Robert Peary hampir mencapai Kutub Utara

Diposting pada 69 views

Sejarah hari ini 6 April 1909 Robert Peary hampir mencapai Kutub Utara. Seorang penjelajah Amerika Robert Peary berhasil mencapai mimpi panjang yang sulit dipahami.Dia bersama asisten Matthew Henson dan empat Inuit mencapai apa yang mereka katakan sebagai Kutub Utara. Namun, beberapa dekade setelah kematian Peary, kesalahan navigasi dalam catatan perjalanannya muncul, menempatkan ekspedisi tersebut kemungkinan besar telah mencapai beberapa mil dari tujuannya.

Peary, seorang insinyur sipil Angkatan Laut AS, melakukan perjalanan pertamanya ke pedalaman Greenland pada tahun 1886. Pada tahun 1891, Henson, seorang pelaut muda Afrika-Amerika, bergabung dengannya dalam sebuah ekspedisi Arktik keduanya.

Tim mereka melakukan perjalanan mengendarai kereta anjing yang lebih jauh ke timur laut Greenland dan menjelajahi apa yang kemudian dikenal sebagai “Peary Land”. Pada tahun 1893, para penjelajah mulai menuju Kutub Utara, dan pada tahun 1906, selama upaya keduanya mereka hampir mencapai garis lintang 88 derajat utara, hanya 150 mil dari tujuan.

Pada tahun 1908, pasangan penjelajah ini melakukan perjalanan ke Pulau Ellesmere dengan kapal, dan pada tahun 1909 melintasi ratusan mil es untuk mencapai apa yang mereka hitung sebagai garis 90 derajat lintang utara pada tanggal 6 April 1909.

Meskipun pencapaian mereka diakui secara luas, Dr. Frederick A. Cook menyangkal bahwa mereka menjadi yang pertama mencapai Kutub Utara. Seorang mantan rekan Peary, Cook mengklaim dia telah mencapai tiang dengan dogsled tahun sebelumnya. Sebuah kontroversi besar menyusul, dan pada tahun 1911 Kongres AS secara resmi mengakui klaim Peary.

Dalam beberapa tahun terakhir, studi lebih lanjut tentang klaim yang saling bertentangan menunjukkan bahwa tidak ada ekspedisi yang mencapai Kutub Utara secara pasti, tetapi Peary dan Henson datang jauh lebih dekat, mungkin sekitar 30 mil. Pada tanggal 3 Mei 1952, Letnan Kolonel AS Joseph O. Fletcher dari Oklahoma keluar dari pesawat dan berjalan ke lokasi tepatnya di Kutub Utara.

Profil Robert Peary

Nama lengkapRobert Edwin Peary
Robert Edwin Peary
Lahir6 Mei 1856, Cresson, Pennsylvania
Meninggal20 Februari 1920 (umur 63)
Washington, D.C.
KebangsaanAmerika
Dikenal atasGeografik Kutub Utara
Suami/istriJosephine Diebitsch Peary
AnakMarie Ahnighito Peary, Robert Edwin Peary, Jr. Kali Peary