Presiden Ronald Reagan ditembak orang gila

Sejarah Hari Ini – Pada tanggal 30 Maret 1981, Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan ditembak oleh orang gila bernama John Hinckley Jr di luar sebuah hotel di Washington, DC.

Ketika itu, Presiden baru saja selesai berpidato dalam pertemuan buruh di Hotel Hilton Washington dan sedang berjalan dengan rombongannya ke limusinnya ketika Hinckley berdiri di antara sekelompok wartawan untuk kemudian melepaskan enam tembakan ke arah presiden, mengenai Reagan dan tiga pengawalnya.

Sekretaris Pers Gedung Putih James Brady ditembak di kepala dan luka parah, agen Secret Service Timothy McCarthy ditembak di samping, dan polisi Distrik Columbia Thomas Delahanty ditembak di leher. Setelah melepaskan tembakan, Hinckley berhasil ditangkap, dan Presiden Reagan, tampaknya tidak menyadari bahwa dia telah ditembak, oleh agen Dinas Rahasia segera dilarikan ke rumah sakit.

Presiden ditembak di paru-paru bagian kiri, dan peluru kaliber .22 mengenai jantungnya. Suatu prestasi yang mengesankan bagi seorang pria berusia 70 tahun dengan paru-paru yang robek, dia asih sanggup berjalan ke Rumah Sakit Universitas George Washington dengan kekuatannya sendiri.

Saat dia dirawat dan dipersiapkan untuk operasi, dia dalam semangat yang baik dan menyindir istrinya, Nancy, “Sayang, aku lupa bebek,” dan kepada ahli bedahnya, “Tolong beritahu saya bahwa Anda Republik.” Operasi Reagan berlangsung selama dua jam, dan dia dinyatakan dalam kondisi stabil dan baik sesudahnya.

Keesokan harinya, presiden melanjutkan beberapa tugas eksekutifnya dan menandatangani undang-undang dari tempat tidur rumah sakitnya. Pada 11 April, dia kembali ke Gedung Putih. Popularitas Reagan melonjak setelah upaya pembunuhan itu, dan pada akhir April dia disambut sebagai pahlawan oleh Kongres.

Pada bulan Agustus, Kongres yang sama ini mengesahkan program ekonomi kontroversialnya. Reagan mengaku telah pulih sepenuhnya dari upaya pembunuhan. Secara pribadi, bagaimanapun, dia akan terus merasakan efek dari luka tembak yang hampir fatal selama bertahun-tahun.

Dari korban percobaan pembunuhan tersebut, agen Secret Service Timothy McCarthy dan polisi DC Thomas Delahanty akhirnya pulih. James Brady, yang hampir meninggal setelah ditembak di matanya, menderita kerusakan otak permanen.

Dia kemudian menjadi pendukung pengendalian senjata, dan pada tahun 1993 Kongres mengesahkan “Brady Bill”, yang menetapkan masa tunggu selama lima hari dan pemeriksaan latar belakang bagi calon pembeli senjata. Presiden Bill Clinton menandatangani RUU itu menjadi undang-undang.

Setelah ditangkap pada 30 Maret 1981, John Hinckley yang berusia 25 tahun didakwa dengan tuduhan federal mencoba membunuh presiden. Dia sebelumnya telah ditangkap di Tennessee atas tuduhan senjata. Namun, pada Juni 1982, dia dinyatakan tidak bersalah dengan alasan tidak waras.

Dalam persidangan, pengacara pembela Hinckley berpendapat bahwa klien mereka sakit dengan gangguan kepribadian narsistik, mengutip bukti medis, dan memiliki obsesi patologis dengan film tahun 1976 Taxi Driver, di mana karakter utama mencoba untuk membunuh seorang senator fiksi.

Pengacaranya mengklaim bahwa Hinckley menonton film tersebut lebih dari selusin kali, terobsesi dengan aktris utama, Jodie Foster, dan telah berusaha untuk menghidupkan kembali peristiwa film tersebut dalam hidupnya sendiri. Jadi, film itu, bukan Hinckley, menurut mereka, adalah kekuatan perencanaan sebenarnya di balik peristiwa yang terjadi pada 30 Maret 1981.

Vonis “tidak bersalah karena kegilaan” menimbulkan kecaman publik yang luas, dan banyak yang terkejut bahwa calon pembunuh presiden dapat menghindar untuk dimintai pertanggungjawaban atas kejahatannya. Namun, karena ancamannya yang nyata terhadap masyarakat, dia ditempatkan di Rumah Sakit St. Elizabeth, sebuah rumah sakit jiwa.

Pada akhir 1990-an, pengacara Hinckley mulai berargumen bahwa penyakit mentalnya sedang dalam pengampunan dan karenanya berhak untuk kembali ke kehidupan normal.

Mulai Agustus 1999, dia diizinkan melakukan perjalanan sehari di luar rumah sakit dan kemudian diizinkan mengunjungi orang tuanya seminggu sekali tanpa pengawasan. Secret Service secara sukarela mengawasinya selama acara ini.

Pada 2016, dia diberi pembebasan bersyarat untuk tinggal bersama ibunya di Williamsburg, Virginia. Pada tahun 2018, seorang hakim memutuskan dia sekarang dapat tinggal dalam jarak 75 mil dari Williamsburg, asalkan dia bertemu secara teratur dengan psikiater dan pekerja sosialnya, di antara kondisi lainnya.

Pos terkait