Sekolah Bisnis: Jenis dan sejarahnya

  • Whatsapp
Sekolah Bisnis

Sebuah sekolah bisnis adalah lembaga tingkat universitas yang menganugerahkan gelar dalam administrasi bisnis atau manajemen. Sekolah bisnis juga dapat disebut sebagai sekolah manajemen, sekolah manajemen, sekolah administrasi bisnis, atau bahasa sehari – hari sekolah biz atau biz.

Sekolah bisnis mengajarkan topik seperti akuntansi, administrasi, analisis bisnis, strategi, ekonomi, kewirausahaan, keuangan,manajemen sumber daya manusia, ilmu manajemen, sistem informasi manajemen, bisnis internasional, logistik, pemasaran, psikologi organisasi, perilaku organisasi, hubungan masyarakat, metode penelitian dan real estate.

Jenis Sekolah bisnis

Ada beberapa bentuk sekolah bisnis, termasuk sekolah bisnis, administrasi bisnis, dan manajemen.

  1. Sebagian besar sekolah bisnis universitas terdiri dari fakultas, kolese, atau departemen dalam universitas, dan sebagian besar mengajarkan kursus bisnis (misalnya Sekolah Bisnis Mannheim ).
  2. Di Amerika Utara, sebuah sekolah bisnis sering dipahami sebagai sebuah program universitas yang menawarkan lulusan Master of Business Administration derajat dan/atau gelar sarjana sarjana (misalnya Stanford Graduate School of Business, Harvard Business School, Wharton School of University of Pennsylvania ).
  3. Di Eropa dan Asia, beberapa universitas umumnya mengajarkan mata kuliah bisnis (misalnya Copenhagen Business School ).
  4. Sekolah bisnis milik pribadi yang tidak berafiliasi dengan universitas mana pun (misalnya, WHU – Sekolah Manajemen Otto Beisheim).


Kaplan mengklasifikasikan sekolah bisnis dalam empat C:

  1. Culture (Eropa – US): Independen sebenarnya lokasi mereka (fisik), sekolah bisnis dapat diklasifikasikan menurut apakah mereka mengikuti Eropa atau model AS.
  2. Compass (internasional / global yang – daerah / lokal): sekolah Bisnis dapat diklasifikasikan sepanjang kontinum, dengan sekolah internasional / global yang di satu ujung dan sekolah-sekolah daerah / lokal di sisi lain.
  3. Capital (publik – privat): sekolah Bisnis baik dapat publik (negara) yang didanai atau didanai swasta, misalnya melalui wakaf atau biaya pendidikan.
  4. Content (pengajaran – penelitian): Sekolah bisnis dapat diklasifikasikan menurut apakah sekolah menganggap pengajaran atau penelitian sebagai fokus utamanya.
Sekolah Bisnis

Sejarah Sekolah bisnis

Sekolah bisnis pertama muncul di Eropa pada abad kedelapan belas dan berlipat ganda sejak awal abad kesembilan belas. Seperti yang ditunjukkan oleh pakar Prancis Adrien Jean-Guy Passant, sekolah bisnis tertua di dunia, hingga hari ini.

Sekolah Bisnis ESCP, didirikan di Paris pada bulan Oktober 1819, dengan nama ‘Sekolah Khusus Perdagangan dan Industri’, diikuti oleh sekolah bisnis dari Università Ca’Foscari di Italia yang dibuka pada Agustus 1868 dengan nama ‘Sekolah Tinggi Perdagangan Venesia’.

Jika, di Eropa, sekolah bisnis secara umum diakui sebagai lembaga pendidikan pertama yang mengajarkan perdagangan, namun sekolah tekniklah yang, pada awal abad kesembilan belas, menyediakan pendidikan komersial di tingkat yang lebih tinggi, khususnya di dalam Politeknik Praha. (dari 1806) dan Politeknik Wina (dari 1815).

  • 1759 – Aula do Comércio di Lisbon adalah institusi pertama yang mengkhususkan diri dalam pengajaran akuntansi di dunia. Ini memberikan model untuk pengembangan sekolah serupa yang disponsori pemerintah di seluruh Eropa, dan ditutup pada tahun 1844. Oleh karena itu, Aula do Comércio membuka jalan bagi sekolah bisnis untuk dimulai.
  • 1819 – Sekolah bisnis tertua yang masih ada saat ini, ESCP Europe berada di Paris , Prancis. Awalnya, ESCP Eropa adalah sekolah swasta yang menjadi perusahaan keluarga dari tahun 1830 sampai 1869.
  • 1855 – Institut Supérieur de Commerce d’Anvers (didanai negara) dan Institut Saint-Ignace – École Spéciale de Commerce et d’Industrie (pendidikan Yesuit) didirikan pada tahun yang sama di kota Antwerp , Belgia. Setelah mendapatkan status universitas pada tahun 1965 dan setelah hampir 150 tahun pendidikan bisnis dan persaingan antara satu sama lain, keduanya bergabung pada tahun 2003 menjadi Universitas Antwerpen.
  • 1857 – Sekolah bisnis publik pertama di dunia, Budapest Business School didirikan di Budapest di Austria-Hongaria sebagai sekolah bisnis pertama di Eropa Tengah.
  • 1868 – Universitas Ca ‘Foscari didirikan di Venesia. Ini adalah sekolah bisnis tertua di Italia dan salah satu yang tertua di dunia.
  • 1871 – Sekolah Bisnis Rouen yang telah bergabung dengan Sekolah Manajemen Reims dengan nama Sekolah Bisnis NEOMA. Rouen Business School adalah sekolah bisnis Prancis tertua kedua.
  • 1871 – ESC Le Havre dibuat (sekarang École de management de Normandie ). Dibuat pada tahun yang sama dengan Rouen Business School , ini juga merupakan sekolah bisnis Prancis tertua kedua.
  • 1881 – Wharton School of the University of Pennsylvania adalah sekolah bisnis pertama di Amerika Serikat. HEC Paris (The École des Hautes Études Commerciales de Paris) didirikan oleh Kamar Dagang Paris (CCIP).
  • 1892 – ESC Lille di Prancis utara yang telah bergabung dengan CERAM Business School (dibuat pada tahun 1963) dengan nama Skema Business School sejak 2009.
  • 1898 – Di pantai barat Haas School of Business didirikan sebagai Sekolah Tinggi Perdagangan Universitas California dengan Carl Copping Plehn sebagai Dekan pada tahun 1898 dan menjadi sekolah bisnis publik pertama. The Booth School of Business University of Chicago Booth School of Business juga jejak awal untuk 1898 ketika anggota fakultas universitas James Laurence Laughlin disewa College of Commerce dan Politik.
  • 1898 – Handelshochschule Leipzig , sekarang Sekolah Pascasarjana Manajemen Leipzig , didirikan sebagai Sekolah Bisnis pertama di Jerman , sehingga merupakan universitas pengajaran ekonomi tertua di wilayah berbahasa Jerman.
  • 1898 – Universitas St. Gallen mendirikan universitas pertama di Swiss yang mengajarkan bisnis dan ekonomi.
  • 1900 – Sekolah pascasarjana bisnis pertama di Amerika Serikat, Tuck School of Business di Dartmouth College , didirikan. Sekolah menganugerahkan gelar lanjutan pertama dalam bisnis, khususnya, Master of Science dalam Ilmu Komersial, pendahulu MBA.
  • 1902 – Birmingham Business School of University of Birmingham adalah sekolah bisnis pertama di Inggris Raya. Didirikan sebagai School of Commerce di Birmingham , Inggris Raya.
  • 1903 – The Solvay Brussels Sekolah Ekonomi dan Manajemen dari Université Libre de Bruxelles adalah sekolah bisnis pertama Belgia diciptakan oleh seorang pengusaha Ernest Solvay, pendiri perusahaan kimia Solvay.
  • 1906 – Departemen Perdagangan didirikan sebagai bagian dari Universitas McGill di Montreal, Quebec , Kanada , yang akhirnya berkembang menjadi Fakultas Manajemen Desautels.
  • 1906 – Sekolah Ekonomi Warsawa (SGH) didirikan sebagai universitas pertama di Polandia yang didedikasikan untuk pengajaran perdagangan dan ekonomi.
  • 1907 – HEC Montréal didirikan di Montreal , menjadi Sekolah Manajemen pertama di Kanada. Itu juga merupakan sekolah pertama di Amerika Utara yang dianugerahi 3 akreditasi paling bergengsi (AACSB, AMBA, EQUIS), yang telah dicapai kurang dari 70 sekolah di dunia.
  • 1907 – Sekolah Bisnis ESSEC di Paris , yang kemudian menjadi Sekolah Bisnis pertama di luar Amerika Utara yang diakreditasi oleh AACSB (asosiasi utama dan paling terkenal untuk mengakreditasi sekolah bisnis) pada tahun 1997
  • 1908 – Sekolah Manajemen Kellogg didirikan sebagai Sekolah Perdagangan Universitas Northwestern.
  • 1908 – Harvard Business School didirikan di Universitas Harvard. Itu adalah program pertama di dunia yang menawarkan gelar Master of Business Administration.
  • 1909 – Sekolah Ekonomi Stockholm didirikan atas prakarsa sektor bisnis Swedia dan merupakan sekolah bisnis tertua di Swedia. Sekolah Ekonomi Hanken didirikan pada tahun yang sama di Helsinki, Finlandia.
  • 1914 – MIT Sloan School of Management didirikan di MIT (sebagai Kursus XV – Administrasi Teknik).
  • 1919 – Babson College adalah sekolah bisnis pertama yang didirikan untuk berfokus hanya pada kewirausahaan. Setiap lulusan menerima gelar Bachelor of Science di bidang Administrasi Bisnis.
  • 1920 – Sekolah Bisnis Kelley didirikan sebagai Sekolah Perdagangan dan Keuangan Universitas Indiana-Bloomington.
  • 1920 – Program doktoral pertama dalam bisnis ditawarkan di The University of Chicago Booth School of Business.
  • 1925 – Sekolah Pascasarjana Bisnis Stanford didirikan ketika wali dan akhirnya Presiden ke-31 Amerika Serikat Herbert Hoover membentuk sebuah komite yang berfokus pada menjaga pikiran-pikiran paling cemerlang dalam bisnis di pantai barat.
  • 1936 – Sekolah Ekonomi Norwegia (juga dikenal sebagai NHH) adalah sekolah bisnis tertua di Norwegia.
  • 1946 – Sekolah Manajemen Global Thunderbird, kemudian disebut Institut Amerika untuk Perdagangan Luar Negeri, adalah sekolah manajemen pascasarjana pertama yang berfokus secara eksklusif pada bisnis global.
  • 1949 – Universitas Pretoria di Afrika Selatan mendirikan sekolah bisnis tertua di Afrika. Pada bulan Januari 2008, Sekolah Pascasarjana Manajemen secara resmi digantikan oleh Institut Ilmu Bisnis Gordon.
  • 1949 – XLRI – Sekolah manajemen bisnis tertua di India didirikan.
  • 1953 – IISWBM adalah institut pertama di India yang menawarkan gelar MBA.
  • 1954 – Fakultas Studi Manajemen (FMS), Universitas Delhi adalah salah satu sekolah bisnis tertua di India.
  • 1957 – Sekolah Bisnis McDonough di Universitas Georgetown didirikan untuk memajukan studi bisnis dalam tradisi Jesuit.
  • 1963 – Sekolah Pascasarjana Bisnis Universitas ESAN di Lima , Peru adalah Sekolah Bisnis Pascasarjana pertama yang didirikan di Amerika Latin. Itu didirikan berdasarkan kesepakatan antara Pemerintah Amerika Serikat , Sekolah Pascasarjana Bisnis Stanford dan Pemerintah Peru.
  • 1975 – Sekolah Bisnis INSEEC , Sekolah Bisnis Grande Ecole yang terakreditasi AMBA ( Grande Ecoles setara dengan Ivy League di Prancis), berganti nama menjadi Sekolah Bisnis & Ekonomi INSEEC pada tahun 2017, didirikan di Bordeaux – Prancis. Ini akan menjadi pemimpin dalam Pendidikan Swasta di Prancis pada tahun 2019, bernilai lebih dari satu miliar Euro (pertama di Prancis!) dan akan menjadi Sekolah Bisnis Grande Ecole terkuat secara finansial di Prancis pada tahun 2020.
  • 1986 – Universitas Internasional Monaco (IUM) didirikan. Ini adalah Sekolah Bisnis dan Universitas terakreditasi AMBA , bagian dari Grup INSEEC sejak 2010 yang memberikan gelar MBA dalam Manajemen Internasional, Kemewahan, Keuangan dan Manajemen Olahraga dan yang berada di antara 27 MBA TOP Eropa menurut, menurut The Economist : Yang MBA? pada 2017.
  • 1991 – IEDC-Bled School of Management adalah sekolah bisnis pertama yang menawarkan program MBA di Eropa Timur.
  • 1994 – CEIBS ( China Europe International Business School) adalah sekolah bisnis pertama di China yang menerima dana dari pemerintah asing, yaitu European Commission.
  • 2001 – ISB ( Indian School of Business) adalah sekolah bisnis swasta dengan kampus di dua negara bagian India, satu di Hyderabad, Telangana dan satu lagi di Mohali, Punjab.
  • 2015 – Daniels College of Business adalah sekolah bisnis pertama yang meluncurkan program MBA berbasis tantangan.

Gelar Sekolah Bisnis

Gelar umum adalah sebagai berikut:

  • Gelar Associate : AA, AAB, ABA, AS
  • Gelar Sarjana: BCom, BA, BS, BBA ( Sarjana Administrasi Bisnis ), BBus ( Sarjana Bisnis ), BSBA, BAcc, BABA, BBS, BMOS dan BBusSc (Sarjana Ilmu Bisnis)
  • Gelar Master: MBA, MBM, Magister Manajemen, MIB, Makabe, MMR, MSMR, MPA, MISM, MSM, MHA, MSF, MSc, MST, MMS, EMBA dan MCom. Di sekolah bisnis Oxford dan Cambridge, sebuah MPhil atau MSc, diberikan sebagai pengganti MA.
  • Gelar Doktor : Ph.D., DBA, DHA, DM, Doctor of Commerce (DCOM), PhD dalam Manajemen atau Doktor Bisnis (Doctor of Philosophy), Doctor of Professional Studies (DPS).

Penggunaan studi kasus

Beberapa sekolah bisnis menyusun pengajaran mereka dengan menggunakan studi kasus (yaitu metode kasus ). Studi kasus telah digunakan dalam pendidikan bisnis Pascasarjana dan Sarjana selama hampir seratus tahun. Kasus bisnis adalah deskripsi historis dari situasi bisnis yang sebenarnya.

Biasanya, informasi disajikan tentang produk perusahaan bisnis, pasar, persaingan, struktur keuangan, volume penjualan, manajemen, karyawan, dan faktor lain yang mempengaruhi kesuksesan perusahaan. Panjang studi kasus bisnis dapat berkisar dari dua atau tiga halaman hingga 30 halaman, atau lebih.

Sekolah bisnis sering kali memperoleh studi kasus yang diterbitkan oleh Harvard Business School, INSEAD, London Business School, Kellogg School of Management di Northwestern University, Ross School of Business di University of Michigan, Richard Ivey School of Business di The University of Western Ontario, Sekolah Darden di Universitas Virginia, IESE, lembaga akademik lain, atau lembaga kliring kasus (seperti Pusat Kasus). Studi kasus Harvard yang paling populer termasuk Lincoln ElectricCo. dan Google, Inc.

Siswa diharapkan untuk meneliti studi kasus dan bersiap untuk mendiskusikan strategi dan taktik yang harus diterapkan perusahaan di masa depan. Tiga metode berbeda telah digunakan dalam pengajaran kasus bisnis:

  1. Mempersiapkan pertanyaan khusus kasus untuk dijawab oleh siswa. Ini digunakan dengan kasus pendek yang ditujukan untuk mahasiswa Sarjana. Konsep yang mendasarinya adalah bahwa mahasiswa tersebut membutuhkan bimbingan khusus untuk dapat menganalisis studi kasus.
  2. Analisis pemecahan masalah adalah metode kedua yang diprakarsai oleh Harvard Business School yang sejauh ini merupakan metode yang paling banyak digunakan dalam program MBA dan pengembangan eksekutif. Konsep yang mendasarinya adalah bahwa dengan latihan yang cukup (ratusan analisis kasus) siswa mengembangkan keterampilan intuitif untuk menganalisis dan menyelesaikan situasi bisnis yang kompleks. Keberhasilan penerapan metode ini sangat bergantung pada keterampilan pemimpin diskusi.
  3. Pendekatan perencanaan strategis yang berlaku umum. Metode ketiga ini tidak mengharuskan mahasiswa menganalisis ratusan kasus. Model perencanaan strategis disediakan dan siswa diinstruksikan untuk menerapkan langkah-langkah model untuk enam – dan hingga selusin kasus – selama satu semester. Ini cukup untuk mengembangkan kemampuan mereka untuk menganalisis situasi yang kompleks, menghasilkan berbagai kemungkinan strategi dan untuk memilih yang terbaik. Akibatnya, siswa mempelajari pendekatan yang berlaku umum untuk menganalisis studi kasus dan situasi nyata. Pendekatan ini tidak membuat tuntutan yang luar biasa pada bakat artistik dan dramatis sang guru. Akibatnya, sebagian besar profesor mampu mengawasi penerapan metode ini.

Sejarah kasus bisnis

Ketika Harvard Business School mulai beroperasi pada tahun 1908, fakultas menyadari bahwa tidak ada buku teks yang cocok untuk program pascasarjana dalam bisnis. Solusi pertama mereka untuk masalah ini melibatkan mewawancarai praktisi bisnis terkemuka dan menulis laporan rinci tentang apa yang dilakukan para manajer ini, sebagian didasarkan pada metode kasus yang sudah digunakan di Harvard Law School.

Tentu saja para profesor tidak bisa mempresentasikan kasus – kasus tersebutsebagai praktik yang harus ditiru, karena tidak ada kriteria yang tersedia untuk menentukan apa yang akan berhasil dan apa yang tidak. Jadi para profesor menginstruksikan mahasiswanya untuk membaca kasus dan datang ke kelas bersiap untuk membahas kasus dan menawarkan rekomendasi untuk tindakan yang sesuai. Garis besar dasar dari metode ini masih beroperasi dalam kurikulum sekolah bisnis pada tahun 2016.

Baca juga: 14 Sekolah Bisnis terbaik di AS

Pendekatan lain

Berbeda dengan metode kasus, beberapa sekolah menggunakan pendekatan berbasis keterampilan dalam pengajaran bisnis. Pendekatan ini menekankan pada metode kuantitatif, khususnya penelitian operasi, sistem informasi manajemen, statistik, perilaku organisasi, pemodelan dan simulasi, dan ilmu keputusan. Lembaga terkemuka dalam metode ini adalah Tepper School of Business di Universitas Carnegie Mellon. Tujuannya adalah untuk memberikan siswa seperangkat alat yang akan mempersiapkan mereka untuk menangani dan memecahkan masalah.

Pendekatan penting lainnya yang digunakan di sekolah bisnis adalah penggunaan permainan bisnis yang digunakan dalam berbagai disiplin ilmu seperti bisnis, ekonomi, manajemen, dll. Beberapa perguruan tinggi memadukan banyak pendekatan ini di seluruh program gelar mereka, dan bahkan memadukan metode pengiriman untuk masing-masing pendekatan ini.

Sebuah studi dari Inside Higher Ed dan Babson Survey Research Group menunjukkan bahwa masih ada ketidaksepakatan mengenai keefektifan pendekatan tetapi jangkauan dan aksesibilitas terbukti semakin menarik. Perguruan tinggi seni liberal di Amerika Serikat seperti New England College, Wesleyan University, dan Bryn Mawr College sekarang menawarkan gelar online lengkap di banyak kurikulum bisnis terlepas dari kontroversi seputar metode pembelajaran.

Ada juga beberapa sekolah bisnis yang masih mengandalkan metode ceramah untuk memberikan pendidikan dasar bisnis kepada mahasiswanya. Ceramah umumnya diberikan dari sudut pandang profesor, dan jarang membutuhkan interaksi dari siswa kecuali diperlukan catatan. Perkuliahan sebagai metode pengajaran di sekolah bisnis telah dikritik oleh para ahli karena mengurangi insentif dan individualisme dalam pengalaman belajar.

Pendidikan eksekutif

Selain mengajar siswa, banyak sekolah bisnis menjalankan program Pendidikan Eksekutif. Ini bisa berupa program terbuka atau program khusus perusahaan. Eksekutif juga dapat memperoleh gelar MBA dalam program MBA Eksekutif dalam universitas bisnis atau dari sekolah bisnis peringkat teratas. Banyak sekolah bisnis mencari kerjasama erat dengan bisnis.

Akreditasi

Ada tiga badan akreditasi utama untuk sekolah bisnis di Amerika Serikat: ACBSP, AACSB, dan IACBE. Di Eropa, sistem akreditasi EQUIS dijalankan oleh EFMD. The AMBA akreditasi program MBA dan program bisnis pasca sarjana lainnya di 75 negara; organisasi kembarnya, Business Graduates Association (BGA), mengakreditasi sekolah bisnis, berdasarkan pengaruhnya terhadap siswa, pengusaha dan komunitas serta masyarakat yang lebih luas, dalam hal etika dan praktik manajemen yang bertanggung jawab.

Peringkat Master Global Administrasi Bisnis

Setiap tahun, publikasi bisnis terkenal seperti The Economist, Eduniversal, US News & World Report, Fortune, Financial Times, Business Week, Expansion dan The Wall Street Journal menerbitkan peringkat program MBA dan sekolah bisnis terpilih yang, meski kontroversial dalam metodologi mereka, namun secara langsung dapat mempengaruhi prestise sekolah yang meraih nilai tinggi.

Penelitian akademis juga dianggap sebagai fitur penting dan cara populer untuk mengukur prestise sekolah bisnis. Sekolah bisnis berbagi tujuan yang sama dalam mengembangkan bakat manajerial global dan untuk tujuan ini, sekolah bisnis didorong untuk mempercepat strategi keterlibatan global di atas dasar kolaborasi dan inovasi.

Baca artikel Bisnis lainnya, source: Business school

Pos terkait