Perjanjian Kanagawa ditandatangani Amerika dan Jepang

  • Whatsapp
Perjanjian Kanagawa

Sejarah Hari ini – Di Tokyo, Jepang Komodor Matthew Calbraith Perry, mewakili pemerintah Amerika Serikat menandatangani sebuah persetujuan yang terkenal dengan Perjanjian Kanagawa pada tanggal 31 Maret 1854. Inti dari perjanjian tersebut adalah Jepang membuka pelabuhan Shimoda dan Hakodate untuk perdagangan Amerika dan mengizinkan pendirian konsulat AS di negeri matahari terbit tersebut.

Pada bulan Juli 1853, Komodor Perry berlayar ke Teluk Tokyo dengan satu skuadron empat kapal AS. Sebelumnya, pejabat Jepang menolak untuk berbicara dengan Perry, tetapi akhirnya mereka menerima surat dari Presiden AS Millard Fillmore, menjadikan Amerika Serikat sebagai negara Barat pertama yang menjalin hubungan dengan Jepang setelah sebelumnya dinyatakan tertutup bagi orang asing pada tahun 1683.

Setelah pemerintah AS memberikan waktu kepada pemerintah Jepang untuk mempertimbangkan pembentukan hubungan eksternal tersebut, Perry kembali ke Tokyo pada Maret 1854, dan pada 31 Maret menandatangani Perjanjian Kanagawa, yang membuka Jepang untuk berdagang dengan Amerika Serikat.

Pada bulan April 1860, diplomat Jepang pertama yang mengunjungi kekuatan asing mencapai Washington, DC, dan tinggal di ibu kota AS selama beberapa minggu untuk membahas perluasan perdagangan dengan Amerika Serikat.

Pos terkait