Menara Eiffel diresmikan, bangunan tertinggi di dunia

Sejarah Hari Ini – Pada hari ini tanggal 31 Maret 1889 Menara Eiffel diresmikan di Paris melalui sebuah upacara yang dipimpin oleh Gustave Eiffel (orang yang mendesain menara) dan dihadiri oleh Perdana Menteri Prancis Pierre Tirard, beberapa pejabat lainnya, dan 200 pekerja konstruksi.

Pada tahun 1889, untuk menghormati seratus tahun Revolusi Prancis, pemerintah Prancis merencanakan pameran internasional dan mengumumkan kompetisi desain untuk monumen yang akan dibangun di Champ-de-Mars di pusat kota Paris.

Dari 100 desain lebih yang dikirimkan, Komite Centennial memilih desain Eiffel untuk menara besi tempa kisi terbuka yang mencapai ketinggian hampir 1.000 kaki di atas Paris dan menjadi bangunan buatan manusia tertinggi di dunia. Eiffel, seorang pembangun jembatan terkenal, adalah ahli konstruksi logam dan merancang kerangka Patung Liberty yang baru saja didirikan di Pelabuhan New York, AS.

Menara Eiffel mendapat kritikan pedas dari para kritikus yang berpendapat bahwa itu akan menjadi tidak sehat secara struktural, dan kemarahan dari orang lain yang mengira itu akan merusak pemandangan di jantung kota Paris. Namun, semua kritikan tak menghalangi pembangunan menara raksasa tersebut.

desain kaki Menara Eiffel yang kuat

Eiffel menyelesaikan pembangunan menara selama dua tahun. Pembangunan tersebut menelan korban satu pekerja yang, yang pada saat itu merupakan jumlah korban yang sangat rendah untuk proyek sebesar itu. Struktur yang ringan merupakan keajaiban teknologi dan dalam beberapa dekade kemudian dianggap sebagai maha karya arsitektur.

Menara Eiffel memiliki tinggi 984 kaki dan terdiri dari kerangka besi yang ditopang pada empat tiang batu, dari mana empat kolom menjulang yang bersatu membentuk satu menara vertikal. Platform, masing-masing dengan dek observasi, berada di tiga tingkat. Elevator menaiki dermaga di tikungan, dan Eiffel mengontrak Perusahaan Lift Otis Amerika Serikat untuk merancang elevator kandang kaca yang terkenal di menara.

Namun, elevator belum selesai pada 31 Maret 1889, jadi Gustave Eiffel menaiki tangga menara dengan beberapa rekan yang tangguh dan mengangkat tiga warna Prancis yang sangat besar pada tiang bendera struktur. Kembang api kemudian diluncurkan dari platform kedua. Eiffel dan rombongannya turun, dan arsitek itu berpidato kepada para tamu dan sekitar 200 pekerja. Pada awal Mei, Pameran Internasional Paris dibuka, dan menara berfungsi sebagai pintu gerbang masuk ke pameran raksasa.

Menara Eiffel tetap menjadi bangunan buatan manusia tertinggi di dunia sampai penyelesaian Gedung Chrysler di New York pada tahun 1930. Hebatnya, Menara Eiffel hampir dihancurkan ketika 20 tahun masa sewa dari Pameran Internasional di atas tanah tersebut berakhir pada tahun 1909, tetapi nilainya sebagai antena untuk transmisi radio menyimpannya. Sebagian besar tetap tidak berubah hari ini dan merupakan salah satu tempat wisata utama dunia.

Pos terkait