Peluang Bisnis: Definisi dan penjelasan lengkap

Diposting pada 169 views

Dalam istilah yang paling sederhana, peluang bisnis adalah investasi bisnis kemasan yang memungkinkan pembeli untuk memulai sebuah bisnis. Secara teknis, semua waralaba adalah peluang bisnis, tetapi tidak semua Business Opportunity adalah waralaba. Namun, tidak seperti waralaba, penjual peluang bisnis biasanya tidak mengendalikan operasi bisnis pembeli. Faktanya, di sebagian besar program peluang bisnis, tidak ada hubungan berkelanjutan antara penjual dan pembeli setelah penjualan dilakukan.

Dilansir dari Wikipedia – Sebuah peluang bisnis akan melibatkan penjualan atau sewa dari setiap produk, layanan, peralatan, dll yang akan memungkinkan pembeli-lisensi untuk memulai sebuah bisnis. Pemberi lisensi atau penjual Business Opportunity biasanya menyatakan bahwa hal itu akan mengamankan atau membantu pembeli dalam menemukan lokasi yang sesuai atau memberikan produk kepada pembeli-pemegang lisensi. Ini berbeda dengan penjualan bisnis mandiri, di mana tidak ada hubungan lanjutan yang disyaratkan oleh penjual.

Eckhardt dan Shane (2003) berpendapat bahwa ketika menempuh jalur kewirausahaan, salah satu indikator terpenting untuk berwirausaha di masa depan adalah keterampilan menemukan peluang bisnis. Hal ini dipandang sebagai penyangga di mana janji usaha kewirausahaan akan dibangun.

Shane dan Venkataraman menyatakan bahwa individu harus memiliki pengetahuan sebelumnya dan properti kognitif yang diperlukan untuk menghargai pengetahuan tersebut guna mengidentifikasi peluang baru. Ini biasanya memungkinkan pemicu peluang yang kemudian dapat bergerak maju ke pelingkupan dan validasi.

Napoleon Hill memberikan nasihat tentang pencapaian yang diperlukan untuk sukses dan dalam jangkauan siapa pun; “Titik awal dari semua pencapaian adalah keinginan. Ingatlah ini terus-menerus. Keinginan yang lemah membawa hasil yang lemah, seperti api yang sedikit menghasilkan sedikit panas.” dan Winston Churchill menyarankan hal serupa dengan sepotong inspirasi; “Sikap adalah hal kecil yang membuat perbedaan besar.”

Baca juga: Peluang Bisnis Online 2021

Peluang Bisnis

Peluang Bisnis sulit didefinisikan

Meskipun peluang bisnis menawarkan lebih sedikit dukungan daripada waralaba, ini bisa menjadi keuntungan jika Anda berkembang dengan kebebasan. Biasanya, Anda tidak diwajibkan untuk mengikuti spesifikasi ketat dan program terperinci yang harus diikuti oleh pewaralaba.

Dengan sebagian besar peluang bisnis, Anda cukup membeli satu set peralatan atau bahan, dan kemudian Anda dapat menjalankan bisnis dengan cara apa pun dan dengan nama apa pun yang Anda inginkan. Tidak ada royalti yang berkelanjutan dalam banyak kasus, dan tidak ada hak merek dagang yang dijual.

Peluang bisnis sulit untuk didefinisikan, karena istilah tersebut memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda. Di California, misalnya, bisnis kecil untuk dijual, baik toko minuman keras, toko makanan, operasi dry-cleaning, dan sebagainya, semuanya disebut Business Opportunity, dan individu yang menangani pembelian dan penjualan harus memegang lisensi real estat.

Membuat masalah menjadi lebih rumit, 23 negara bagian telah mengeluarkan undang-undang yang menjelaskan peluang bisnis dan mengatur penjualan mereka. Seringkali undang-undang ini disusun secara komprehensif sehingga menyertakan waralaba juga. Meskipun tidak setiap negara bagian dengan undang-undang Business Opportunity mendefinisikan istilah tersebut dengan cara yang sama, kebanyakan dari mereka menggunakan kriteria umum berikut:

  • Peluang bisnis melibatkan penjualan atau penyewaan produk, layanan, peralatan, dan sebagainya yang memungkinkan pembeli-pemegang lisensi untuk memulai bisnis.
  • Pemberi lisensi atau penjual Business Opportunity menyatakan bahwa hal itu akan mengamankan atau membantu pembeli dalam menemukan lokasi yang sesuai atau memberikan produk kepada pembeli-penerima lisensi.
  • Penjual lisensi menjamin pendapatan yang lebih besar atau sama dengan harga yang dibayarkan pembeli-penerima lisensi untuk produk ketika dijual kembali dan bahwa ada pasar yang hadir untuk produk atau layanan tersebut.
  • Biaya awal yang dibayarkan kepada penjual untuk memulai peluang bisnis harus lebih dari $ 500.
  • Penjual lisensi berjanji untuk membeli kembali produk apa pun yang dibeli oleh pembeli lisensi jika tidak dapat dijual kepada calon pelanggan bisnis.
  • Produk atau layanan apa pun yang dikembangkan oleh penjual-pemberi lisensi akan dibeli oleh pembeli-penerima lisensi.
  • Penjual lisensi dari peluang usaha akan menyediakan program penjualan atau pemasaran bagi pembeli penerima lisensi yang berkali-kali akan memasukkan penggunaan nama dagang atau merek dagang.

Ini adalah jenis usaha peluang bisnis yang paling umum:

Distribusi

Kedistributoran melibatkan pembuatan perjanjian untuk menawarkan dan menjual produk lain, tanpa berhak menggunakan nama dagang pabrikan sebagai bagian dari nama dagang agen. Bergantung pada perjanjian, banyak distributor dibatasi untuk hanya menjual barang perusahaan itu atau mungkin memiliki kebebasan untuk memasarkan beberapa lini produk atau layanan yang berbeda dari berbagai perusahaan.

Rak Pekerjaan

Ini melibatkan penjualan produk perusahaan lain melalui sistem distribusi rak di berbagai toko yang dilayani oleh pekerja rak. Dalam peluang bisnis rack-jobbing yang khas, agen atau pembeli membuat perjanjian dengan perusahaan induk untuk memasarkan barang mereka ke berbagai toko melalui rak toko yang berlokasi strategis.

Berdasarkan perjanjian tersebut, perusahaan induk memperoleh sejumlah lokasi tempat menempatkan rak secara konsinyasi. Terserah agen untuk menjaga inventaris, memindahkan barang dagangan untuk menarik pelanggan, dan melakukan pembukuan. Agen memberi manajer toko salinan lembar kontrol inventaris, yang menunjukkan berapa banyak barang dagangan yang dijual, dan kemudian distributor dibayar oleh toko atau lokasi yang memiliki rak, dikurangi komisi toko.

Rute Mesin Penjual

Ini sangat mirip dengan pekerjaan rak. Investasi biasanya lebih besar untuk jenis usaha peluang bisnis ini karena pelaku usaha harus membeli mesin serta barang dagangan yang dijual di dalamnya, tetapi di sini situasinya terbalik dalam hal prosedur pembayaran. Operator mesin penjual otomatis biasanya membayar pemilik lokasi persentase berdasarkan penjualan.

Rahasia kesuksesan sebuah rute adalah mendapatkan lokasi di area dengan lalu lintas tinggi dan sedekat mungkin satu sama lain. Jika lokasi Anda tersebar berjauhan, Anda membuang waktu dan biaya perjalanan untuk memperbaikinya, dan pengeluaran semacam itu dapat menyebabkan perbedaan antara untung dan rugi.

Baca juga: Peluang Bisnis Kecil Terbaik 2021

Konsep

Jenis peluang bisnis yang umum melibatkan perusahaan yang menjual mesin penjual otomatis dan berjanji untuk mengamankan lokasi yang cocok untuk mesin tersebut. Pembeli mengandalkan perusahaan untuk menemukan lokasi di mana penjualan akan cukup tinggi untuk memungkinkan dia menutup pengeluarannya dan mendapatkan keuntungan.

Karena banyaknya kasus penipuan biz-op di mana perusahaan tidak menepati janjinya, atau di mana keuntungan jauh lebih sedikit daripada yang diyakini investor oleh perusahaan, pemerintah secara ketat mengatur operasi ini.

Di Amerika Serikat, Federal Trade Commission menerima keluhan dan membantu mengoordinasikan tindakan penegakan hukum terhadap peluang bisnis yang curang.

4 Elemen Peluang Bisnis

Peluang bisnis terdiri dari empat elemen yang kesemuanya harus hadir paling sering dalam domain atau lokasi geografis yang sama, sebelum dapat diklaim sebagai Business Opportunity. Keempat elemen tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Sebuah kebutuhan
  2. Sarana untuk memenuhi kebutuhan
  3. Suatu metode untuk menerapkan sarana untuk memenuhi kebutuhan dan;
  4. Sebuah metode untuk mendapatkan keuntungan

Dengan salah satu elemen yang hilang, peluang bisnis dapat dikembangkan, dengan menemukan elemen yang hilang. Karakteristik yang diinginkan adalah kombinasi elemen menjadi unik. Semakin banyak kontrol yang dimiliki lembaga (atau individu) atas elemen-elemen tersebut, semakin baik mereka diposisikan untuk memanfaatkan peluang dan menjadi pemimpin pasar khusus.