11 manfaat CRM bagi perusahaan di Era Digital abad baru

Software manajemen CRM telah menjadi alat yang hampir vital untuk bisnis dari semua tingkat. Perangkat lunak CRM dapat memberikan beberapa manfaat untuk bisnis apa pun, mulai dari mengatur kontak hingga mengotomatiskan tugas-tugas utama. Ini juga bisa menjadi hub yang terpusat dan terorganisir yang memungkinkan komunikasi yang konsisten baik dengan pelanggan maupun dalam organisasi. Ini sangat penting karena lebih banyak organisasi beralih ke pekerjaan jarak jauh.

Pasar software CRM saat ini merupakan salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat, diproyeksikan tumbuh pada tingkat 14,27% dari tahun 2020 hingga 2027, didorong oleh permintaan konsumen akan layanan pelanggan yang lebih baik, keterlibatan otomatis, dan pengalaman pelanggan yang lebih bernuansa.

Apa itu perangkat lunak CRM?

CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management (manajemen hubungan pelanggan), sejenis software yang membantu bisnis mengelola, melacak, dan mengatur hubungan dengan pelanggan. CRM dapat membantu Anda menyimpan data pelanggan seperti perilaku pengguna, berapa lama pelanggan telah bersama bisnis Anda, catatan pembelian, dan catatan tentang interaksi penjualan, yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan proses penjualan dan pemasaran serta meningkatkan layanan pelanggan di seluruh organisasi Anda .

“CRM adalah sekumpulan alat, teknologi, dan teknik yang digunakan untuk membantu profesional penjualan dan pemasaran memahami pelanggan mereka dengan lebih baik,” kata Bryan Philips, kepala pemasaran di In Motion Marketing.

Software CRM bekerja dengan melacak perilaku dan tindakan pelanggan saat ini atau calon pelanggan melalui situs web bisnis Anda, media sosial, atau kampanye pemasaran email dan kemudian memandu pelanggan melalui saluran penjualan atau pembelian dengan mengirimkan email yang dipicu atau memberi tahu perwakilan penjualan tentang minat pelanggan.

Perangkat lunak CRM digunakan untuk menyimpan, mengelola, dan mengatur data tentang hubungan bisnis Anda dengan pelanggan.

11 hal CRM dapat menguntungkan bisnis Anda

Solusi CRM dapat digunakan dengan berbagai cara dan memberikan banyak manfaat bagi bisnis Anda. Berikut adalah 11 manfaat utama yang dapat diberikan CRM.

1. Layanan pelanggan yang lebih baik

Software CRM modern memiliki banyak fungsi, tetapi perangkat lunak tersebut dibuat untuk meningkatkan hubungan bisnis-pelanggan, dan itu merupakan manfaat utamanya. CRM mengelola semua kontak dan mengumpulkan informasi pelanggan yang penting seperti demografi, catatan pembelian, dan pesan sebelumnya di semua saluran dan membuatnya mudah diakses oleh siapa pun di perusahaan Anda yang membutuhkannya.

Ini memastikan bahwa karyawan Anda memiliki semua yang perlu mereka ketahui tentang pelanggan dan dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, yang cenderung meningkatkan kepuasan pelanggan.

2. Meningkatkan penjualan

Alat CRM dapat membantu menyederhanakan proses penjualan, membangun jalur penjualan, mengotomatiskan tugas-tugas utama, dan menganalisis semua data penjualan Anda di satu tempat terpusat, yang berpotensi meningkatkan penjualan dan produktivitas.

CRM membantu menetapkan proses penjualan langkah demi langkah yang dapat diandalkan karyawan Anda setiap saat dan yang dapat Anda atur dengan mudah saat masalah muncul.

3. Meningkatkan retensi pelanggan

Setelah Anda mendapatkan dan mengubah prospek, penting untuk berusaha mempertahankan mereka sebagai pelanggan dan mempromosikan loyalitas pelanggan. Perputaran pelanggan yang tinggi dapat memiliki banyak efek negatif untuk bisnis Anda, seperti pendapatan yang berkurang atau arus kas yang terganggu.

Jadi gunakan CRM dan informasi yang diberikannya tentang pelanggan untuk mendorong bisnis. CRM akan menyediakan analisis sentimen, tiket otomatis, otomatisasi dukungan pelanggan, dan pelacakan perilaku pengguna untuk membantu menentukan masalah dan dengan cepat mengatasinya dengan pelanggan Anda.

4. Analisis terperinci

Memiliki banyak data tentang pelanggan adalah satu hal, tetapi Anda perlu tahu apa artinya dan bagaimana menggunakannya. Software CRM biasanya memiliki kemampuan analitik bawaan untuk mengontekstualisasikan data, memecahnya menjadi item yang dapat ditindaklanjuti dan metrik yang mudah dipahami. Metrik seperti rasio klik-tayang, rasio pentalan, dan informasi demografis memungkinkan Anda menilai keberhasilan kampanye pemasaran dan mengoptimalkannya.

5. Produktivitas dan efisiensi yang lebih tinggi

Software CRM menggunakan teknologi otomatisasi pemasaran, yang mempercepat tugas-tugas kasar seperti kampanye dan membebaskan waktu karyawan Anda untuk fokus pada pekerjaan yang hanya dapat ditangani oleh manusia, seperti membuat konten.

Ini juga dapat memastikan bahwa tidak ada tugas yang lolos dari celah (misalnya, semua email penting selalu dikirim ke orang yang tepat). Selain itu, CRM dapat memperlihatkan dasbor tentang bagaimana proses bisnis Anda bekerja dan di mana alur kerja dapat meningkat.

6. Basis data informasi terpusat

Hal lain yang paling baik dilakukan software CRM adalah menyediakan database terpusat dengan semua informasi tentang pelanggan, membuatnya mudah diakses oleh siapa pun di perusahaan Anda yang membutuhkannya.

Ini akan memudahkan perwakilan penjualan untuk melihat produk apa yang diminati pelanggan tertentu, misalnya. Jika pelanggan sebelumnya telah berinteraksi dengan perusahaan, CRM akan menyertakan catatan interaksi tersebut, yang dapat menginformasikan upaya pemasaran dan promosi penjualan di masa mendatang. Ini tentu saja akan menghemat waktu karyawan untuk menggali file dan catatan lama, dan ini membuat pengalaman yang lebih baik dan lebih produktif bagi pelanggan.

7. Komunikasi terkelola dengan calon prospek

Pemeliharaan prospek bisa menjadi proses yang sulit dan rumit, dengan banyak langkah dan peluang untuk berkomunikasi. CRM secara otomatis mengelola proses, mengirimkan peringatan kepada karyawan Anda kapan mereka harus menjangkau prospek dan melacak setiap interaksi, dari email hingga panggilan telepon.

“Satu keuntungan besar dari CRM adalah Anda dapat melihat perjalanan pelanggan secara holistik,” kata Michael Miller, CEO VPN Online. “Dengan setiap fase dalam desain dan setiap email yang Anda kirimkan ditinjau, Anda dapat dengan cepat mengetahui langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Ini seperti melihatnya dari tampilan atas, dan Anda dapat dengan mudah membuat keputusan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.”

8. Segmentasi pelanggan yang lebih baik

Daftar ratusan kontak bisa jadi berat dan membebani. Misalnya, bagaimana Anda tahu pelanggan mana yang ingin melihat email tentang produk dalam toko baru Anda? CRM akan secara otomatis menyegmentasikan daftar kontak berdasarkan kriteria Anda, sehingga memudahkan untuk menemukan yang ingin Anda hubungi pada waktu tertentu. Anda dapat mengurutkan kontak berdasarkan lokasi, jenis kelamin, usia, tahap pembeli, dan lainnya.

Otomatisasi sebenarnya memungkinkan pemasar untuk memiliki pemahaman yang lebih berarti tentang pelanggan dan memiliki interaksi yang lebih berharga ketika mereka berinteraksi,

9. Laporan penjualan otomatis

Tim Anda dapat dengan mudah mengumpulkan dan mengatur data tentang calon pelanggan dan pelanggan saat ini menggunakan fitur dasbor dan pelaporan software CRM, yang memungkinkan karyawan untuk mengotomatiskan dan mengelola saluran serta proses mereka. CRM juga dapat membantu anggota tim Anda mengevaluasi kinerja mereka, melacak kuota dan tujuan mereka, dan memeriksa kemajuan mereka di setiap proyek secara sekilas.

10. Peramalan penjualan yang lebih akurat

Dengan operasi bisnis apa pun, Anda harus dapat meninjau kinerja masa lalu dan merencanakan masa depan secara strategis. Dengan menggunakan laporan penjualan otomatis dalam perangkat lunak CRM, Anda dapat mengidentifikasi tren utama dan mendapatkan gambaran tentang apa yang diharapkan dari kinerja siklus penjualan di masa mendatang, sambil menyesuaikan tujuan dan metrik agar sesuai dengan proyeksi tersebut.

11. Komunikasi internal yang efisien

Selain memfasilitasi komunikasi antara bisnis Anda dan pelanggan, CRM dapat memudahkan karyawan untuk berkomunikasi satu sama lain. CRM memudahkan untuk melihat bagaimana karyawan lain berbicara dengan calon pelanggan, yang membantu tim Anda mempertahankan suara merek yang terpadu.

Ini juga memungkinkan anggota tim untuk saling mengirim catatan atau peringatan, menandai satu sama lain pada proyek, dan mengirim pesan dan email, semuanya dalam satu sistem.

Manfaat CRM mencakup peningkatan penjualan, analitik terperinci, laporan penjualan otomatis, dan retensi pelanggan yang lebih baik.

baca juga: 5 Software Akuntansi terbaik 2021

Perusahaan apa yang bisa mendapatkan keuntungan dari CRM?

Karena software CRM memberikan manfaat yang begitu luas, banyak jenis bisnis dan tim dapat memanfaatkannya.

“Tidak semua pelanggan sama, jadi nilai CRM akan membantu Anda mempertahankan pelanggan yang tepat dan menyebarkan dana pemasaran yang berharga kepada pelanggan yang akan menghasilkan nilai tertinggi selama masa pelanggan mereka,” kata Mike Catania, CEO dan salah satu pendiri Locaris. “Sulit bagi bisnis kecil untuk mengidentifikasi dan memperoleh pelanggan, jadi mengelompokkan mereka ke dalam segmen yang optimal dan suboptimal melalui CRM sangat berharga.”

Bisnis dari semua ukuran, dari freelancer tunggal hingga perusahaan tingkat perusahaan, dapat menggunakan teknologi CRM secara efektif. Bagaimanapun, fungsi utama CRM adalah organisasi, manajemen tugas terpusat, otomatisasi pemasaran, dan komunikasi, yang penting untuk kesuksesan setiap bisnis.

Tentu saja, beberapa bisnis dapat memperoleh lebih banyak dari penggunaan CRM daripada yang lain:

1. Bisnis dengan tim penjualan khusus

Jika Anda memiliki tim penjualan, CRM sangat penting untuk membantu mengelola kontak dan hubungan pelanggan Anda. CRM bahkan dapat membantu meningkatkan dan mengembangkan proses penjualan dengan menggunakan informasi pelanggan, menunjukkan tren utama dan area di mana Anda dapat meningkatkan strategi, dan mengotomatiskan tugas-tugas kasar untuk perwakilan penjualan.

2. Bisnis dengan tim pemasaran

CRM dan pemasaran berjalan seiring. Data CRM dapat membantu tim pemasaran mengidentifikasi, menangkap, memelihara, dan mengubah prospek; melacak interaksi pelanggan-penjual; pantau kampanye tetes dalam siklus penjualan, dan banyak lagi. Semua ini dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih lancar dan lebih konsisten.

3. Bisnis yang berusaha meningkatkan efisiensi

Karena CRM mengotomatiskan proses seperti organisasi kontak dan komunikasi, perangkat lunak dapat secara signifikan mempercepat proses dan tugas sehari-hari untuk seluruh tim Anda. CRM juga dapat mengurangi kesalahan dan memastikan bahwa semua komunikasi disampaikan kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat. [Siap mencari CRM?

Meskipun semua bisnis akan mendapatkan keuntungan dari penggunaan CRM, bisnis yang memiliki tim penjualan atau pemasaran atau ingin meningkatkan efisiensinya sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakannya.

Kesimpulan

  • Perangkat lunak CRM digunakan untuk mengumpulkan interaksi pelanggan di satu tempat sentral untuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan.
  • CRM adalah salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat di dunia, diharapkan tumbuh pada tingkat 14% antara tahun 2021 dan 2027.
  • Manfaat CRM mencakup retensi pelanggan yang lebih baik, peningkatan penjualan, dan analitik terperinci.
  • Artikel ini ditujukan untuk pemilik bisnis kecil dan pemasar yang ingin mempelajari tentang manfaat perangkat lunak CRM untuk bisnis kecil.

Baca juga: Software CRM Terbaik 2021

Pos terkait