BF Goodrich Co. mengumumkan pengembangan ban Tubeless

Diposting pada 9 views

Sejarah hari ini – Pada 11 Mei 1947, BF Goodrich Company of Akron, Ohio, mengumumkan telah mengembangkan ban tubeless, sebuah inovasi teknologi yang akan membuat mobil lebih aman dan efisien.

Puncak dari rekayasa lebih dari tiga tahun, ban tubeless Goodrich secara efektif menghilangkan ban dalam, menjebak udara bertekanan di dalam dinding ban itu sendiri. Dengan memperkuat dinding tersebut, perusahaan mengklaim, mereka dapat menggabungkan fitur penyegelan tusukan dari ban dalam dengan kemudahan berkendara yang lebih baik, ketahanan tinggi terhadap memar dan retensi tekanan udara yang superior.

Sementara Goodrich menunggu persetujuan dari Kantor Paten AS, ban tubeless menjalani pengujian jalan berkecepatan tinggi, digunakan pada armada taksi dan digunakan oleh mobil polisi negara bagian Ohio dan sejumlah mobil penumpang milik pribadi.

Pengujian tersebut terbukti berhasil, dan pada tahun 1952, Goodrich memenangkan paten untuk berbagai fitur ban. Dalam tiga tahun, ban tubeless menjadi standar pada kebanyakan mobil baru.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan di The New York Times pada bulan Desember 1954, “Jika hasil pengujian terbukti valid dalam penggunaan umum, pemilik mobil tahun 1955 dapat mengandalkan jarak tempuh setidaknya 25 persen lebih jauh, lebih mudah mengganti ban jika dia terjebak di jalan yang sepi dengan ban bocor, dan hampir tidak ada ledakan.

”Artikel tersebut mengutip Howard N. Hawkes, wakil presiden dan manajer umum divisi ban dari United States Rubber Company, yang menyebut adopsi umum ban tubeless“ salah satu perubahan paling luas yang pernah terjadi di industri ban.

”Ban radial-ply, model tubeless dengan dinding yang terbuat dari lapisan bolak-balik juga disebut lapisan dari tali karet yang kuat, dibuat oleh Michelin setelah dekade itu dan sekarang dianggap sebagai standar untuk mobil di semua negara maju.