Gary Cooper lahir, aktor terbaik film Perang Dunia I

Diposting pada 6 views

Sejarah Hari Ini – Pada tanggal 7 Mei 1901, Gary Cooper, yang akan menjadi terkenal karena penampilannya dalam film-film seperti High Noon dan The Pride of the Yankees, lahir di Helena, Montana.

Cooper dibesarkan di peternakan milik ayahnya yang kaya, seorang Hakim Mahkamah Agung Montana. Dia dididik sebagian besar di Inggris sampai sekolah menengah, dan beragam pengalaman asuhannya kemudian menginformasikan persona layarnya, sekaligus pahlawan perbatasan yang kasar dan pria berdarah biru.

Pada tahun 1924, setelah putus kuliah, Cooper menuju ke Hollywood, di mana ia memulai karirnya di film sebagai cowboy extra di film Barat.

Dia mendapatkan peran pertamanya yang dibintangi dua tahun kemudian, dalam film bisu The Winning of Barbara Worth. “Talkie” pertamanya yang sukses, The Virginian (1929), mengangkat Cooper ke status A-list, dan dia kemudian muncul di sejumlah film pada tahun 1930-an, termasuk Maroko (1930), A Farewell to Arms (1932),Design for Living (1933), The Lives of a Bengal Lancer (1935), Desire (1936), The Plainsman (1937), Beau Geste (1939) dan The Westerner (1940).

Cooper dan gaya aktingnya yang sangat bersahaja dan singkat memenangkan perhatian khusus sebagai pahlawan setiap orang yang tidak biasa dalam dua film yang disutradarai oleh Frank Capra: Mr. Deeds Goes to Town (1936), di mana ia menerima nominasi Academy Award, dan Meet John Doe (1941) ).

Juga pada tahun 1941, Cooper memenangkan Oscar untuk Aktor Terbaik untuk perannya sebagai pahlawan Perang Dunia I kehidupan nyata Alvin York di Sersan York.

Dia tampil dalam penampilan terkenal lainnya sebagai legenda bisbol Lou Gehrig di Pride of the Yankees (1942). Film-film terkenal Cooper lainnya pada 1940-an termasuk Ball of Fire (1941), For Whom the Bell Tolls (1943) dan The Fountainhead (1949).

Pada tahun 1947, Cooper muncul sebagai saksi “ramah” di hadapan Komite Aktivitas Un-American House, bersaksi tentang adanya pengaruh Komunis di Hollywood. Menurut Cooper, dia telah “menolak beberapa skrip karena saya pikir itu diwarnai dengan ide-ide komunis.”

Terlepas dari partisipasi tidak langsungnya dalam praktik daftar hitam yang dibenci setelahnya, Cooper mempertahankan statusnya sebagai salah satu pria terkemuka Hollywood yang paling dihormati. Dia memenangkan Oscar Aktor Terbaik keduanya sebagai penegak hukum yang menua di High Noon klasik (1952). Di antara film-film terakhirnya adalah Persuasi Ramah (1956) dan Cinta di Sore (1957).

Secara keseluruhan, Cooper membuat lebih dari 100 film selama karirnya. Menikah dengan sosialita Veronica Balfe (yang memiliki karir akting berumur pendek sebagai Sandra Shaw) sejak 1933, Cooper juga dikenal karena banyak romansa dengan lawan mainnya, termasuk Clara Bow, Marlene Dietrich, Grace Kelly dan Patricia Neal.

Di akhir hidupnya, Cooper menderita penyakit berulang, termasuk kanker paru-paru. Meskipun dia merahasiakan informasi tersebut, publik mendapat petunjuk pada bulan April 1961, ketika Jimmy Stewart membuat pidato emosional saat menerima Penghargaan Akademi pencapaian seumur hidup untuk temannya yang sakit. Cooper meninggal sebulan kemudian, beberapa hari setelah ulang tahunnya yang ke-60.

Biodata Gary Cooper

NamaGary Cooper
Gary Cooper
PrestasiAktor Terbaik (Oscar) ke-14 dan ke-24
Masa jabatan 1941 (untuk film Sergeant York)
PendahuluJames Stewart
PenggantiJames Cagney
Masa jabatan 1952 (untuk film High Noon)
PendahuluHumphrey Bogart
PenggantiWilliam Holden
Informasi pribadi
LahirFrank James Cooper, 7 Mei 1901, Helena, Montana, Amerika Serikat
Meninggal dunia13 Mei 1961 (umur 60) Los Angeles, California, Amerika Serikat
Sebab kematiankanker prostat
PasanganVeronica Balfe (1933 – 1961)
PekerjaanAktor