WHO mengatakan mengandalkan vaksin untuk melawan pandemi telah merugikan negara

Dengan kematian global mencapai 2 juta dan varian baru virus muncul di banyak negara, para pemimpin dunia perlu melakukan semua yang mereka bisa untuk mengekang infeksi “melalui langkah-langkah kesehatan masyarakat yang telah dicoba dan diuji,” kata Tedros. “Hanya ada satu jalan keluar dari badai ini dan itu adalah berbagi alat yang kami miliki dan berkomitmen untuk menggunakannya bersama.”

The coronavirus telah menginfeksi lebih dari 93.300.000 orang di seluruh dunia dan menewaskan sedikitnya 2 juta sejak pandemi dimulai sekitar setahun yang lalu, menurut data yang dikumpulkan oleh Johns Hopkins University. Virus terus meningkat di beberapa wilayah, dengan negara-negara melaporkan bahwa pasokan oksigen mereka untuk pasien Covid-19 hampir habis, kata WHO.

Beberapa negara, termasuk AS, sangat fokus pada penggunaan vaksin untuk memerangi wabah mereka. Meskipun vaksin adalah alat yang berguna, vaksin tidak akan mengakhiri pandemi sendirian, kata Mike Ryan, direktur eksekutif program kedaruratan kesehatan WHO, pada konferensi pers.

“Kami memperingatkan pada tahun 2020 bahwa jika kami bergantung sepenuhnya pada vaksin sebagai satu-satunya solusi, kami dapat kehilangan tindakan yang sangat terkontrol yang kami miliki saat itu. Dan saya pikir sampai batas tertentu itu telah menjadi kenyataan, ”kata Ryan, menambahkan musim dingin dan liburan baru-baru ini juga mungkin berperan dalam penyebaran virus.

WHO mengatakan mengandalkan vaksin untuk melawan pandemi telah merugikan negara

“Sebagian besar transmisi terjadi karena kami mengurangi jarak fisik. … Kami tidak memutus rantai transmisi. Virus mengeksploitasi kurangnya komitmen taktis kami, ”tambahnya. “Kami tidak melakukannya sebaik yang kami bisa.”

Bruce Aylward, penasihat senior direktur jenderal WHO, menggemakan komentar Ryan, dengan mengatakan, vaksin bukanlah “peluru perak”

“Hal-hal bisa menjadi lebih buruk, jumlahnya bisa naik,” katanya. Kami punya vaksin, ya. Tetapi kami memiliki persediaan vaksin yang terbatas yang akan diluncurkan secara perlahan di seluruh dunia. Dan vaksin tidak sempurna. Mereka tidak melindungi semua orang dari setiap situasi. ”

Di AS, kecepatan vaksinasi berjalan lebih lambat dari yang diharapkan para pejabat. Hingga Jumat pukul 6 pagi ET, lebih dari 31,1 juta dosis vaksin telah didistribusikan di seluruh AS, tetapi lebih dari 12,2 juta suntikan telah diberikan, menurut data yang dikumpulkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Sementara itu, kasus berkembang pesat, dengan AS mencatat setidaknya 238.800 kasus Covid-19 baru dan setidaknya 3.310 kematian terkait virus setiap hari, berdasarkan rata-rata tujuh hari yang dihitung oleh CNBC menggunakan data Johns Hopkins.

Pada hari Kamis, Presiden terpilih Joe Biden meluncurkan rencana besar untuk memerangi pandemi virus corona di Amerika Serikat. Sementara pemerintahannya akan menginvestasikan miliaran dalam kampanye vaksin, itu juga akan meningkatkan pengujian, berinvestasi dalam perawatan baru dan bekerja untuk mengidentifikasi strain baru, di antara langkah-langkah lainnya.

Pos terkait