Harry Gant kembali menjadi pemenang NASCAR tertua

Diposting pada 16 views

Sejarah Hari Ini – Pada 6 Mei 1991, pembalap berusia 51 tahun, Harry Gant, meraih kemenangan ke-12 dalam karirnya di Piala Winston di Winston 500 di Talladega, Alabama. Dengan melakukan itu, Gant memperbaiki rekornya sendiri sebagai orang tertua yang pernah memenangkan acara NASCAR.

Berasal dari Taylorsville, North Carolina, Gant keluar dari bisnis pertukangan keluarga pada tahun 1978 dan balapan penuh pertama musim Piala Winston pada tahun 1979, pada usia yang relatif lanjut 39. Dia adalah calon Rookie of the Year, tetapi kalah dari Dale Earnhardt.

Pada tahun 1981, Gant bergabung dengan Mach I/Skoal Bandit Racing Team dan berkompetisi di nomor 33 Pontiac tim, yang dimiliki oleh produser film Hal Needham dan aktor Burt Reynolds dan disponsori oleh US Tobacco Company.

Dia mendapatkan kemenangan pertamanya di start ke-107, pada 25 April 1982, di Virginia National Bank 500 di Martinsville Speedway.

Dikenal sebagai “Harry Tampan,” Gant sejauh ini menjalani musim NASCAR terbaiknya pada tahun 1991. Pada tanggal 6 Mei, ia mencetak rekor kemenangannya di trek tercepat sirkuit, Alabama Superspeedway di Talladega. Dalam balapan yang dirusak oleh tabrakan, Gant menempuh 56 lap terakhir tanpa berhenti bahan bakar.

September itu, dia memenangkan empat event berturut-turut, dimulai dengan kemenangan di Heinz Southern 500 di speedway oval ketat di Darlington, South Carolina pada tanggal 1 September. Pada akhir bulan, Gant menang di Richmond, Virginia; Dover, Delaware; dan Martinsville, Virginia.

Rentetan kemenangan tersebut mengikat rekor NASCAR untuk kemenangan terbanyak dalam periode satu bulan, dan pers menjuluki Gant “Mr. September.” Gant menyelesaikan tempat keempat dalam perlombaan poin Seri Piala Winston tahun itu, dan dinobatkan sebagai Pengemudi Tahun Ini dari National Motorsports Press Association.

Gant hampir tidak melambat pada tahun 1992, memecahkan rekornya sendiri sebagai pemenang NASCAR tertua (pada 52 tahun dan 219 hari) untuk terakhir kalinya ketika dia memenangkan Champion 400 pada 16 Agustus di Michigan International Speedway.

Pada 31 Mei sebelumnya, ia menjadi pembalap tertua yang memenangkan perlombaan sejauh 500 mil dalam bentuk apa pun dengan kemenangan di Budweiser 500 di Dover. Gant pensiun sebagai pembalap pada akhir musim 1994 dan dilantik menjadi International Motorsports Hall of Fame pada April 2006.