SEO Abadi: 6 trik apa adanya namun hebat

SEO Abadi: 6 trik sederhana namun hebat – Google secara berkala memperbarui algoritmanya namun tidak pernah terlalu jauh. Dan situasi saat ini membuat segalanya lebih sulit, dengan peralihan bisnis ke dunia online mungkin saja belum siap. Apabila anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, ini adalah bahasan yang menyenangkan dengan memiliki tips dan trik sederhana untuk SEO abadi. Persenjatai diri Anda dengan tips SEO abadi ini dan Anda tidak akan pernah salah.

1. Tetap di sisi terang

Jika membutuhkan hasil cepat, Anda mungkin tergoda untuk menggunakan taktik SEO blackhat. Kami sangat menyarankan Jangan melakukannya! Jangan pernah membeli tautan, mencoba mengelabui mesin telusur atau pengunjung dengan pengalihan atau tautan spam di situs lain.

Mungkin saja itu berfungsi untuk sementara waktu, tetapi mesin pencari secara aktif mencegah hal semacam ini, sehingga selalu menjadi bumerang pada akhirnya dan merugikan peringkat situs Anda sendiri. Anda tidak ingin trik atau tautan yang dibeli itu kembali menghantui Anda bukan?

Yoast selalu menganjurkan SEO Holistik, yang berarti Anda harus mendapatkan hasil terbaik! Berikan pengunjung konten yang berkualitas tinggi, pengalaman pengguna yang hebat, dan situs web yang aman dan unggul secara teknis.

Memang, ini pasti membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha, tetapi ini jauh lebih berkelanjutan dalam jangka panjang. Misalnya, jika kita membangun tautan secara holistik, konten berkualitas akan menarik dibagikan orang lain. Kemudian Anda dapat menjangkau situs web yang relevan untuk melihat apakah mereka akan mempertimbangkan untuk menautkan ke situs Anda. Tautan yang Anda dapatkan dengan cara ini akan jauh lebih berharga daripada tautan apa pun yang dapat Anda beli. Jadi bekerja lebih keras dan tetap di sisi terang SEO. Situs web Anda akan mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang.

Baca juga: Fitur Yoast tersembunyi yang meningkatkan SEO

Seo abadi

2. Optimalkan kecepatan situs

Dalam SEO, lebih cepat lebih baik. Logikanya setiap orang yang datang ke sebuah website untuk membaca artikel pasti ingin segera terbuka dan segera melaukan yang mereka inginkan. Mereka pasti akan jengah jika harus menunggu lebih lama, bahkan untuk sepersekian detik, jadi selalu ada gunanya menginvestasikan waktu untuk meningkatkan kecepatan situs Anda.

Ada beberapa cara untuk mempercepat situs WordPress. Tindakan pertama yang perlu anda lakukan adalah menginstal plugin caching. Hal ini membuat bagian statis situs Anda tetap tersimpan di server, dan menyajikan kepada pengguna halaman HTML yang lebih ringan ini alih-alih memproses skrip PHP WordPress yang relatif intensif sumber daya. Ada plugin caching gratis dan berbayar yang tersedia dan mereka dapat mempercepat situs Anda secara signifikan. Berikut 5 plugin cache yang kami rekomendasikan:

  1. WP Rocket: sangat kuat, dan salah satu opsi terbaik untuk membuat situs Anda lebih cepat. Didesain agar sederhana. Plugin ini berbayar.
  2. W3 Total Cache: sangat kuat, dan sangat fleksibel. Didesain agar komprehensif. Terdapat ratusan opsi. Tersedia versi gratis dan berbayar.
  3. WP Optimize: Jalan tengah yang baik, dengan caching halaman penuh dasar, dan beberapa alat optimasi database + media yang canggih.
  4. WP Super Cache: Solusi dasar yang menawarkan cache halaman penuh, tetapi tidak memiliki teknik pengoptimalan lain/lanjutan.
  5. Autoptimize: Beberapa pengoptimalan JavaScript/CSS/HTML yang sangat pintar, meskipun tidak ada cache halaman penuh (harus bekerja dengan baik dengan solusi cache halaman penuh khusus)

Gambar adalah faktor lain yang sering diabaikan saat orang membangun situs web. Gambar yang besar dan berdefinisi tinggi akan membutuhkan waktu lama untuk dimuat, sementara sebagian besar waktu, gambar dengan resolusi yang lebih rendah sudah cukup. Selalu luangkan waktu untuk mengubah ukuran gambar Anda menggunakan plugin pengoptimalan gambar.

Dan tip pengoptimalan kecepatan terakhir: jika pengunjung Anda berasal dari seluruh dunia, mungkin ada baiknya menggunakan CDN (Jaringan Pengiriman Konten). Ini akan mengarahkan pengunjung ke server yang paling dekat dengan lokasi mereka, sehingga sangat meningkatkan waktu pemuatan.

3. Buatlah konten yang bagus dan berkualitas

Tip SEO abadi yang ketiga: jangan mencoba memanipulasi kualitas konten Anda. Buat konten dengan kualitas terbaik yang Anda bisa, dan tinjau serta tingkatkan secara konsisten jika memungkinkan. SEO bukan hanya tentang meningkatkan situs web, tetapi juga tentang mengalahkan pesaing.

Dalam banyak kasus, ini berarti konten yang hanya ‘cukup baik’ tidak akan berhasil. Anda harus menunjukkan keahlian dan menonjol dari yang lain. Itu berarti investasi waktu dan tenaga yang besar; meneliti topik Anda, audiens, dan apa yang mereka cari.

Mungkin saja Anda tidak selalu dapat melakukannya dengan cepat, itulah sebabnya Anda perlu terus meningkatkan artikel, sehingga artikel tersebut menjadi sumber daya yang berharga bagi audiens. Bagaimana?

Itu semua tergantung pada topik dan apa yang ingin Anda capai. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk bertanya pada diri sendiri apakah pertanyaan Anda akan dijawab dengan melihat artikel Anda, dan apakah itu sejalan dengan apa yang Anda lihat di hasil pencarian. Berikut tips yang akan membantu Anda meningkatkan kualitas konten secara keseluruhan.

Baca juga: Fitur Yoast tersembunyi yang meningkatkan SEO

4. Perhatikan audiens Anda

Apakah tujuan situs web Anda adalah untuk menjual produk, atau untuk menarik pengikut untuk posting blog Anda? Anda hanya akan berhasil jika fokus pada apa yang diinginkan dan dibutuhkan audiens. Itu adalah sesuatu yang tidak akan berubah, karena mesin pencari selalu bertujuan untuk memberikan apa yang mereka cari kepada pengguna.

Ini terbukti dari semakin pentingnya maksud pencarian, sehingga melakukan riset kata kunci tanpa terlebih dahulu mempertimbangkan maksud pencarian bukan lagi menjadi pilihan.

Apakah Anda benar-benar menawarkan kepada pencari apa yang mereka cari ketika mengetikkan istilah pencarian adalah kunci Anda? Apakah mereka mencari informasi atau untuk mengambil tindakan, dan apa yang mereka butuhkan dari Anda? Perhatikan baik-baik hasil pencarian untuk kata kunci Anda untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Baca juga: Cara memilih keyword yang tepat Yoast premium

Ada alasan lain untuk benar-benar fokus pada apa yang dibutuhkan audiens Anda: persaingan untuk mendapatkan perhatian orang sangat ketat. Jadi pengguna bisa pilih-pilih, dan mereka ingin tahu apakah Anda bisa menyelesaikan masalah mereka, atau apa yang akan mereka dapatkan dari membaca posting blog Anda.

Mereka tidak terlalu peduli dengan jargon terkait produk Anda, atau mengapa Anda ingin mereka membaca posting blog Anda. Jadi, jangan mengabaikan perspektif pengunjung dalam salinan SEO. Itu juga termasuk tidak terlalu banyak menulis ‘saya’ dalam konten Anda. Jadikan itu tentang pengguna Anda, bukan diri Anda sendiri!

Baca juga: Yoast plugin cara seo wordpress terbaik

5. Tingkatkan struktur tautan internal Anda

Struktur tautan yang tepat akan selalu menjadi ide yang bagus untuk memudahkan mesin telusur merayapi situs Anda untuk mengetahui artikel mana yang paling penting dan membantu pengguna menemukan apa yang mereka cari.

Itulah mengapa Anda jangan sembarangan membuat struktur tautan internal. Pastikan artikel terpenting Anda juga memiliki tautan internal paling banyak yang mengarah ke artikel tersebut.

Satu lagi, jangan lupa untuk menambahkan tautan ke posting terbaru, untuk menghindari konten yatim piatu tanpa tautan. Ini adalah kunci untuk memastikan bahwa tautan relevan dengan konteks kiriman atau tautan tersebut tidak akan masuk akal baik bagi mesin telusur maupun pengguna.

6. Jaga konten Anda terpelihara dengan baik

Tip SEO abadi terakhir: selalu pelihara konten Anda. Anda tidak hanya akan menghemat upaya untuk membersihkan banyak postingan sekaligus, tetapi konten Anda juga tetap segar dan relevan. Baik itu bagi mesin pencari maupun pengguna seperti itu!

Terlebih lagi, melacak konten dan topik yang dicakupnya akan membantu Anda menghindari kanibalisasi kata kunci (keyword). Dan, Anda tidak ingin merusak peluang untuk mendapatkan peringkat dengan menawarkan terlalu banyak konten serupa yang bersaing.

Tentu saja, membersihkan umumnya bukanlah tugas mudah, akan sangat lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Ini membantu untuk mendekati sesuatu secara sistematis. Lakukan pencarian situs untuk salah satu kata kunci terpenting Anda dan lihat apa yang muncul.

Apakah artikel tumpang tindih, dan apakah Anda masih perlu menyimpan semuanya? Bagaimana kinerja halaman? Anda mungkin akan melihat beberapa artikel yang dapat dihapus atau digabungka . Melakukan ini secara teratur membantu untuk tetap berada di puncak.

Anda dapat membuat kloning dari posting yang sedang Anda kerjakan dengan plugin Yoast Duplicate Post sehingga Anda dapat meningkatkan konten Anda tanpa harus menganggu pengguna membaca artikel. Terlebih lagi, dengan fitur rewrite and republish, Anda bahkan dapat secara otomatis menggabungkan clone yang diperbarui dengan halaman yang ada.

SEO Abadi: Jadilah hasil terbaik!

Dari uraian di atas daat kita simpulkan bawah tips SEO abadi ini bermuara pada hal yang sama: jika Anda ingin menentukan peringkat, Anda harus berusaha untuk menjadi hasil terbaik. Mesin telusur dapat mengubah algoritme mereka, tetapi pada akhirnya mereka ingin menawarkan kepada pengguna apa yang mereka cari: konten berkualitas tinggi yang mutakhir dan disajikan di situs web yang memuat cepat tanpa trik kotor. Ini mungkin tampak seperti pekerjaan berat, tetapi setidaknya itu tujuan yang jelas untuk dikerjakan, bukan?

Blogging