Apa sih asyiknya menikah?

  • Whatsapp
Apa sih asyiknya menikah?

Halo sahabat…, pernahkah anda bertanya: apa sih asyiknya menikah itu?Untuk menjawab pertanyaan semacam itu, sebenarnya lebih asyik lagi kalau anda jawab sendiri dengan langsung menjalaninya. Ya..menjalaninya menjadi sepasang pengantin.

Tapi baiklah, justru mungkin alasan anda belum menikah adalah karena begitu banyak informasi mengerikan yang anda dapatkan seputar kehidupan pernikahan. Mulai dari KDRT, perselingkuhan, perceraian, ditinggal pasangan tanpa alasan jelas, dan banyak hal lainnya.

Asyiknya menikah

Tahukah anda? Semua kabar itu memang benar adanya, nyata terjadi disekitar kita. Hanya saja, seberapa besar jumlah mereka yang mengalami kasus tersebut bila dibandingkan dengan pasangan suami istri yang mampu mengecap kebahagiaan?

Baca juga: Adakah kebaya Pengantin Muslimah Modern yang Syar’i?

Hmm, nampaknya masih lebih banyak yang berbahagia. Kami yakin, anda yang masih sedikit apatis dengan kehidupan berumah tangga biasanya ada yang melatarbelakanginya. Bisa karena trauma dari kondisi rumah tangga orang tua, atau mungkin terlalu banyak nonton infotainment yang memberitakan kisruh rumah tangga selebriti.

Pertanyaan berikutnya, apakah anda hanya akan menjadi hakim yang membenarkan kondisi buruk sebuah kehidupan berumah tangga? Atau anda ingin menjadi bagian yang memberikan bukti nyata, bahwa pernikahan itu sesuatu yang indah dan mulia sebagaimana tujuan dari pernikahan itu sendiri, salah satunya yakni meneruskan keturunan manusia, mendapatkan rasa sakinah, juga bentuk ibadah kepada Allah SWT.

Apapun latar belakangnya, sudah saatnya anda bergerak maju atau move on untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Menjalin hubungan untuk membangun rumah tangga kata kebanyakan orang, enaknya hanya 10 %, sisanya itu rasanya gurihh banget, kadang ada rasa pedas atau pahit sebagai bumbu tambahan dalam rumah tangga. Dan saya setuju dengan hal itu, karena saya mengalaminya sendiri.

Baca juga: Desain Baju Kurung Modern

Apa sih asyiknya menikah?

Enaknya Menikah

Jadi, apa saja sih enaknya menikah itu? Ada pendapat ahli yang dapat menjadi salah satu bahan referensi bagi anda. Disana disebutkan bahwa setiap manusia memiliki yang disebut dengan “kebutuhan dasar untuk memiliki”. Kebutuhan ini dapat diwujudkan dengan pernikahan (Bamister dan Leary).

Bayangkan, bila kebutuhan dasar ini tak terpenuhi, maka rasa anda akan dipenuhi dengan suasana galau terus. Pikiran ruwet, bila dalam keadaan situasi krisis cenderung emosional. Lain halya bila ”Kebutuhan dasar untuk memiliki” ini terpenuhi, kehiudpan yang stabil dan harmonis lebih berpeluang untuk anda dapatkan. Itu yang dinamakan dengan sakinah, ketentraman, ketenangan yang merupakan salah satu tujuan dari pernikahan, khususnya dalam ajaran Islam.

Dengan memiliki pernikahan yang harmonis, maka potensi untuk saling memberikan rasa persahabatan yang kuat, keintiman, kegairahan, cinta, harapan, afeksi, dan dukungan sosial terutama pada saat anda mengalami situasi krisis akan lebih banyak berpotensi terpenuhi. Asyik kan?

Kemudian, ketika anda sudah menikah, kesempatan untuk mengalami perkembangan pribadi (personal growth) dan perkembangan potensi-potensi baru yang bisa jadi tak pernah anda bayangkan sebelumnya, akan mampu menemui jalannya.

Sehingga rasa penghargaan diri (self esteem) dan kepuasaan akan anda nikmati. Sulit sekali membayangkan bila semua hal itu tak terpenuhi, sebab, faktor-faktor tersebut termasuk dalam kebutuhan dasar emosional yang membutuhkan pemenuhan.

Salah satu intinya, bahwa pernikahan harmonis merupakan salah satu penyumbang penting bagi penguatan kesehatan dan kebahagiaan pribadi-pribadi yang terlibat didalammnya, yakni suami istri.

Bagaimana, sudah siap untuk menikah?

Langsung saja berdo’a dan berikhtiar untuk mendapatkan pasangan yang baik, sehingga pernikahan harmonis bukan hanya menjadi impian belaka, namun akan jadi kenyataan yang membahagiakan. Semoga Allah SWT mengkaruniakan kebesaran-Nya kepada anda untuk segera menikmati indahnya menikah. Aamiin

Salam bahagia untuk anda dan kita semua.

Terkait asyiknya menikah

Pos terkait