Hari ini 14 Maret 1879 Albert Einstein Lahir

  • Whatsapp
Albert Einstein Lahir

Hari ini tanggal 14 Maret 1879 Albert Einstein lahir, ia seorang putra seorang insinyur listrik Yahudi di Ulm, Jerman. Siapa yang tidak kenal dengan ilmuwan hebat dunia yang satu ini, Teori relativitas khusus dan umum Einstein secara drastis mengubah pandangan manusia tentang alam semesta, dan karyanya dalam teori partikel dan energi membantu memungkinkan terjadinya mekanika kuantum dan, pada akhirnya, bom atom.

Einstein menghabiskan masa kanak-kanaknya di Jerman dan Italia, selanjutnya Einstein belajar fisika dan matematika di Akademi Politeknik Federal di Zurich, Swiss. Ia resmi menjadi warga negara Swiss dan pada tahun 1905 dan dianugerahi gelar Ph.D. dari Universitas Zurich saat bekerja di kantor paten Swiss di Bern. Tahun itu, sejarawan mengatakan bahwa karier Einstein disebut annus mirabilis “tahun keajaiban” karena dia menerbitkan lima makalah teoretis yang akan memiliki efek mendalam pada perkembangan fisika modern.

Albert Einstein Lahir

Penelitian dan Teori Albert Einstein

Seorang ilmuwan besar ini berhasil membuat karya dan penelitian yang mengagumkan dunia, terutama dalam ilmu Fisik. Karya-karyanya tersebut antara lain sebagai berikut:

1. On a Heuristic Viewpoint Concerning the Production and Transformation of Light

Karyanya yang pertama, berjudul “On a Heuristic Viewpoint Concerning the Production and Transformation of Light” (Pada Sudut Pandang Heuristik Mengenai Produksi dan Transformasi Cahaya). Dalam makalahnya tersebut Einstein berteori bahwa cahaya terdiri dari kuanta individu (foton) yang menunjukkan sifat seperti partikel sementara secara kolektif berperilaku seperti gelombang.

Hipotesis, sebuah langkah penting dalam pengembangan teori kuantum, diperoleh melalui pemeriksaan Einstein tentang efek fotolistrik, sebuah fenomena di mana beberapa padatan memancarkan partikel bermuatan listrik saat disambar cahaya. Karya ini kemudian memberinya Hadiah Nobel Fisika tahun 1921.

2. Metode baru untuk menghitung dan menentukan ukuran atom dan molekul di ruang tertentu

Dalam makalah keduanya, ia menemukan metode baru untuk menghitung dan menentukan ukuran atom dan molekul di ruang tertentu.

3. Penjelasan matematis pergerakan tak menentu konstan dari partikel tersuspensi dalam fluida

Dalam makalah ketiga Albert Einstein menawarkan penjelasan matematis untuk pergerakan tak menentu konstan dari partikel tersuspensi dalam fluida, yang dikenal sebagai Brownian. gerakan. Kedua makalah ini memberikan bukti tak terbantahkan tentang keberadaan atom, yang pada saat itu masih diperdebatkan oleh beberapa ilmuwan.

4. Teori relativitas khusus

Karya ilmiah Albert Einstein inovatif keempat Einstein tahun 1905 membahas apa yang dia sebut teori relativitas khusus. Dalam relativitas khusus, ruang dan waktu tidak mutlak, tetapi relatif terhadap gerak pengamat. Dengan demikian, dua pengamat yang melakukan perjalanan dengan kecepatan tinggi dalam kaitannya dengan satu sama lain belum tentu mengamati peristiwa simultan dalam waktu pada saat yang sama, juga tidak perlu sepakat dalam pengukuran ruang mereka.

Dalam teori Einstein, kecepatan cahaya yang merupakan kecepatan pembatas dari setiap benda bermassa, adalah konstan di semua kerangka acuan.

5. Massa dan energi adalah setara dan dapat dihitung dengan persamaan, E = mc2

Dalam makalah kelimanya pada tahun itu juga, eksplorasi matematika relativitas khusus, Einstein mengumumkan bahwa massa dan energi adalah setara dan dapat dihitung dengan persamaan, E = mc2.

Pada saat itu, publik tidak dapat segera menerima sains revolusionernya, Einstein disambut ke dalam lingkaran fisikawan paling terkemuka di Eropa dan diberi gelar profesor di Zurich, Praha, dan Berlin. Pada tahun 1916, ia menerbitkan “Landasan Teori Umum Relativitas,” yang menyatakan bahwa gravitasi, serta gerak, dapat mempengaruhi interval waktu dan ruang.

Menurut Einstein, gravitasi bukanlah gaya, seperti yang diteorikan Isaac Newton, tetapi bidang melengkung dalam kontinum ruang dan waktu, diciptakan oleh kehadiran massa. Oleh karena itu, obyek bermassa gravitasi sangat besar, seperti matahari, akan tampak melengkung ruang dan waktu di sekitarnya, yang dapat dibuktikan dengan mengamati cahaya bintang saat mengitari matahari dalam perjalanan ke bumi.

Pada tahun 1919, para astronom yang mempelajari gerhana matahari memverifikasi prediksi yang dibuat Einstein dalam teori relativitas umum, dan ia menjadi selebriti dalam semalam. Kemudian, prediksi relativitas umum lainnya, seperti pergeseran orbit planet Merkurius dan kemungkinan keberadaan lubang hitam, dikonfirmasi oleh para ilmuwan.

Selama dekade berikutnya, Einstein terus memberikan kontribusinya pada teori kuantum dan mulai mengerjakan teori medan terpadu, yang ia harap akan mencakup mekanika kuantum dan teori relativitasnya sendiri sebagai penjelasan besar tentang cara kerja alam semesta.

Sebagai publik figur yang terkenal di dunia, ia menjadi semakin politis, mengangkat perjuangan Zionisme dan berbicara menentang militerisme dan persenjataan kembali. Namun begitu, di negara asalnya (Jerman) Albert Einstein merupakan sosok yang tidak terkenal. Setelah pemimpin Nazi Adolf Hitler menjadi kanselir Jerman pada tahun 1933 Einstein melepaskan kewarganegaraan Jermannya dan meninggalkan negara tersebut.

Dia kemudian menetap di Amerika Serikat, di mana dia menerima jabatan di Institute for Advanced Study di Princeton, New Jersey. Dan Albert Einstein menetap di Amerika Serikat selama sisa hidupnya, mengerjakan teori lapangan terpadu dan bersantai dengan berlayar di danau setempat atau memainkan biolanya. Ia menjadi warga negara Amerika pada tahun 1940.

Pada tahun 1939, terlepas dari keyakinan pasifis seumur hidupnya, dia setuju untuk menulis kepada Presiden Franklin D. Roosevelt atas nama sekelompok ilmuwan yang prihatin dengan kelambanan Amerika di bidang penelitian senjata atom.

Seperti ilmuwan lainnya, dia takut hanya dimiliki Jerman atas senjata semacam itu. Dia tidak memainkan peran, bagaimanapun, dalam Proyek Manhattan berikutnya dan kemudian menyesalkan penggunaan bom atom terhadap Jepang. Setelah perang, dia menyerukan pembentukan pemerintahan dunia yang akan mengendalikan teknologi nuklir dan mencegah konflik bersenjata di masa depan.

Pada tahun 1950, dia menerbitkan teori medan terpadu, yang diam-diam dikritik sebagai kegagalan. Penjelasan terpadu tentang gravitasi, fenomena subatomik, dan elektromagnetisme masih sulit dipahami hingga saat ini. Albert Einstein, merupakan salah satu pemikir paling kreatif dalam sejarah manusia, dan meninggal dunia di Princeton pada tahun 1955.

Pos terkait