Tradisi April Mop populer di Inggris

Diposting pada 106 views

Sejarah Hari ini – Pada tanggal 1 April 1700, orang-orang Inggris yang iseng mulai mempopulerkan tradisi tahunan Hari April Mop dengan saling bercanda. Meskipun hari itu, yang juga disebut All Fools Day, telah dirayakan selama beberapa abad oleh budaya yang berbeda, asal muasalnya tetap menjadi misteri.

Beberapa sejarawan berpendapat bahwa April Mop sudah ada sejak tahun 1582, ketika Prancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian, seperti yang diminta oleh Council of Trent pada tahun 1563. Orang-orang yang lambat dalam mendapatkan infromasi untuk mengenali bahwa Awal tahun baru beranjak ke 1 Januari dan terus dirayakan selama pekan terakhir Maret hingga 1 April menjadi bahan lelucon dan hoax.

Gurauan tersebut termasuk menempatkan ikan kertas di punggung mereka dan disebut sebagai poisson d’avril (ikan April), dikatakan melambangkan ikan muda yang “mudah terpancing” dan orang yang mudah tertipu.

Hari April Mop menyebar ke seluruh Inggris selama abad ke-18. Di Skotlandia, tradisi menjadi acara dua hari, dimulai dengan “berburu burung gowk”, di mana orang dikirim untuk tugas palsu (gowk adalah kata untuk burung kukuk, simbol untuk orang bodoh) dan diikuti oleh Hari Ekor, yang melibatkan lelucon yang dimainkan pada derrier orang, seperti menjepit ekor palsu atau tanda “tendang aku” pada mereka.

Apa sebenarnya April Mop?

April Mop disebut juga April Fools Day yang diperingati setiap tanggal 1 April. April Mop adalah perayaan atau momen dimana orang-orang dari berbagai belahan dunia merayakan dengan cara melakukan lelucon. Semua orang akan berlomba dan berkreasi menciptakan lelucon paling menghebohkan.

Mengenai April Mop, sebenarnya tidak ada sejarah pasti mengapa orang-orang menyambut bulan April ini. Ada yang menganggap bulan April istimewa karena negara yang mengalami empat musim akan bertransisi ke musim semi.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa alasan paling mendekati bahwa tradisi ini diadakan untuk merayakan sebuah festival Yunani-Romawi yang disebut Hilaria. Festival yang dirayakan setiap tanggal 25 Maret tersebut diadakan dalam rangka untuk menghormati hari pertama, biasa dikenal dengan Vernal Equinos, yang jatuh pada 20 Maret.

Hilaria dirayakan dalam rangka untuk menghormati Cybele. Siapa dia? Cybele adalah seorang Bunda Dewa Yunani kuno. Perayaan tersebut meliputi parade, topeng, dan lelucon untuk merayakan hari pertama setelah equinox vernal.

Awal mula populernya April Mop tak termuat dalam catatan atau laporan khusus. Tetapi melakukan sesuatu yang konyol telah dilakukan sejak abad pertengahan.

Flemish, seorang penyair pada tahun 1561 pernah menulis syair lucu tentang seorang bangsawan yang menyuruh pelayannya untuk berkali-kali melakukan tugas konyol demi persiapan pesta pernikahan.

Pada tahun 1686 April Mop di Inggris sudah mulai marak. Saat itu penulis biografi John Aubrey menggambarkan hari pertama di bulan April sebagai “Fooles Holy Day” atau “Hari Suci Mop”. Pada tahun 1600-an itu pun, tradisi “membodohi” atau “menipu” seseorang untuk lelucon menjadi sesuatu yang populer di Eropa.

Tercatat dalam sejarah ada sebuah kebohongan terbesar yang terjadi pada tahun 1698 pada hari April Mop tersebut, di mana banyak orang Inggris yang ditipu agar berkumpul di menara London untuk menonton ritual memandikan singa.

Namun, setelah orang-orang berkumpul upacara tersebut tak pernah ada. Berdasarkan pada asal-usulnya, memang belum jelas kapan tradisi ini dimulai. Namun, menipu atau berbuat konyol atau bahkan membodohi orang hanya untuk lelucon telah menjadi tradisi yang disebut April Mop.