan besar, seperti Pacific Power di Northwest. Mengadopsi teknologi terbaru seperti mobilitas, solusi perangkat lunak, BI & big data, algoritma pembelajaran mesin, sensor, dan solusi IoT dapat membawa bisnis energi terbarukan atau startup energi pintar ke level berikutnya.

Jika menyiapkan pembangkit listrik tenaga surya atau ladang angin tampaknya terlalu jauh untuk visi Anda, Anda dapat menawarkan produk keberlanjutan dan hemat energi yang lebih kecil yang dibuat dengan IoT dan teknologi bertenaga suara untuk penggunaan perumahan dan komersial.

8. Forum Tanya Jawab Pribadi

Saat Anda mencari ide bisnis terbaik, saya sangat yakin akan ada beberapa hasil Google dari Quora dan Reddit seperti forum Tanya Jawab. Mereka adalah salah satu forum publik terbaik tempat orang mendiskusikan topik dan ide yang hampir tak terbatas.

Namun ada masalah dengan forum tanya jawab ini, forum tersebut terlalu umum dan ambigu, sehingga pembaca dapat dengan mudah teralihkan dalam berbagai topik. Ini bisa menyenangkan ketika Anda hanya berselancar di internet untuk bersenang-senang, tetapi sangat kontraproduktif jika Anda mencoba melakukan penelitian yang benar.

Solusi untuk masalah ini adalah kesempatan bagi Anda untuk memulai bisnis Anda sendiri; mengadakan forum Tanya Jawab yang dipersonalisasi.

Misalnya, jika Anda seorang fanatik fashion, maka Anda bisa memulai forum yang hanya membahas fashion. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan basis audiens khusus dan mereka bisa mendapatkan platform terkonsentrasi untuk minat mereka.

Anda bahkan akan mendapatkan penghasilan yang lebih baik dari model periklanan karena Anda menyediakan basis audiens yang kaya yang menjanjikan rasio keterlibatan yang lebih tinggi pada kampanye iklan.

Orang-orang menyukai solusi dan pengalaman yang dipersonalisasi, dan berdasarkan teori ini, memulai forum Tanya Jawab yang dipersonalisasi adalah salah satu bisnis terbaik untuk memulai di era digital ini.

9. Memulai Bisnis Medis Digital

Ponsel cerdas membuat hidup menjadi super mudah dan cepat dengan membuat segala sesuatu dapat diakses di ujung jari Anda. Jenis fitur aplikasi seluler canggih ini dapat membantu menyelamatkan nyawa dan membuat industri medis mengambil lompatan besar dalam menawarkan perawatan tanpa batas kepada pasien.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Global Market Insights, pada kuartal pertama tahun 2020, investasi modal ventura untuk startup kesehatan digital mencapai USD 3,1 miliar, atau sekitar 1,5 kali lebih banyak dibandingkan dengan Q1 2019. Lebih lanjut, laporan tersebut memperkirakan bahwa ukuran pasar kesehatan digital diproyeksikan melebihi USD 639,4 miliar pada tahun 2026.

Membangun aplikasi seluler untuk layanan medis yang berbeda seperti konsultasi dokter, fisioterapi, resep medis, perawatan, perawatan lansia, tes laboratorium, dll. Adalah ide awal baru yang menjamur di tahun 2020. Baik itu menangani penyedia layanan kesehatan atau konsumen, internet dan teknologi seluler berfungsi sebagai alat penyembuhan digital di setiap aspek.

Cara terbaik untuk memulai bisnis perawatan kesehatan digital adalah dengan membangun sistem perawatan kesehatan berbasis cloud atau solusi SaaS untuk klinik dan jaringan rumah sakit. Aplikasi seluler online dan sesuai permintaan untuk platform konsultasi dokter akan menghubungkan pasien dengan spesialis perawatan kesehatan dari berbagai bidang medis.

10. eCommerce / mCommerce

Tahukah Anda siapa orang terkaya di dunia? Jeff Bezos, pendiri Amazon, perusahaan eCommerce terbesar di dunia. Ada banyak uang di industri eCommerce dan mCommerce; untuk lebih spesifik, lebih dari $ 10 triliun dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) 14,7%.

Pendekatannya sederhana; Anda menyediakan platform berbasis aplikasi tempat pembeli dan penjual dapat bertemu dan bertransaksi; Anda akan mendapatkan komisi untuk setiap kesepakatan yang dibuat melalui aplikasi mCommerce Anda.

Mengapa Anda menghabiskan banyak uang untuk membeli, melengkapi, dan mendirikan supermarket, jika Anda dapat menghasilkan lebih banyak penjualan melalui aplikasi yang menggantikan belanja mal tradisional? Jika Anda mencari ide aplikasi web paling menguntungkan di dunia, maka ini bisa menjadi usaha Anda.

Selama lima tahun ke depan, industri ini akan semakin meningkat. Prediksi hambatan startup baru masih rendah untuk segmen ceruk pasar. Jadi, ini adalah kesempatan terbaik bagi wirausahawan baru untuk memulai bisnis di ceruk pasar eCommerce pada tahun 2020 dengan solusi aplikasi seluler.

11. Memulai Olahraga & Rekreasi

Olahraga adalah salah satu hobi terbesar yang menghubungkan seluruh dunia. Jika Anda adalah penggemar olahraga yang rajin atau hanya ingin mencoba-coba sedikit untuk tujuan rekreasi, Anda tahu kesibukan dan kegembiraan yang didapat orang dari kegiatan semacam itu.

Ada banyak sekali ide bisnis berbasis olahraga yang bisa Anda mulai di industri olahraga. Anda dapat menjual peralatan olahraga, menyelenggarakan acara olahraga, membuat aplikasi olahraga fantasi, platform OTT streaming langsung olahraga, menyewakan lapangan olahraga, meluncurkan podcast olahraga dan platform diskusi, dll.

Kemungkinan untuk memulai bisnis tidak terbatas dalam industri olahraga; yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat rencana dan melaksanakan. Tambahkan teknologi pengembangan aplikasi olahraga terbaru , dan Anda memiliki media yang sempurna untuk menjangkau audiens target Anda dan menjadikan startup olahraga Anda menjadi merek global.

12. Persewaan Liburan/Platform Penginapan

Jutaan pelancong menjelajahi bumi dan mengunjungi negara baru sepanjang tahun. Mereka membutuhkan tempat tinggal sementara di negara asing tersebut. Anda dapat memberikan layanan bagi mereka untuk memesan penginapan mereka di hotel atau rumah liburan yang terbuka.

Jika Anda memiliki beberapa properti real estat, ini adalah ide bisnis persewaan liburan yang tepat. Anda dapat memulai bisnis Anda sendiri dengan menyiapkan properti Anda yang siap disewa; nanti, Anda perlu mengiklankan persewaan Anda untuk menarik wisatawan.

Anda dapat menjalin kerja sama dengan hotel dan menawarkan kamar mereka di platform aplikasi Anda atau menawarkan persewaan rumah peristirahatan di mana pemilik rumah dapat menyewakan rumah, apartemen, bungalow, dan bahkan resor yang dikelola secara profesional kepada wisatawan sebagai alternatif hotel.

Anda juga dapat memiliki aplikasi seluler atau portal web persewaan liburan sesuai permintaan sendiri yang menghubungkan wisatawan dan tuan rumah lokal sehingga wisatawan dapat dengan mudah menemukan Anda dan memesan properti.

Berkonsultasi dengan perusahaan pengembang aplikasi real estat akan menjadi ide bagus sebelum Anda memulai bisnis.

Baca juga: 7 peluang menghasilkan uang secara online

13. Memulai Kesehatan & Kebugaran

Pada tahun 2020, orang-orang semakin peduli dengan kesehatan dan kebugaran pribadi mereka. Pandemi yang sedang berlangsung dan kehidupan yang menetap di bawah karantina global membuat banyak orang menyadari betapa pentingnya kesehatan seseorang dan mengapa kita semua harus tetap fit.

Anda dapat meluncurkan toko yang menjual peralatan kebugaran atau membuka ruang seperti waralaba kebugaran gym atau spa harian, spa medis, konseling nutrisi, meluncurkan aplikasi kebugaran, dan banyak lagi. Opsi di sini tidak terbatas. Ini adalah industri yang cukup baru, dan kejenuhannya belum mencapai puncaknya, jadi lebih baik lakukan tembakan saat bola masih di lapangan.

Startup kesehatan dan kebugaran adalah pasar yang belum tersentuh untuk Anda jelajahi dan berinisiatif sebagai pemimpin pasar yang potensial.

14. Bisnis Pembuangan/Pembuangan Limbah

Polusi dan pembuangan sampah adalah topik yang banyak dibicarakan saat ini. Karena limbah meningkat secara dramatis dibandingkan dengan pembuangannya, hal itu berkontribusi pada peningkatan polusi dalam skala global. Dengan demikian pengumpulan sampah adalah layanan yang sangat dibutuhkan, dan memulai bisnis semacam itu sebenarnya menguntungkan dari banyak aspek.

Dengan memulai bisnis pengumpulan sampah, Anda dapat membuang atau mendaur ulang dan menggunakannya kembali untuk berbagai tujuan, yang selanjutnya meningkatkan keuntungan Anda. Anda juga dapat membangun bisnis limbah menjadi kekayaan secara langsung dan mendukung bisnis Anda dengan aplikasi seluler tempat Anda dapat dengan mudah melacak semuanya.

Baca juga: 8 cara agar usaha lancar dan sukses

Saatnya Meluncurkan Bisnis Anda

Ide-ide yang disebutkan di sini adalah bisnis yang cukup mudah untuk dimulai, dan bisnis yang sedikit lebih sulit dieksekusi juga memiliki pengembalian investasi yang lebih tinggi.

Industri yang sedang berkembang ini dapat dipertimbangkan dengan baik untuk membangun startup baru, dan berinvestasi di salah satu industri ini akan menjadi salah satu keputusan terbaik yang dapat Anda ambil tahun ini. Mengintegrasikan solusi teknologi terbaru ke dalam fungsionalitas bisnis Anda dapat membantu Anda mendapatkan tempat yang berbeda di pasar.

Itulah 14 ide bisnis setelah pandemi yang patut dicoba, semoga mendorong ide baru untuk bisnis anda.

Source: 15 Best New Business Ideas To Start In 2020

Related posts