Presiden Nixon membela invasi Kamboja

Presiden Nixon, pada konferensi pers, membela pergerakan pasukan Amerika Serikat ke Kamboja, mengatakan operasi itu akan memberikan waktu enam hingga delapan bulan untuk melatih pasukan Vietnam Selatan dan dengan demikian akan mempersingkat perang bagi Amerika. Nixon menegaskan kembali janjinya untuk menarik 150.000 tentara Amerika pada musim semi berikutnya.

Pengumuman bahwa pasukan AS dan Vietnam Selatan telah menginvasi Kamboja menghasilkan protes yang dahsyat dan memberi gerakan anti perang titik kumpul baru. Mahasiswa di seluruh negeri mengintensifkan protes anti perang dengan pawai, demonstrasi, dan insiden kekerasan yang tersebar.

Sekitar 400 sekolah terkena dampak pemogokan dan lebih dari 200 perguruan tinggi dan universitas ditutup sepenuhnya. Protes tersebut mengakibatkan kematian di Kent State University dan kemudian di Jackson State di Mississippi .

Perbedaan pendapat tidak terbatas pada konfrontasi kampus. Lebih dari 250 pegawai Departemen Luar Negeri dan bantuan luar negeri menandatangani surat kepada Menteri Luar Negeri William Rogers yang mengkritik keterlibatan militer AS di Kamboja.

Selain itu, ada serangkaian resolusi kongres dan inisiatif legislatif yang berusaha untuk sangat membatasi kekuasaan eksekutif dalam membuat perang.

Senator John Sherman Cooper (R- Kentucky ) dan Frank Church (D- Idaho) mengusulkan amandemen bagian penjualan militer asing dari RUU alokasi Departemen Pertahanan yang akan melarang dana untuk operasi militer di masa depan di Kamboja. RUU itu disahkan di Senat dengan pemungutan suara 58 banding 37, tetapi dikalahkan 237 lawan 153 di DPR.

Pada tanggal 29 Desember 1970, Kongres mengesahkan versi modifikasi dari Amandemen Cooper-Gereja yang melarang masuknya pasukan darat AS di Laos atau Thailand.

Biodata Richard Milhous Nixon

NamaRichard Milhous Nixon
Richard Milhous Nixon
Presiden Amerika Serikat ke-37
Masa jabatan20 Januari 1969 – 9 Agustus 1974
Wakil PresidenSpiro Agnew (1969-1973)
Tidak Ada (1973)
Gerald R. Ford (1973-1974)
PendahuluLyndon B. Johnson
PenggantiGerald Ford
Wakil Presiden Amerika Serikat ke-36
Masa jabatan20 Januari 1953 – 20 Januari 1961
PresidenDwight D. Eisenhower
PendahuluAlben W. Barkley
PenggantiLyndon B. Johnson
Senator Amerika Serikat dari California
Masa jabatan1 Desember 1950 – 1 Januari 1953
PendahuluSheridan Downey
PenggantiThomas Kuchel
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat A.S. dari dapil ke-12 California
Masa jabatan3 Januari 1947 – 1 Desember 1950
PendahuluJerry Voorhis
PenggantiPatrick Hillings
Informasi pribadi
Lahir9 Januari 1913, Yorba Linda, California
Meninggal dunia22 April 1994 (umur 81), New York, New York
Partai politikRepublik
PasanganThelma Catherine Patricia “Pat” (Ryan) Nixon
PekerjaanPengacara
Tanda tangantanda tangan Presiden Richard Nixo

Pos terkait