Katharine Hepburn lahir, artis The Philadelphia Story

Diposting pada 11 views

Sejarah hari ini – Pada 12 Mei 1907, Katharine Hepburn, yang karena penampilannya dalam film seperti The Philadelphia Story dan On Golden Pond, akan menjadi salah satu aktris paling terkenal di abad ke-20, lahir di Hartford, Connecticut.

Putri dari intelektual New England yang menekankan pada latihan yang ketat dan pemikiran mandiri, Hepburn belajar di Bryn Mawr College di Pennsylvania dan kemudian menjadi aktris panggung. Dia pertama kali mendapat perhatian di Broadway pada tahun 1932, untuk penampilannya di The Warrior’s Husband.

Setelah tes layar, Hepburn menandatangani kontrak dengan studio RKO dan mendapatkan peran pertamanya, dalam A Bill of Divorcement (1932), dibintangi oleh John Barrymore dan disutradarai oleh George Cukor, yang kemudian menjadi sutradara Hepburn dan salah satu teman terdekatnya.

Para kritikus dan penggemar segera memperhatikan aktris muda itu, dengan kecantikannya yang tidak biasa dan aksen New England yang berkulit atas, sebagai penampilan baru di layar.

Untuk Morning Glory (1933), hanya film ketiganya, Hepburn memenangkan Academy Award untuk Aktris Terbaik. Itu adalah yang pertama dari 12 nominasi Oscar yang dia peroleh selama karirnya, rekor yang akan bertahan hingga 2003, ketika Meryl Streep menerima nominasi ke-13nya.

Hepburn akan memenangkan tiga Oscar lagi untuk Guess Who’s Coming to Dinner (1967), A Lion in Winter (1968) dan On Golden Pond (1981) —tetapi tidak pernah menghadiri upacara untuk mengambil satu pun dari mereka.

Beberapa film Hepburn berikutnya dengan RKO memiliki hasil yang beragam, dan secara pribadi dia menjadi tidak populer karena penolakannya untuk bermain bersama dengan “aturan” ketenaran dan glamour yang mengatur industri.

Sangat mandiri dan berkemauan keras, dia mengenakan celana panjang dan tanpa riasan, dan menolak berpose untuk difoto, memberikan wawancara atau menandatangani tanda tangan. Saat itu diakui sebagai salah satu aktris paling berbakat di Hollywood,

Hepburn juga mendapatkan reputasi sebagai orang yang sombong dan mementingkan diri sendiri di lokasi syuting. Dia tampil lebih simpatik di Stage Door (1937) dan Bringing Up Baby (1938), meskipun penonton gagal menanggapi film kedua, yang dibintangi bersama Cary Grant dan sekarang dianggap sebagai film klasik yang disukai.

Meskipun karirnya terhenti, Hepburn menolak untuk menyerah; sebagai gantinya, dia memutuskan untuk mengganti persneling dengan membeli kontraknya di RKO. Perubahan itu memberinya kendali yang jauh lebih besar daripada pemain lain dan terutama aktris lain di era sistem studio.

Hepburn kembali ke Broadway dalam The Philadelphia Story tahun 1938 , yang ditulis khusus untuknya oleh Philip Barry. Terkadang kekasih Hepburn, Howard Hughes, membeli hak skenario film untuknya, dan dia menjualnya kepada Louis B. Mayer di MGM dengan syarat dia membintangi. Dengan penandatanganan Grant dan Jimmy Stewart, film 1940 menjadi sukses besar.

Pada tahun 1942, Hepburn berperan sebagai jurnalis politik yang jatuh cinta dengan seorang penulis olahraga dalam hit lainnya, Woman of the Year . Rekan mainnya dalam film itu adalah Spencer Tracy, dengan siapa Hepburn memulai hubungan romantis yang akan menjadi salah satu kisah cinta paling terkenal di Hollywood.

Sebagai seorang Katolik yang taat, Tracy tidak mau menceraikan istrinya, tetapi dia hidup dengan tenang bersama Hepburn selama 27 tahun berikutnya. Pasangan itu berakting dalam sembilan film bersama, termasuk Adam’s Rib (1949), Pat dan Mike (1952) dan Guess Who’s Coming to Dinner.(1967). Tracy meninggal hanya beberapa minggu setelah syuting film terakhir selesai.

Hepburn, yang telah mengundurkan diri dari pembuatan film selama beberapa tahun untuk merawat kekasihnya yang sakit, tidak secara terbuka membahas hubungan tersebut sampai setelah janda Tracy meninggal pada tahun 1983. Dia pernah menikah, dengan broker Philadelphia Ludlow Ogden Smith, dari tahun 1928 sampai 1934.

Hepburn terus muncul di film dan televisi selama tahun 1970-an, 1980-an dan hingga 1990-an, meskipun dia sering mengumumkan bahwa pertunjukan ini atau itu akan menjadi yang terakhir baginya. Dia juga kembali ke Broadway di akhir karirnya, memenangkan pujian untuk perannya di Coco (1969), A Matter of Gravity (1976) dan The West Side Waltz (1981).

Pada tahun 1991, dia menerbitkan otobiografi terlaris, Me: Stories of My Life, yang mengesankan penggemar dengan sifatnya yang terus terang dan terus terang. Hepburn membuat penampilan layar terakhirnya di Love Affair tahun 1994 , sebuah remake dari film klasik tahun 1939. Dia meninggal pada tanggal 29 Juni 2003, pada usia 96 tahun.

Profil

NamaKatharine Hepburn
Katharine Hepburn
KelahiranKatharine Houghton Hepburn, 12 Mei 1907, Hartford, Connecticut, Amerika Serikat
Meninggal dunia29 Jun 2003 (berumur 96), Fenwick, Connecticut, Amerika Serikat
Pusat pendidikanKolej Bryn Mawr
PekerjaanArtis
Tahun aktif1928 – 1994
PasanganLudlow Ogden Smith (1928 – 1934; cerai)
PasanganSpencer Tracy (1941 – 1967; kematian Tracy)