23 Maret 1919 Benito Mussolini mendirikan Partai Fasis

  • Whatsapp
Benito Mussolini

Hari ini 23 Maret tahun 1919 Benito Mussolini seorang veteran Perang Dunia I Italia dan penerbit surat kabar Sosialis, memutuskan hubungan dengan Sosialis Italia dan mendirikan Fasci di Combattimento nasionalis, dinamai menurut kaum revolusioner petani Italia, atau “Fighting Bands,” dari abad ke-19. Umumnya dikenal sebagai Partai Fasis, organisasi sayap kanan Mussolini yang baru mengadvokasi nasionalisme Italia, mengenakan seragam kemeja hitam, dan meluncurkan program terorisme dan intimidasi terhadap lawan-lawannya.

Baca juga: Ciri paham fasisme

Pada bulan Oktober 1922, Mussolini memimpin pawai Fasis ke Roma, dan Raja Emmanuel III, yang memiliki sedikit kepercayaan pada pemerintahan parlementer Italia, meminta Mussolini untuk membentuk pemerintahan baru. Awalnya, Mussolini, yang diangkat sebagai perdana menteri di kepala kabinet Fasis beranggotakan tiga orang, bekerja sama dengan parlemen Italia, tetapi dibantu oleh organisasi polisi yang brutal, ia segera menjadi diktator Italia yang efektif.

Pada tahun 1924, reaksi sosialis ditekan, dan pada bulan Januari 1925 sebuah negara fasis secara resmi diproklamasikan, dengan Mussolini sebagai Il Duce, atau “Pemimpin”.

Mussolini mengimbau bekas sekutu Barat Italia untuk perjanjian baru, tetapi invasi brutal tahun 1935 ke Ethiopia mengakhiri semua harapan aliansi dengan demokrasi Barat. Pada tahun 1936, Mussolini bergabung dengan pemimpin Nazi Adolf Hitler dalam mendukung pasukan Nasionalis Francisco Franco dalam Perang Saudara Spanyol, mendorong penandatanganan perjanjian kerja sama dalam kebijakan luar negeri antara Italia dan Nazi Jerman pada tahun 1937.

Meskipun revolusi Nazi Adolf Hitler meniru modelnya kebangkitan Mussolini dan Partai Fasis Italia, Fasis Italia dan Il Duce terbukti merupakan mitra yang lebih lemah di Poros Berlin-Roma selama Perang Dunia II.

Baca juga: Negara penganut paham fasisme

Pada bulan Juli 1943, kegagalan upaya perang Italia dan invasi yang segera terjadi ke daratan Italia oleh Sekutu menyebabkan pemberontakan di dalam Partai Fasis. Dua hari setelah jatuhnya Palermo pada 24 Juli, Dewan Agung Fasis menolak kebijakan yang didiktekan oleh Hitler melalui Mussolini, dan pada 25 Juli Il Duce ditangkap.

Marsekal fasis Pietro Badoglio mengambil alih kendali pemerintah Italia, dan pada bulan September Italia menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Delapan hari kemudian, pasukan komando Jerman membebaskan Mussolini dari penjaranya di Pegunungan Abruzzi, dan dia kemudian diangkat menjadi pemimpin boneka di Italia utara yang dikuasai Jerman. Dengan runtuhnya Nazi Jerman pada April 1945, Mussolini ditangkap oleh partisan Italia dan pada 29 April dieksekusi oleh regu tembak bersama majikannya, Clara Petacci, setelah pengadilan singkat militer.

Pos terkait