Bisnis: Kepemilikan, klasifikasi, dan kegiatan

  • Whatsapp
Bisnis

Bisnis adalah aktivitas mencari nafkah atau menghasilkan uang dengan memproduksi atau membeli dan menjual produk seperti barang dan jasa. Sederhananya, bisnis adalah “setiap kegiatan atau perusahaan yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan.”

Memiliki nama usaha tidak memisahkan badan usaha dari pemiliknya, artinya pemilik usaha bertanggung jawab dan berkewajiban atas hutang yang ditimbulkan oleh usaha tersebut. Jika bisnis memperoleh hutang, kreditor dapat mengejar harta pribadi pemiliknya. Struktur bisnis tidak mengizinkan tarif pajak perusahaan. Pemilik secara pribadi dikenakan pajak atas semua pendapatan dari bisnis tersebut.

Read More

Istilah ini juga sering digunakan dalam bahasa sehari-hari (tetapi tidak oleh pengacara atau pejabat publik) untuk merujuk pada perusahaan . Perusahaan, di sisi lain, adalah badan hukum yang terpisah dan menyediakan kewajiban terbatas , serta tarif pajak perusahaan . Struktur perusahaan lebih rumit dan mahal untuk didirikan, tetapi menawarkan lebih banyak perlindungan dan keuntungan bagi pemiliknya.

Bisnis

Kepemilikan bisnis

Bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda di setiap yurisdiksi, tetapi ada beberapa entitas yang sama:

Kepemilikan tunggal

Sebuah kepemilikan tunggal, juga dikenal sebagai pedagang tunggal, dimiliki oleh satu orang dan beroperasi untuk keuntungan mereka. Pemilik menjalankan bisnis sendiri dan dapat mempekerjakan karyawan.

Pemilik tunggal memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas untuk semua kewajiban yang ditimbulkan oleh bisnis, baik dari biaya operasi atau penilaian terhadap bisnis. Semua aset bisnis dimiliki oleh pemilik tunggal, termasuk, misalnya, infrastruktur komputer, inventaris, peralatan manufaktur, atau perlengkapan ritel, serta properti nyata apa pun. dimiliki oleh pemilik tunggal.

Kemitraan

Sebuah kemitraan adalah bisnis yang dimiliki oleh dua orang atau lebih. Dalam sebagian besar bentuk kemitraan, setiap mitra memiliki kewajiban yang tidak terbatas atas hutang yang ditimbulkan oleh bisnis. Tiga jenis kemitraan nirlaba yang paling umum adalah kemitraan umum, kemitraan terbatas, dan kemitraan tanggung jawab terbatas.

Korporasi

Pemilik korporasi memiliki kewajiban terbatas dan bisnis memiliki kepribadian hukum yang terpisah dari pemiliknya. Korporasi dapat menjadi milik pemerintah atau milik pribadi, dan mereka dapat berorganisasi baik untuk mencari keuntungan atau sebagai organisasi nirlaba.

Perusahaan nirlaba milik pribadi dimiliki oleh pemegang sahamnya, yang memilih dewan direksi untuk mengarahkan perusahaan dan mempekerjakan staf manajerialnya. Perusahaan nirlaba milik pribadi dapat dimiliki secara pribadi oleh sekelompok kecil individu, atau dimiliki publik, dengan saham yang diperdagangkan secara publik terdaftar di bursa saham .

Koperasi

Sering disebut sebagai “koperasi”, koperasi adalah bisnis dengan kewajiban terbatas yang dapat diatur sebagai untuk mencari keuntungan atau tidak untuk mencari keuntungan. Koperasi berbeda dari korporasi karena ia memiliki anggota, bukan pemegang saham, dan mereka berbagi wewenang pengambilan keputusan. Koperasi biasanya diklasifikasikan sebagai koperasi konsumen atau koperasi pekerja . Koperasi adalah dasar ideologi demokrasi ekonomi .

Perseroan terbatas (LLC)

kemitraan tanggung jawab terbatas, dan jenis organisasi bisnis khusus lainnya melindungi pemilik atau pemegang sahamnya dari kegagalan bisnis dengan melakukan bisnis di bawah badan hukum terpisah dengan perlindungan hukum tertentu. Sebaliknya, bisnis tidak berbadan hukum atau orang yang bekerja sendiri biasanya tidak terlindungi.

Waralaba

Sebuah waralaba adalah suatu sistem di mana pengusaha membeli hak untuk membuka dan menjalankan bisnis dari perusahaan yang lebih besar. Waralaba di Amerika Serikat tersebar luas dan merupakan kekuatan ekonomi utama. Satu dari dua belas bisnis ritel di Amerika Serikat memiliki waralaba dan 8 juta orang dipekerjakan dalam bisnis waralaba.

Sebuah perusahaan terbatas dengan jaminan

Umumnya digunakan di mana perusahaan dibentuk untuk tujuan non-komersial, seperti klub atau badan amal. Anggota menjamin pembayaran sejumlah (biasanya nominal) jika perusahaan mengalami likuidasi pailit , tetapi sebaliknya, mereka tidak memiliki hak ekonomi dalam kaitannya dengan perusahaan. Jenis perusahaan ini umum di Inggris . Perusahaan yang dibatasi oleh jaminan dapat dengan atau tanpa modal saham .

Sebuah perusahaan dibatasi oleh saham

bentuk umum yang sebagian besar perusahaan yang digunakan untuk usaha bisnis. Secara khusus, perusahaan terbatas adalah “perusahaan di mana kewajiban setiap pemegang saham terbatas pada jumlah yang diinvestasikan secara individual” dengan perusahaan menjadi “contoh paling umum dari perusahaan terbatas.” Jenis perusahaan ini umum di Inggris dan banyak negara berbahasa Inggris. Perusahaan yang dibatasi oleh saham mungkin a

  • perusahaan publik atau a
  • perusahaan swasta

Perusahaan yang dibatasi oleh jaminan dengan modal saham

Entitas hibrida, biasanya digunakan di tempat perusahaan dibentuk untuk tujuan non-komersial, tetapi aktivitas perusahaan sebagian didanai oleh investor yang mengharapkan pengembalian. Perusahaan jenis ini mungkin tidak lagi dibentuk di Inggris, meskipun ketentuannya masih ada dalam undang-undang agar mereka tetap ada.

Sebuah perseroan terbatas

“Sebuah perusahaan-statutorily resmi di negara-negara-yang tertentu ditandai dengan kewajiban terbatas, manajemen oleh anggota atau manajer, dan pembatasan pengalihan kepemilikan”, yaitu, LLC. LLC struktur telah disebut “hybrid” di bahwa itu “menggabungkan karakteristik korporasi dan persekutuan atau kepemilikan tunggal”.

Seperti korporasi, memiliki tanggung jawab terbatas untuk anggota perusahaan, dan seperti kemitraan, memiliki “perpajakan mengalir ke anggota” dan harus “dibubarkan setelah kematian atau kebangkrutan anggota”.

Sebuah perusahaan terbatas dengan atau tanpa modal saham

Sebuah entitas hibrida, sebuah perusahaan di mana tanggung jawab anggota atau pemegang saham untuk utang (jika ada) dari perusahaan tidak terbatas. Dalam hal ini, doktrin tabir inkorporasi tidak berlaku.

Jenis perusahaan yang kurang umum adalah:

Perusahaan yang dibentuk dengan paten huruf

Sebagian besar perusahaan dengan paten huruf adalah perusahaan tunggal dan bukan perusahaan seperti istilah yang umum dipahami saat ini.

Perusahaan piagam

Sebelum disahkannya undang-undang perusahaan modern, ini adalah satu-satunya jenis perusahaan. Sekarang mereka relatif jarang, kecuali untuk perusahaan yang sangat tua yang masih bertahan (yang masih banyak, terutama banyak bank Inggris), atau masyarakat modern yang memenuhi fungsi kuasi-regulasi (misalnya, Bank of England adalah perusahaan yang dibentuk oleh piagam modern).

Perusahaan hukum

Saat ini relatif jarang, perusahaan tertentu telah dibentuk oleh undang-undang swasta yang disahkan di yurisdiksi yang relevan.

Perhatikan bahwa “Ltd setelah nama perusahaan menandakan perseroan terbatas, dan PLC ( perseroan terbatas publik ) menunjukkan bahwa sahamnya dimiliki secara luas.”

Dalam bahasa hukum, pemilik perusahaan biasanya disebut sebagai “anggota”. Dalam perusahaan yang dibatasi atau tidak terbatas oleh saham (dibentuk atau didirikan dengan modal saham), ini akan menjadi pemegang saham.

Dalam perusahaan yang dibatasi oleh jaminan, inilah yang akan menjadi penjamin. Beberapa yurisdiksi lepas pantai telah menciptakan bentuk khusus dari perusahaan lepas pantai dalam upaya untuk menarik bisnis untuk yurisdiksi mereka. Contohnya termasuk ” perusahaan portofolio terpisah ” dan perusahaan bertujuan terbatas.

Namun demikian, banyak sekali subkategori jenis perusahaan yang dapat dibentuk di berbagai yurisdiksi di dunia.

Perusahaan juga terkadang dibedakan menjadi perusahaan publik dan perusahaan swasta untuk tujuan hukum dan regulasi. Perusahaan publik adalah perusahaan yang sahamnya dapat diperdagangkan secara publik, seringkali (meskipun tidak selalu) di bursa efek yang memberlakukan persyaratan pencatatan/Aturan Pencatatan untuk saham yang diterbitkan, perdagangan saham, dan penerbitan saham di masa depan untuk membantu meningkatkan reputasi perusahaan. bursa atau pasar pertukaran tertentu.

Perusahaan swasta tidak memiliki saham yang diperdagangkan secara publik, dan sering kali berisi pembatasan transfer saham. Di beberapa yurisdiksi, perusahaan swasta memiliki jumlah pemegang saham maksimum.

Sebuah perusahaan induk adalah perusahaan yang memiliki saham voting cukup di perusahaan lain untuk manajemen kontrol dan operasi dengan mempengaruhi atau pemilihan dewan direksi; perusahaan kedua yang dianggap sebagai anak perusahaan dari perusahaan induk. Definisi perusahaan induk berbeda-beda di setiap yurisdiksi, dengan definisi yang biasanya didefinisikan melalui undang-undang yang berhubungan dengan perusahaan di yurisdiksi tersebut.

Klasifikasi industri

Klasifikasi industri atau taksonomi industri adalah jenis taksonomi ekonomi yang mengatur perusahaan ke dalam pengelompokan industri berdasarkan proses produksi yang serupa, produk yang serupa, atau perilaku serupa di pasar keuangan.

Banyak digunakan oleh badan statistik nasional dan internasional untuk meringkas kondisi ekonomi. Mereka juga digunakan oleh analis sekuritas untuk memahami kekuatan bersama yang bekerja pada kelompok perusahaan, untuk membandingkan kinerja perusahaan dengan rekan-rekan mereka, dan untuk membangun portofolio khusus atau terdiversifikasi.

  • Pertanian, seperti domestikasi ikan, hewan, dan ternak, serta kayu, minyak dan pertambangan bisnis yang mengekstrak sumber daya alam dan bahan baku, seperti kayu, minyak bumi, gas alam, bijih, tanaman atau mineral.
  • Jasa keuangan bisnis termasuk bank, perusahaan broker, serikat kredit, kartu kredit, perusahaan asuransi, aset dan investasi perusahaan seperti perusahaan ekuitas swasta, dana ekuitas swasta, real estate investment trust, dana sovereign wealth, dana pensiun, reksadana, indeks dana, dan dana lindung nilai, bursa saham, dan perusahaan lain yang menghasilkan keuntungan melalui investasi dan pengelolaanmodal.
  • Perusahaan hiburan dan agensi media massa menghasilkan keuntungan terutama dari penjualan kekayaan intelektual. Mereka termasuk studio film dan rumah produksi, perusahaan media massa seperti jaringan televisi kabel, agensi media digital online, agensi bakat, outlet media bergerak, surat kabar, penerbit buku dan majalah.
  • Produsen industri menghasilkan produk, baik dari bahan mentah atau dari bagian komponen, kemudian mengekspor produk jadi dengan untung. Barang tersebut termasuk barang berwujud seperti mobil, bus, peralatan medis, kaca, atau pesawat terbang.
  • Bisnis real estate menjual, menginvestasikan, membangun dan mengembangkan properti, termasuk tanah, rumah tempat tinggal, dan bangunan lainnya.
  • Pengecer, grosir, dan distributor bertindak sebagai perantara dan mengirimkan barang yang diproduksi oleh produsen ke konsumen yang dituju; mereka mendapat untung dengan menaikkan harga. Sebagian besar toko dan perusahaan katalog adalah distributor atau pengecer.
  • Bisnis transportasi seperti kereta api, maskapai penerbangan, perusahaan pelayaran yang mengirimkan barang dan individu ke tujuan mereka dengan biaya tertentu.
  • Organisasi olahraga terlibat dalam memproduksi, memfasilitasi, mempromosikan, atau mengatur aktivitas, pengalaman, atau usaha bisnis apa pun yang berfokus pada olahraga. Mereka mendapatkan keuntungan dengan menjual barang dan jasa yang berhubungan dengan olahraga.
  • Utilitas menghasilkan layanan publik seperti air, listrik, pengelolaan limbah atau pengolahan limbah. Industri ini biasanya dioperasikan di bawah pengawasan pemerintah publik.
  • Bisnis jasa menawarkan barang atau jasa tidak berwujud dan biasanya mengenakan biaya untuk tenaga kerja atau layanan lain yang diberikan kepada pemerintah, konsumen, atau bisnis lain. Dekorator interior, ahli kecantikan, penata rambut, penata rias, salon tanning, binatu, pembersih kering, dan pengendali hama adalah bisnis jasa.

Sektor dan industri

Kegiatan ekonomi dapat diklasifikasikan dalam berbagai cara. Di tingkat atas, mereka sering diklasifikasikan menurut teori tiga sektor menjadi beberapa sektor, yaitu: primer (ekstraksi dan pertanian), sekunder (manufaktur), dan tersier (jasa). Beberapa penulis menambahkan sektor kuaterner (pengetahuan) atau bahkan kuinari (budaya dan penelitian). Seiring waktu, bagian dari aktivitas masyarakat dalam setiap sektor berubah.

Di bawah sektor ekonomi terdapat klasifikasi yang lebih rinci. Mereka biasanya membagi kegiatan ekonomi menjadi industri sesuai dengan fungsi dan pasar yang serupa dan mengidentifikasi bisnis yang menghasilkan produk terkait.

Industri juga dapat diidentifikasi dengan produk, seperti: industri konstruksi, industri kimia, industri perminyakan , industri otomotif , industri elektronik, teknik tenaga dan manufaktur listrik (seperti gas atau angin turbin), industri pengepakan daging, industri perhotelan, industri makanan, ikan industri, industri perangkat lunak, industri kertas, industri hiburan, industri semikonduktor, industri budaya, danindustri kemiskinan.

Sistem klasifikasi berbasis pasar seperti Global Industry Classification Standard (GICS), Industry Classification Benchmark (ICB) dan The Refinitiv Business Classification (TRBC) digunakan dalam penelitian keuangan dan pasar. [embeddoc url=”https://www.sejarah-negara.com/wp-content/uploads/2021/02/Klasifikasi-industri.pdf” download=”all”]

Kegiatan Bisnis

Akuntansi

Akuntansi adalah pengukuran, pemrosesan, dan komunikasi informasi keuangan tentang entitas ekonomi seperti bisnis dan perusahaan . Bidang modern didirikan oleh matematikawan Italia Luca Pacioli pada tahun 1494. Akuntansi, yang disebut sebagai “bahasa bisnis”, mengukur hasil kegiatan ekonomi organisasi dan menyampaikan informasi ini kepada berbagai pengguna, termasuk investor, kreditor, manajemen, dan regulator. Praktisi akuntansi dikenal sebagaiakuntan. Istilah “akuntansi” dan “pelaporan keuangan” sering digunakan sebagai sinonim.

Keuangan

Keuangan adalah bidang yang membahas tentang studi investasi . Ini mencakup dinamika aset dan liabilitas dari waktu ke waktu dalam kondisi tingkat ketidakpastian dan risiko yang berbeda. Keuangan juga dapat diartikan sebagai ilmu pengelolaan uang.

Keuangan bertujuan untuk menentukan harga aset berdasarkan tingkat risiko dan tingkat pengembalian yang diharapkan. Keuangan dapat dibagi menjadi tiga sub kategori yang berbeda: keuangan publik, keuangan perusahaan, dan keuangan pribadi. Kegiatan juga mencakup penganggaran, peramalan dan peminjaman uang, dan didefinisikan sebagai pengelolaan uang.

Manufaktur

Manufaktur adalah produksi barang dagangan untuk digunakan atau dijual dengan menggunakan tenaga kerja dan mesin , peralatan , pemrosesan atau formulasi kimia dan biologis. Istilah ini dapat merujuk pada berbagai aktivitas manusia, dari kerajinan tangan hingga teknologi tinggi , tetapi paling umum diterapkan pada produksi industri , di mana bahan mentah diubah menjadi barang jadi dalam skala besar.

Pemasaran

Pemasaran didefinisikan oleh American Marketing Association sebagai “aktivitas, kumpulan institusi, dan proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat luas.” Istilah ini berkembang dari arti aslinya yang secara harfiah mengacu pada pergi ke pasar untuk membeli atau menjual barang atau jasa. Taktik pemasaran mencakup periklanan serta penentuan harga produk .

Dengan meningkatnya teknologi, pemasaran dibagi lagi menjadi kelas yang disebut pemasaran digital . Ini adalah pemasaran produk dan layanan menggunakan teknologi digital.

Penelitian dan Pengembangan

Penelitian dan pengembangan mengacu pada kegiatan yang berhubungan dengan inovasi perusahaan atau pemerintah. Penelitian dan pengembangan merupakan tahap pertama dari pengembangan layanan atau produk baru yang potensial. Penelitian dan pengembangan sangat sulit untuk dikelola karena ciri utama dari penelitian ini adalah peneliti tidak mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mencapai hasil yang diinginkan.

Keamanan

Cedera merugikan bisnis miliaran dolar setiap tahun. Penelitian telah menunjukkan bagaimana penerimaan perusahaan dan penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang komprehensif mengurangi insiden, biaya asuransi, dan klaim kompensasi pekerja.Teknologi baru, seperti perangkat keselamatan yang dapat dikenakan dan pelatihan keselamatan online yang tersedia, terus dikembangkan untuk mendorong pemberi kerja berinvestasi dalam perlindungan di luar ” kenari di tambang batu bara ” dan mengurangi biaya bisnis untuk melindungi karyawan mereka.

Penjualan

Penjualan adalah aktivitas yang berkaitan dengan penjualan atau jumlah barang atau jasa yang terjual dalam periode waktu tertentu. Penjualan sering kali terintegrasi dengan semua lini bisnis dan merupakan kunci kesuksesan perusahaan.

Pengelolaan

Efisien dan efektif operasi bisnis, dan studi ini, disebut manajemen. Cabang utama manajemen adalah manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen strategis, manajemen produksi, manajemen operasi, manajemen layanan, dan manajemen teknologi informasi.

Pemilik dapat mengelola bisnis mereka sendiri, atau mempekerjakan manajer untuk melakukannya untuk mereka. Apakah mereka pemilik atau karyawan, manajer mengelola tiga komponen utama dari nilai bisnis: sumber daya keuangan, modal (sumber daya berwujud), dan sumber daya manusia. Sumber daya ini dikelola setidaknya dalam enam bidang fungsional: kontrak hukum, produksi manufaktur atau jasa, pemasaran, akuntansi, pembiayaan, dan sumber daya manusia.

Restrukturisasi perusahaan negara

Dalam beberapa dekade terakhir, negara bagian memodelkan beberapa aset dan perusahaan mereka setelah perusahaan bisnis. Pada tahun 2003, misalnya, Republik Rakyat Cina mencontoh 80% perusahaan milik negara dengan sistem manajemen jenis perusahaan. Banyak lembaga dan perusahaan negara di China dan Rusia telah berubah menjadi perusahaan saham gabungan, dengan sebagian dari saham mereka terdaftar di pasar saham publik.

Manajemen proses bisnis (BPM) adalah pendekatan manajemen holistik yang berfokus pada penyelarasan semua aspek organisasi dengan keinginan dan kebutuhan klien. BPM berusaha meningkatkan proses secara terus menerus. Oleh karena itu, dapat dijelaskan sebagai “proses pengoptimalan proses”. Dikatakan bahwa BPM memungkinkan organisasi menjadi lebih efisien, efektif dan mampu berubah daripada fokus fungsional, pendekatan manajemen hierarki tradisional.

Organisasi dan regulasi

Sebagian besar yurisdiksi hukum menentukan bentuk kepemilikan yang dapat diambil oleh bisnis, menciptakan badan hukum komersial untuk setiap jenis.

Faktor utama yang mempengaruhi bagaimana bisnis diatur biasanya sebagai berikut:

  • Ukuran dan ruang lingkup perusahaan bisnis dan struktur, manajemen, dan kepemilikannya, dianalisis secara luas dalam teori perusahaan . Umumnya, bisnis yang lebih kecil lebih fleksibel, sementara bisnis yang lebih besar, atau yang memiliki kepemilikan lebih luas atau struktur yang lebih formal, biasanya cenderung diatur sebagai perusahaan atau (lebih jarang) kemitraan. Selain itu, bisnis yang ingin mengumpulkan uang di pasar saham atau dimiliki oleh banyak orang akan sering kali diminta untuk mengadopsi bentuk hukum tertentu untuk melakukannya.
  • Sektor dan negara. Bisnis penghasil keuntungan swasta berbeda dengan badan-badan milik pemerintah. Di beberapa negara, bisnis tertentu secara hukum diwajibkan untuk diatur dengan cara tertentu.
  • Keuntungan pajak. Struktur yang berbeda diperlakukan secara berbeda dalam undang-undang perpajakan dan mungkin memiliki keuntungan karena alasan ini.
  • Persyaratan pengungkapan dan kepatuhan. Struktur bisnis yang berbeda mungkin diperlukan untuk membuat lebih sedikit atau lebih banyak informasi menjadi publik (atau melaporkannya ke otoritas terkait) dan mungkin terikat untuk mematuhi aturan dan regulasi yang berbeda.
  • Persyaratan kontrol dan koordinasi. Dalam fungsi risiko dan kompleksitas tugas untuk mengatur, bisnis diatur melalui seperangkat mekanisme formal dan informal. Secara khusus, tata kelola kontrak dan relasional dapat membantu mengurangi oportunisme serta mendukung komunikasi dan berbagi informasi.

Banyak bisnis dioperasikan melalui entitas terpisah seperti korporasi atau kemitraan (baik dibentuk dengan atau tanpa kewajiban terbatas). Sebagian besar yurisdiksi hukum mengizinkan orang untuk mengatur entitas semacam itu dengan mengajukan dokumen piagam tertentu kepada Sekretaris Negara terkait atau yang setara dan mematuhi kewajiban tertentu lainnya yang sedang berjalan.

Hubungan dan hak hukum pemegang saham , mitra terbatas, atau anggota diatur sebagian oleh dokumen piagam dan sebagian lagi oleh hukum yurisdiksi tempat entitas tersebut diatur. Secara umum, pemegang saham di korporasi, mitra terbatas dalam kemitraan terbatas, dan anggota dalam perseroan terbatas dilindungi dari tanggung jawab pribadi.untuk hutang dan kewajiban entitas, yang secara hukum diperlakukan sebagai “orang” yang terpisah. Artinya, kecuali jika ada kesalahan, harta milik pemilik dilindungi dengan kuat oleh undang-undang jika bisnis tidak berhasil.

Jika dua atau lebih individu memiliki bisnis bersama tetapi gagal mengatur bentuk kendaraan yang lebih terspesialisasi, mereka akan diperlakukan sebagai kemitraan umum. Persyaratan kemitraan sebagian diatur oleh perjanjian kemitraan jika dibuat, dan sebagian lagi oleh hukum yurisdiksi tempat kemitraan berada.

Tidak ada dokumen atau pengarsipan yang diperlukan untuk membuat kemitraan, dan tanpa kesepakatan, hubungan dan hak hukum mitra akan sepenuhnya diatur oleh hukum yurisdiksi tempat kemitraan berada. Seseorang yang memiliki dan menjalankan bisnis biasanya dikenal sebagai pemilik tunggal, apakah orang tersebut memilikinya secara langsung atau melalui entitas yang terorganisir secara formal. Bergantung pada kebutuhan bisnis, penasihat dapat memutuskan jenis kepemilikan yang paling cocok.

Yang perlu dipertimbangkan dalam menjalankan bisnis

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memutuskan cara menjalankan bisnis meliputi:

  • Mitra umum dalam kemitraan (selain kemitraan tanggung jawab terbatas), ditambah siapa pun yang secara pribadi memiliki dan menjalankan bisnis tanpa membentuk badan hukum terpisah, secara pribadi bertanggung jawab atas hutang dan kewajiban bisnis.
  • Umumnya, perusahaan diharuskan membayar pajak seperti orang “sungguhan”. Dalam beberapa sistem perpajakan, hal ini dapat menimbulkan apa yang disebut perpajakan berganda , karena pertama-tama korporasi membayar pajak atas laba, dan kemudian ketika korporasi membagikan labanya kepada pemiliknya, individu harus memasukkan dividen dalam pendapatan mereka ketika mereka menyelesaikan pengembalian pajak pribadi, pada saat mana lapisan kedua dari pajak pendapatan diberlakukan.
  • Di sebagian besar negara, ada undang-undang yang memperlakukan perusahaan kecil secara berbeda dari yang besar. Mereka mungkin dikecualikan dari persyaratan pengajuan hukum tertentu atau undang-undang ketenagakerjaan, memiliki prosedur yang disederhanakan di bidang khusus, dan memiliki perlakuan pajak yang disederhanakan, menguntungkan, atau sedikit berbeda.
  • Going public melalui proses yang dikenal sebagai penawaran umum perdana (IPO) berarti sebagian dari bisnis tersebut akan dimiliki oleh anggota masyarakat. Hal ini membutuhkan organisasi sebagai entitas yang berbeda, untuk mengungkapkan informasi kepada publik, dan mematuhi seperangkat hukum dan prosedur yang lebih ketat. Sebagian besar entitas publik adalah perusahaan yang telah menjual saham, tetapi semakin banyak juga LLC publik yang menjual unit (terkadang juga disebut saham), dan entitas lain yang lebih eksotis, seperti, misalnya, perwalian investasi real estat di AS, dan unit trust di Inggris. Kemitraan umum tidak bisa “go public”.

Hukum komersial

Sebuah badan aturan yang sangat rinci dan mapan yang berkembang selama periode waktu yang sangat lama berlaku untuk transaksi komersial. Kebutuhan untuk mengatur perdagangan dan perdagangan serta menyelesaikan perselisihan bisnis membantu membentuk hukum dan pengadilan.

The Kode Hammurabi tanggal kembali ke sekitar 1772 SM misalnya dan berisi ketentuan yang berhubungan, antara lain, untuk pengiriman biaya dan transaksi antara pedagang dan broker. Kata “korporasi” berasal dari bahasa Latin corpus, yang berarti tubuh, dan Kekaisaran Maurya di Zaman Besi India memberikan hak hukum kepada badan usaha.

Di banyak negara, sulit untuk mengumpulkan semua undang-undang yang dapat memengaruhi bisnis menjadi satu sumber referensi. Undang-undang dapat mengatur perlakuan terhadap tenaga kerja dan hubungan karyawan, perlindungan dan keselamatan pekerja, diskriminasi atas dasar usia, jenis kelamin, disabilitas, ras, dan di beberapa yurisdiksi, orientasi seksual, dan upah minimum, serta serikat pekerja, kompensasi pekerja, dan jam kerja dan cuti.

Beberapa bisnis khusus mungkin juga memerlukan izin, baik karena undang-undang yang mengatur masuk ke perdagangan tertentu, pekerjaan atau profesi, yang memerlukan pendidikan khusus atau untuk meningkatkan pendapatan bagi pemerintah daerah.

Profesi yang membutuhkan izin khusus antara lain hukum, obat-obatan, mengemudikan pesawat, menjual minuman keras, siaran radio, menjual surat berharga investasi, menjual mobil bekas, dan membuat atap. Yurisdiksi lokal mungkin juga memerlukan izin dan pajak khusus hanya untuk menjalankan bisnis.

Beberapa bisnis tunduk pada peraturan khusus yang sedang berjalan, misalnya, utilitas publik, sekuritas investasi, perbankan, asuransi, penyiaran, penerbangan, dan penyedia perawatan kesehatan. Peraturan lingkungan juga sangat kompleks dan dapat mempengaruhi banyak bisnis.

Ketika bisnis perlu mengumpulkan uang (disebut modal ), terkadang mereka menawarkan sekuritas untuk dijual. Modal dapat dikumpulkan melalui sarana swasta, dengan penawaran umum perdana atau IPO di bursa saham, atau dengan cara lain.

Bursa saham utama termasuk Shanghai Stock Exchange , Singapore Exchange , Hong Kong Stock Exchange , New York Stock Exchange dan NASDAQ (USA), London Stock Exchange (UK), Tokyo Stock Exchange (Jepang), dan Bombay Stock Exchange (India ). Sebagian besar negara dengan pasar modal memiliki setidaknya satu.

Bisnis yang telah go public tunduk pada peraturan terkait tata kelola internal mereka, seperti bagaimana kompensasi pejabat eksekutif ditentukan, dan kapan dan bagaimana informasi diungkapkan kepada pemegang saham dan kepada publik.

Di Amerika Serikat, peraturan ini terutama diterapkan dan diberlakukan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC). Negara barat lainnya memiliki badan pengatur yang sebanding. Peraturan tersebut diterapkan dan ditegakkan oleh China Securities Regulation Commission (CSRC) di China. Di Singapura, otoritas pengatur adalah Monetary Authority of Singapore (MAS), dan di Hong Kong, adalah Securities and Futures Commission (SFC).

Proliferasi dan meningkatnya kompleksitas hukum yang mengatur bisnis telah memaksa peningkatan spesialisasi dalam hukum perusahaan. Tidak jarang jenis transaksi perusahaan tertentu membutuhkan tim yang terdiri dari lima hingga sepuluh pengacara karena peraturan yang luas.

Hukum komersial mencakup hukum perusahaan umum, hukum ketenagakerjaan dan ketenagakerjaan, hukum perawatan kesehatan, hukum sekuritas, merger dan akuisisi, undang-undang perpajakan, rencana tunjangan karyawan, peraturan makanan dan obat-obatan, undang-undang kekayaan intelektual tentang hak cipta, paten, merek dagang, undang-undang telekomunikasi, dan pembiayaan.

Jenis sumber modal lainnya termasuk crowdsourcing di Internet, modal ventura, pinjaman bank, dan surat hutang.

Hak milik intelektual

Bisnis sering kali memiliki “kekayaan intelektual” penting yang membutuhkan perlindungan dari pesaing agar perusahaan tetap menguntungkan. Ini mungkin memerlukan paten, hak cipta, merek dagang , atau pelestarian rahasia dagang.

Sebagian besar bisnis memiliki nama, logo, dan teknik pencitraan merek serupa yang bisa mendapatkan keuntungan dari merek dagang. Paten dan hak cipta di Amerika Serikat sebagian besar diatur oleh hukum federal, sedangkan rahasia dagang dan merek dagang sebagian besar merupakan masalah hukum negara bagian.

Karena sifat kekayaan intelektual, bisnis membutuhkan perlindungan di setiap yurisdiksi tempat mereka mengkhawatirkan pesaing. Banyak negara yang menjadi penandatangan perjanjian internasional tentang kekayaan intelektual, dan dengan demikian perusahaan yang terdaftar di negara-negara ini tunduk pada hukum nasional yang terikat oleh perjanjian ini.

Untuk melindungi rahasia dagang, perusahaan mungkin meminta karyawan untuk menandatangani klausul tidak bersaing yang akan membatasi interaksi karyawan dengan pemangku kepentingan, dan pesaing.

Serikat buruh

Serikat pekerja (atau serikat pekerja) adalah organisasi pekerja yang bersatu untuk mencapai tujuan bersama seperti melindungi integritas perdagangannya, meningkatkan standar keselamatan, mencapai gaji dan tunjangan yang lebih tinggi seperti perawatan kesehatan dan pensiun, meningkatkan jumlah pekerja. karyawan yang diberikan pemberi kerja untuk menyelesaikan pekerjaan, dan kondisi kerja yang lebih baik.

Serikat pekerja, melalui kepemimpinannya, melakukan tawar-menawar dengan pengusaha atas nama anggota serikat (anggota pangkat dan arsip ) dan menegosiasikan kontrak kerja ( perundingan bersama ) dengan pengusaha.

Tujuan paling umum dari asosiasi atau serikat pekerja ini adalah “mempertahankan atau meningkatkan kondisi kerja mereka “. Ini mungkin termasuk negosiasi upah , aturan kerja, prosedur pengaduan, aturan yang mengatur perekrutan, pemecatan, dan promosi pekerja, tunjangan, keselamatan dan kebijakan tempat kerja.

Baca artikel bisnis lainnya

Related posts