Tsunami Alaska berkekuatan 9,2 skala Richter menewaskan 131 orang

  • Whatsapp
Tsunami Alaska

Hari ini – Gempa terkuat dalam sejarah Amerika, berkekuatan 9,2 skala Richter menghantam Alaska bagian selatan mengakibatkan tsunami besar, menewaskan 131 orang dan ribuan lainnya luka-luka.

Pusat gempa besar tersebut berada di sekitar 12 mil sebelah utara Prince William Sound. Sekitar 300.000 mil wilayah AS, Kanada, dan internasional terpengaruh. Anchorage, kota terbesar Alaska, mengalami kerusakan properti paling besar, dengan sekitar 30 blok tempat tinggal dan bangunan komersial rusak atau hancur di daerah pusat kota.

Lima belas orang tewas dan terluka parah sebagai dampak dari gempa yang berlangsung tiga menit tersebut, dan tsunami yang terjadi kemudian menewaskan 110 orang lainnya.

Gelombang pasang, yang berukuran lebih dari 100 kaki di beberapa titik, menghancurkan kota-kota di sepanjang Teluk Alaska dan menyebabkan pembantaian di British Columbia, Kanada; Hawaii ; dan Pantai Barat Amerika Serikat, di mana 15 orang tewas. Total kerusakan properti diperkirakan lebih dari $ 400 juta. Sehari setelah gempa, Presiden Lyndon B. Johnson menyatakan Alaska sebagai daerah bencana resmi.

Pos terkait