Twitter Bisnis: Inilah tool yang jarang diketahui orang

  • Whatsapp
Twitter Bisnis
Twitter Bisnis

Ada banyak hal di Twitter Bisnis yang jarang diketahui orang. Dengan rencana pemasaran yang tepat, bisnis dapat menggunakan platform media sosial tersebut untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan pengenalan merek, dan meningkatkan layanan pelanggan. Tahukah anda bahwa mayoritas pengguna Twitter adalah golongan menengah ke atas?

Twitter adalah media sosial dan platform berita online tempat orang berkomunikasi dalam pesan singkat yang dibatasi hingga 280 karakter yang disebut tweet. Didirikan pada tahun 2006, Twitter sekarang menjadi salah satu platform media sosial paling populer di dunia.

Ini bisa menjadi platform yang kuat untuk digabungkan dengan pemasaran LinkedIn dan Facebook. Baik Anda baru mengenal Twitter atau ingin mulai menggunakan platform untuk meningkatkan bisnis, berikut semua yang perlu Anda ketahui Twitter.

Profil Twitter

Terdapat enam bagian pada profil Twitter Anda: nama pengguna Twitter Anda, nama pengguna, gambar profil, bio, gambar header, dan tweet yang disematkan. Semua elemen ini harus bekerja secara kohesif untuk menjadi representasi akurat dari bisnis Anda.

  • Nama pengguna Twitter Anda adalah @name Anda, yang merupakan pengenal Anda di Twitter. Nama tersebut akan secara otomatis menjadi akhiran URL halaman Twitter Anda dan nama tweeter lain yang akan digunakan untuk menandai Anda di postingan. Ini dapat berisi hingga 15 karakter dan akan membantu orang menemukan bisnis Anda dengan mudah.
  • Nama pengguna, atau nama tampilan, muncul di atas Twitter Anda di profil dan dapat mencapai 50 karakter. Ini akan menjadi nama bisnis atau merek Anda.
  • Foto profil ditampilkan di profil Anda dan di setiap tweet yang Anda posting, jadi foto tersebut harus mewakili bisnis dan merek Anda secara visual. Banyak merek menggunakan logo mereka sebagai foto profil.
  • Pada bagian biografi, dibatasi hingga 160 karakter untuk menggambarkan bisnis, informasi seperti lokasi, jam kerja dan URL situs web jika anda memilikinya.
  • Pada bagian header Anda dapat menggunakan gambar di belakang gambar profil untuk memfokuskan promosi, acara, atau berita tentang bisnis yang anda miliki. Tidak seperti gambar profil, gambar ini akan berubah secara teratur.
  • Tweet yang disematkan adalah tweet pertama yang dilihat orang ketika mereka mengunjungi profil Anda, jadi buatlah semenarik mungkin, karena ini mewakili apa yang terjadi dengan merek Anda. Seperti gambar header, Anda dapat mengubah tweet yang disematkan kapan pun Anda mau.

Profil Twitter Anda terdiri dari pegangan, nama tampilan, gambar profil dan gambar header, bio, dan tweet yang disematkan.

Terminologi Twitter

Istilah-istilah ini penting untuk diketahui saat menggunakan Twitter untuk bisnis kecil Anda.

  • @: Seperti pada situs web media sosial lainnya, Anda menggunakan simbol “at” dengan pegangan pengguna untuk menandai atau menyebut mereka.
  • # (hashtag): Sebuah hashtag, dilambangkan dengan tanda pagar, digunakan untuk mengindeks kata atau frase di Twitter. Saat Anda mengklik hashtag, Twitter secara otomatis menampilkan tweet lain dengan hashtag tersebut. Ini memudahkan orang untuk mengikuti topik dan acara tertentu.
  • Blokir (Block): Jika Anda memblokir sebuah akun di Twitter, secara otomatis mereka tidak dapat mengikuti Anda, menambahkan Anda ke daftar Twitter, atau melihat tweet Anda begitu juga sebaliknya, anda tidak akan melihat mereka.
  • Penanda (Bookmarks): Mirip dengan penanda di browser internet, tombol Penanda Twitter memungkinkan untuk menyimpan tweet sehingga Anda dengan mudah dapat menemukannya kembali. Ini sangat membantu jika Anda ingin membaca artikel atau menonton video yang ditautkan di tweet tetapi tidak memiliki waktu saat ini.
  • Pesan Langsung (Direct messages (DM)): Mungkin Anda sering mendengar orang menyebut sebuah pesan dengan “DM”. Opsi ini memungkinkan untuk mengobrol secara pribadi dengan pengguna individu. Jika salah satu pelanggan atau pengikut Anda memiliki pertanyaan, mereka dapat bertanya kepada melalui DM. Tidak ada batasan karakter pada DM, jadi anda dapat menanggapinya dengan sedetail mungkin. Namun, jika seseorang yang tidak Anda ikuti mengirimkan pesan, pesan mereka akan muncul di folder “permintaan” secara default, jadi Anda mungkin tidak langsung menyadarinya. Anda dapat mengubahnya di pengaturan.
  • Ikuti (Follow): Saat mengikuti akun, Anda secara otomatis akan berlangganan melihat tweet pengguna tersebut di timeline Anda.
  • Pengikut (Followers): Pengguna Twitter yang mengikuti Anda dapat melihat tweet yang Anda bagikan di timeline mereka.
  • Suka (Like): Anda dapat menyukai tweet dengan mengklik simbol hati di bawahnya. Anda dapat melihat semua suka di profil.
  • Daftar (List): Anda dapat membuat daftar publik dan pribadi pengguna lain yang menurut Anda menarik. Anda tidak harus mengikuti pengguna untuk memasukkan mereka ke dalam daftar. Misalnya, Anda dapat membuat daftar media atau penulis berita lokal, pesaing Anda, pemberi pengaruh di industri Anda, atau pelanggan penting.
  • Retweet: Me- retweet mirip dengan membagikan kiriman seseorang di Facebook. Jika Anda menyukai sebuah tweet dan ingin mengikutinya, Anda me-retweetnya. Kemudian, tweet tersebut muncul di timeline pengikut Anda dan profil.
  • Garis waktu (Timeline (or home timeline)): Garis waktu menampilkan tweet dan retweet orang yang Anda ikuti serta tweet yang dipromosikan.
  • Topik/tren yang sedang tren (Trending topics/trends): Ini adalah topik dan tagar yang paling banyak dibahas saat ini di Twitter. Anda dapat melihat topik yang sedang tren di sisi kiri beranda Twitter Anda di kotak “tren”. Anda dapat menyesuaikan tampilan tren untuk menunjukkan apa yang populer di lokasi Anda atau dengan orang yang Anda ikuti.

Untuk menggunakan Twitter untuk bisnis, Anda perlu mengetahui istilah umum seperti “hashtag”, “timeline”, dan “trending topics” sehingga Anda dapat menggunakan sumber wawasan ini. Anda juga perlu memahami apa artinya mengikuti, menyukai, menandai, memblokir, DM, @mention, dan me-retweet pengguna atau kiriman lain.

Baca juga: 4 jenis rekening bank bisnis yang perlu dipertimbangkan

Alat Twitter

Menjaga akun tetap teratur perlu menjadi prioritas. Dua alat (tool) pihak ketiga yang populer untuk membantu Anda melakukannya adalah TweetDeck dan Hootsuite.

  • TweetDeck, yang dimiliki oleh Twitter, gratis untuk digunakan dan memiliki antarmuka pengguna yang ramping dengan kolom yang dapat disesuaikan tempat Anda dapat mengatur daftar, pemberitahuan, dan umpan. Anda juga dapat melacak hashtag di kolom terpisah, menjadwalkan tweet terlebih dahulu (sesuatu yang tidak dapat Anda lakukan di situs web Twitter atau aplikasi seluler) dan menambahkan beberapa akun Twitter untuk mengelola beberapa pengguna sekaligus. TweetDeck dapat diakses melalui browser web.
  • Hootsuite, yang memungkinkan Anda mengelola akun media sosial selain Twitter, beroperasi mirip dengan TweetDeck, memungkinkan untuk menjadwalkan tweet, mengelola balasan, menanggapi pesan dan tweet, dan secara umum mengotomatiskan pengelolaan akun Anda. Ini bisa dibilang tidak semudah atau sesederhana TweetDeck, karena menggunakan tab untuk setiap profil yang Anda sambungkan. Hootsuite menawarkan versi gratis, atau Anda dapat menggunakan versi pro seharga $ 9,99 per bulan.

Hootsuite dan Twitter sendiri memiliki aplikasi seluler untuk digunakan di smartphone atau tablet, dan Anda dapat menambahkan beberapa akun pengguna.

Anda dapat menggunakan alat seperti Hootsuite dan TweetDeck untuk mengelola akun Twitter Anda melalui dasbor terpusat dengan beberapa kemampuan otomatisasi.

Cara mengatur akun Twitter bisnis

Twitter dan platform media sosial lainnya sering menyesuaikan proses penyiapannya, sehingga langkah-langkah ini dapat berubah di masa mendatang, tetapi mulai Februari 2021, berikut adalah langkah-langkah untuk menyiapkan akun Twitter untuk penggunaan bisnis:

1. Buat sebuah akun

Kunjungi beranda Twitter dan klik “Daftar.” Anda akan diminta untuk membuat nama pengguna dan nama pengguna Twitter, memberikan email bisnis dan nomor telepon, dan memberikan tanggal lahir untuk mengonfirmasi bahwa Anda memenuhi persyaratan usia untuk menggunakan layanan (tanggal lahir Anda bukan informasi yang tersedia untuk umum). Pastikan untuk memilih nama akun Twitter yang secara jelas mewakili bisnis Anda, tetapi dapat menyesuaikannya nanti jika diperlukan.

2. Verifikasi akun anda

Setelah menyelesaikan langkah pertama, Twitter akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon yang Anda berikan. Masukkan kode tersebut di tempat yang tersedia dan klik “berikutnya”.

3. Buat kata sandi

Seperti saat mendaftar akun online lainnya, pastikan kata sandi ini sulit ditebak dan tidak digunakan untuk akun Anda yang lain. Gunakan kombinasi huruf, angka dan karakter khusus untuk membuatnya unik dan kompleks.

4. Lengkapi profil Anda

Setelah menyelesaikan pengaturan dasar, Anda akan diminta untuk mengisi profil. Anda akan membutuhkan komponen ini untuk profil Twitter bisnis yang lengkap, seperti:

a. Unggah gambar profil

Biasanya ini adalah logo perusahaan atau jika Anda membuat akun pribadi untuk digunakan untuk tujuan bisnis, foto profesional diri. Unggah gambar (kira-kira 400 kali 400 piksel) dan sesuaikan jika perlu.

b. Tulis biografi

Jelaskan bisnis Anda secara ringkas dalam ruang 160 karakter ini. Masukkan satu atau dua hashtag yang penting untuk bisnis Anda.

c. Pilih minat Anda

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih beberapa bidang minat sehingga Twitter dapat merekomendasikan pengguna yang berpikiran sama untuk Anda ikuti. Anda dapat melewati tahap ini, tetapi akan membantu jika Anda memilih bidang minat yang terkait dengan bisnis Anda. Misalnya, jika Anda membuka akun bisnis Twitter untuk perusahaan renovasi rumah, mungkin ingin memilih “perbaikan rumah” atau “desain interior” sebagai kategori minat.

d. Pilih pengguna untuk diikuti dari saran

Anda kemudian akan menerima daftar akun populer yang direkomendasikan Twitter untuk diikuti. Lewati langkah ini jika sudah mengetahui akun mana yang ingin Anda ikuti. Jika Anda benar-benar mengambil beberapa saran Twitter, pilih hanya profil yang direkomendasikan yang terkait dengan bisnis Anda, daripada orang yang secara pribadi tertarik untuk diikuti yang tidak relevan dengan merek atau industri Anda.

e. Beri tahu Twitter jika Anda ingin menerima pemberitahuan

Nyalakan notifikasi untuk saat ini, karena ini adalah cara terbaik bagi Anda untuk bertindak dan menanggapi orang lain dengan cepat seiring dengan bertambahnya kehadiran Anda di Twitter.

f. Unggah foto sampul Anda dan informasi bisnis lainnya

Anda memiliki beberapa item lagi untuk disediakan sebelum profil Anda selesai.

  • Buat foto sampul. Unggah gambar atau grafik khusus yang mewakili bisnis Anda. Ini bisa berupa foto atau ilustrasi asli, slogan Anda, atau citra bermerek lainnya. Dimensi yang disarankan untuk grafik ini adalah 1500 kali 500 piksel.
  • Tambahkan lokasi dan situs web Anda. Pilih “edit profil” pada halaman profil utama Anda untuk memberikan informasi ini. Untuk bidang lokasi, jika perusahaan Anda memiliki beberapa cabang, pilih lokasi kantor pusat.

Anda dapat membuat profil bisnis di Twitter dalam beberapa langkah sederhana. Anda hanya perlu memberikan informasi dasar bisnis dan menambahkan beberapa kepribadian dan detail ke profil merek Anda.

Baca juga: Cara membuka Rekening Bank Bisnis

Cara memanfaatkan Twitter untuk bisnis Anda

Media sosial memiliki nilai untuk bisnis dalam berbagai ukuran. Ini mencakup banyak demografi dan menyebarkan pesan perusahaan Anda. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus mempertimbangkan dengan cermat bagaimana Twitter akan sesuai dengan rencana pemasaran media sosial Anda secara keseluruhan .

Berikut beberapa ide tentang cara menggunakan Twitter untuk bisnis Anda .

1. Gunakan hashtag.

Hashtag adalah kata atau frasa pengidentifikasi yang dapat dicari yang mengelompokkan ratusan (atau ribuan) tweet. Ini adalah cara bagus untuk meningkatkan visibilitas konten di luar pengikut Anda sendiri. Ada banyak hashtag populer yang sudah dikenal oleh sebagian besar pengguna Twitter aktif, seperti #FollowFriday dan #ThrowbackThursday.

Banyak merek menggunakan topik yang sedang tren untuk berkontribusi dalam percakapan atau menjual produk mereka. Anda juga dapat membuat hashtag sendiri untuk menarik perhatian ke merek atau acara yang Anda adakan.

Gunakan hanya hashtag yang relevan dengan konten Anda. Misalnya, jika Anda men-tweet tentang memulai bisnis, gunakan hashtag #entrepreneurship. Anda juga harus membatasi berapa banyak hashtag yang perlu gunakan. Semakin banyak Anda menggunakannya, semakin kecil kemungkinan orang berinteraksi dengan konten Anda, karena mereka akan menemukan posting Anda seperti spam.

Lihat juga kotak tren setiap hari. Terletak di sisi kiri timeline jika Anda menggunakan desktop atau di tab pencarian di aplikasi Twitter, kotak trending dapat memberikan inspirasi tentang apa yang akan dibagikan dengan pengikut Anda. Sekali lagi, pastikan itu relevan dengan merek Anda dan Anda menggunakan frasa atau hashtag yang sedang tren di tweet.

2. Tangani masalah melalui pesan langsung

Pesan langsung telah berkembang selama bertahun-tahun, terutama untuk merek. Ini adalah platform utama untuk memecahkan masalah pelanggan dan menangani masalah mereka, cara Anda berinteraksi dengan mereka sangatlah penting.

Sangat cerdas untuk menangani keluhan dan masalah pelanggan individu melalui DM karena beberapa alasan. Untuk satu hal, Anda tidak ingin pengguna lain melihat masalah dan kurang memikirkan perusahaan Anda. Selain itu, tidak ada batasan karakter pada DM, yang memberikan kebebasan untuk membantu pelanggan dengan benar.

Secara default, hanya pengguna yang Anda ikuti yang dapat mengirimi DM. Anda dapat mengatur akun Twitter untuk menerima pesan dari siapa pun, sehingga memudahkan semua pelanggan untuk menghubungi. Cukup buka Pengaturan Privasi dan aktifkan “terima pesan langsung dari siapa pun”.

3. Gunakan foto, GIF, dan polling

Twitter memungkinkan untuk menambahkan hingga empat foto ke sebuah kiriman. Anda dapat membuat grafik untuk ditambahkan ke tweet. Bukan ahli Photoshop? Ada banyak alat online yang dapat membantu untuk membuat gambar yang Anda butuhkan.

Menggunakan foto dan GIF di tweet adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan pengikut. Twitter memiliki papan ketik GIF bawaan; Anda cukup mencari kata kunci dan memilih klip yang paling sesuai.

Terlibat dengan pengikut di Twitter sangat penting untuk membuat konsumen tetap tertarik dengan merek Anda. Salah satu cara yang menyenangkan untuk melibatkan pengikut adalah dengan membuat jajak pendapat dengan langkah-langkah sederhana ini:

  • Klik kotak “tulis” di bagian atas timeline beranda.
  • Klik ikon “tambahkan polling” yang terlihat seperti grafik horizontal.
  • Ketik pertanyaan di kotak utama “tulis”.
  • Masukkan opsi tanggapan polling pertama ke dalam Pilihan 1 dan opsi kedua ke Pilihan 2. Anda dapat mendaftar hingga empat opsi jawaban dalam polling; setiap opsi bisa sampai 25 karakter.

Jajak pendapat tetap aktif selama 24 jam secara default, tetapi Anda dapat mempersingkat jangka waktu tersebut jika menginginkannya.

4. Lakukan live tweet

Tweet langsung adalah cara potensial untuk mendapatkan topik yang sedang tren di Twitter. Pada dasarnya, tweet langsung adalah ketika pengguna men-tweet reaksi mereka terhadap suatu peristiwa saat itu terjadi, baik itu hiburan atau berita terbaru.

Tweet langsung paling sering terjadi dengan acara TV dan acara televisi. Tidak jarang selama acara seperti ini melihat kotak tren diisi dengan topik terkait. Misalnya, selama Oscar, Anda mungkin melihat hastag acara penghargaan resmi tercantum bersama dengan nama selebritas dan film yang baru saja memenangkan penghargaan utama.

Jika Anda mengadakan acara dan ingin peserta men-tweet langsung tentang acara tersebut, sebaiknya buat hashtag sendiri untuk acara tersebut dan bagikan dengan peserta sehingga mereka dapat menyebarkan dan mengikutinya.

Saat Anda melakukan tweet langsung atau menggunakan beberapa tweet untuk topik yang sama, buat mereka menanggapi tweet asli. Ini memudahkan pengguna untuk mengikuti seluruh percakapan.

5. Selenggarakan dan berpartisipasi dalam obrolan Twitter

Cara lain untuk melibatkan pengikut atau mendapatkan topik yang sedang tren adalah dengan mengadakan obrolan Twitter tentang topik yang relevan dengan merek atau keahlian Anda. Obrolan Twitter itu mudah, tetapi membutuhkan basis pengikut yang relatif besar dan aktif agar berhasil.

Obrolan Twitter terjadi ketika beberapa pengguna Twitter mendiskusikan topik tertentu secara bersamaan menggunakan hashtag bersama.

Biasanya, satu pengguna Twitter mengadakan obrolan pada waktu tertentu, dengan pertanyaan dan poin diskusi yang telah disiapkan. Penyelenggara akan men-tweet pertanyaan, sering kali diberi label “Q1” (atau nomor berapa pun pertanyaannya), dan peserta akan menjawab dengan “A1” dan pemikiran mereka.

Obrolan Twitter biasanya berlangsung sekitar satu jam. Itu adalah cara yang bagus untuk menunjukkan seberapa aktif Anda di media sosial dan untuk melibatkan pengikut Anda.

6. Berinteraksi dengan influencer dan pelanggan.

Sangat penting untuk berinteraksi dengan orang yang tepat di Twitter. Selalu cerdas untuk terlibat dengan pelanggan untuk membuat mereka senang dan dengan pelanggan potensial untuk membantu mereka mempelajari bisnis Anda. Mungkin Anda juga ingin fokus pada orang lain, seperti jurnalis atau influencer yang spesialisasinya relevan dengan merek Anda, dan cara mudah untuk melakukannya adalah dengan daftar Twitter.

7. Beriklan di Twitter

Twitter gratis untuk digunakan, tetapi jika Anda ingin membayar untuk mempromosikan akun di platform, Anda memiliki banyak opsi periklanan.

a. Tweet Promosi

Iklan ini terlihat seperti tweet biasa, kecuali jika diberi label “dipromosikan” di bagian bawah, dan muncul di feed Twitter reguler dari pengguna yang mungkin belum mengikuti Anda. Tweet Promosi adalah cara untuk meningkatkan keterlibatan dan memperluas jangkauan ke kelompok pengguna yang lebih luas di luar basis pengikut Anda.

b. Akun yang Dipromosikan

Akun yang Dipromosikan dirancang untuk membantu merek menjadi lebih mudah ditemukan dan menumbuhkan jumlah pengikut mereka. Iklan ini ditampilkan di beberapa lokasi di Twitter, termasuk di kotak “siapa yang harus diikuti” di beranda pengguna, di beranda Twitter feed, dan di hasil pencarian.

Iklan Akun Promosi menargetkan pengguna Twitter yang minatnya relevan dengan merek Anda, sehingga Anda dapat memperoleh pengikut yang secara aktif terlibat dengan konten Anda. Semua iklan diberi label “dipromosikan” seperti Tweet Promosi sehingga pengguna dapat membedakannya dari konten lain di feed mereka.

c. Tren Promosi

Tren Promosi muncul di bagian atas daftar topik tren di kotak tren di Twitter. Mereka juga secara jelas diberi label sebagai “dipromosikan”, tetapi sebaliknya, iklan ini terlihat persis seperti topik ngetren lainnya, dan pengguna dapat berinteraksi dengannya dengan cara yang sama.

Sementara Tweet Promosi dan Akun Promosi menargetkan pengguna tertentu, Tren Promosi dapat dilihat oleh semua pengguna selama periode promosi mereka, termasuk di aplikasi seluler Twitter. Tren Promosi adalah cara yang baik untuk membuat orang membicarakan bisnis Anda dengan hashtag tertentu.

Selain opsi ini, Twitter memiliki sejumlah tool pemasaran untuk membantu Anda meningkatkan kampanye, yaitu sebagai berikut:

a. Twitter Amplify

Amplify memungkinkan Anda berbagi konten televisi waktu nyata (misalnya, video sorotan olahraga) yang dapat diintegrasikan dengan merek atau sponsor. Ini dapat membantu menjangkau pengguna selain pengikut Anda saat ini dengan mengirimkan konten ke audiens yang ditargetkan.

b. Promoted Video

Sementara Amplify memberi Anda kemampuan untuk berbagi video dari program TV dan siaran lainnya, Promoted Video membuka kemungkinan lebih jauh, memungkinkan untuk menggunakan semua jenis video dan dengan demikian menjadi lebih kreatif dengan kampanye Anda. Tidak seperti video YouTube yang disematkan, konten Video yang Dipromosikan dihosting langsung oleh Twitter dan hanya tersedia sebagai alat pemasaran berbayar.

c. Promosi aplikasi seluler (Mobile app promotion):

Jika merek Anda telah meluncurkan aplikasi, baik itu landasan bisnis atau alat pelengkap untuk layanan, inilah alat untuk Anda. Opsi ini memungkinkan untuk menargetkan pemirsa yang Anda inginkan pada perangkat seluler untuk mendorong unduhan aplikasi. Anda dapat membuat gambar kustom dan deskripsi aplikasi untuk iklan dan menargetkan pengguna berdasarkan lokasi, jenis kelamin, bahasa, dan platform seluler.

Misalnya, jika aplikasi Anda hanya tersedia di perangkat iOS, Anda dapat menargetkan pengguna yang mengakses Twitter dari perangkat tersebut. Tool tersebut juga menampilkan sistem pengukuran unik yang menunjukkan kepada Anda bagaimana kampanye memengaruhi penginstalan, pembelian, dan pendaftaran aplikasi.

Untuk meningkatkan peluang sukses Anda di Twitter, pertimbangkan untuk menggunakan dan membuat tagar, membagikan GIF dan gambar lainnya, membuat jajak pendapat, menangani masalah pelanggan secara pribadi melalui DM, dan mungkin bahkan membayar iklan untuk meningkatkan jangkauan Anda.

Akun terverifikasi di Twitter

Tanda centang biru di samping nama tampilan pengguna menunjukkan bahwa akun tersebut terverifikasi. Ini berarti bahwa jejaring sosial tersebut menganggap pengguna sebagai merek terkemuka atau individu yang berpengaruh, dan menegaskan bahwa pengguna tersebut adalah yang mereka katakan.

Menurut situs tersebut, sebuah akun dapat diverifikasi jika Twitter menetapkannya sebagai kepentingan publik. Biasanya, ini termasuk akun tokoh masyarakat dalam musik, akting, mode, pemerintahan, politik, agama, jurnalisme, media, olahraga, bisnis, dan bidang minat populer lainnya.

Seorang pengguna Twitter terverifikasi dapat kehilangan status terverifikasi mereka jika mereka mengubah pegangan atau melindungi tweet mereka, yaitu, membuat tweet mereka hanya terlihat oleh pengikut mereka. Dalam hal ini, Twitter akan secara otomatis meninjau akun pengguna untuk memastikannya masih memenuhi syarat untuk verifikasi. Pertimbangkan ini jika Anda memutuskan untuk mengubah merek.

Pada November 2017, Twitter menangguhkan proses verifikasinya. Banyak pengguna mengkritik platform media sosial tersebut karena memverifikasi akun orang-orang yang kontroversial. Namun, pada Desember 2020, Twitter mengumumkan bahwa mereka mengembalikan proses verifikasi.

Tanda centang biru memverifikasi kepada pengguna Twitter bahwa sebuah akun adalah profil asli dari merek atau figur publik yang berpengaruh. Setelah dihentikan pada 2017, program verifikasinya kembali pada 2021.

Baca juga: Panduan Asuransi Kesehatan Bisnis Kecil

Tip dan trik Twitter

Selain mengikuti praktik dan teknik terbaik yang dijelaskan di atas, Anda harus mematuhi aturan umum ini untuk memaksimalkan kesuksesan Anda di Twitter.

1. Jangan membeli pengikut

Anda dapat membeli dari layanan tertentu untuk menambah jumlah pengikut. Meskipun mungkin tergoda untuk membuatnya terlihat memiliki lebih banyak pengikut daripada yang sebenarnya, itu hanya semu. Pengikut yang Anda dapatkan tidak nyata dan tidak akan berinteraksi dengan merek Anda, sehingga mereka tidak menambah nilai, bahkan membuat Anda justru terlihat buruk jika ketahuan.

2. Gunakan perangkat seluler

Aplikasi seluler Twitter terintegrasi dengan sangat baik dengan platform web, sehingga transisi dari men-tweet di komputer Anda ke men-tweet dari ponsel cerdas atau tablet.

3. Sematkan tweet di blog Anda

Jika memiliki blog atau website aktif, Anda dapat menyematkan tweet ke dalamnya untuk menampilkan konten yang Anda bagikan atau komentar dari pengikut setia Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk memasukkan akun media sosial ke situs web.

Untuk menyematkan tweet, buka tweet yang ingin Anda bagikan dan klik tab “lainnya” di sudut kanan atas. Menu dropdown akan muncul; pilih “sematkan tweet,” dan ini akan membawa Anda ke halaman baru dengan kode HTML yang sesuai. Dari sana, cukup salin dan tempel kode di tempat yang Anda inginkan.

Manfaatkan akun bisnis Twitter dengan memasukkan tweet ke dalam situs web atau blog Anda, tweet saat dalam perjalanan dari aplikasi seluler, dan membangun basis pengikut yang autentik dari waktu ke waktu.

Pos terkait