Film “Star Wars” mulai tayang di bioskop

Diposting pada 7 views

Pada 25 Mei 1977, akhir pekan Memorial Day dibuka dengan ledakan antar galaksi saat film blockbuster pertama George Lucas, Star Wars, hits bioskop Amerika.

Sejarah hari ini – Dilansir dari Wikipedia, Star Wars (bahasa Indonesia: Perang Bintang) adalah seri film epik, fiksi ilmiah, opera antariksa Amerika Serikat yang disutradarai oleh George Lucas. Semenjak dirilisnya serial ini, film ini telah menjadi sebuah fenomena budaya dan menghasilkan banyak produksi film, buku, permainan video, serial televisi, dan banyak produk lainnya yang dipasarkan.

Pelengkap-pelengkap dua trilogi film ini menciptakan perkembangan yang berarti terhadap dunia fiksi seri ini. Waralaba ini menggambarkan sebuah galaksi yang sangat, sangat jauh pada masa yang sangat lampau, dan juga pada umumnya menggambarkan Jedi sebagai gambaran kebajikan, yang bertentangan dengan Sith, yang merupakan gambaran kejahatan. Senjata mereka, lightsaber, terkenal di budaya populer. Dunia fiksi tersebut juga memiliki beragam tema, termasuk tema-tema yang dipengaruhi oleh bidang filsafat dan agama.

Kesuksesan Star Wars yang mendapatkan tujuh Oscar, dan menghasilkan $ 461 juta dari penjualan tiket AS dan pendapatan kotor hampir $ 800 juta di seluruh dunia. Dimulai dengan dorongan pemasaran yang luas dan terkoordinasi oleh Lucas dan studionya, 20th Century Fox, beberapa bulan sebelumnya tanggal rilis film. “Itu tidak seperti pembukaan film,” aktris Carrie Fisher, yang berperan sebagai pemimpin pemberontak Putri Leia, kemudian mengatakan kepada majalah Time. Itu seperti gempa bumi.

Dimulai dengan kata-kata Fisher– “orde baru geek, anak muda yang antusias dengan kantong tidur,” antisipasi akan pengalaman menonton film revolusioner menyebar seperti api, menyebabkan antrean panjang di depan bioskop di seluruh negeri dan di seluruh dunia .

Dengan efek spesialnya yang inovatif, Star Wars melompat dari layar dan membenamkan penonton di “galaksi yang sangat, sangat jauh”. Sekarang semua orang tahu ceritanya, yang mengikuti Luke Skywalker yang berwajah bayi (Mark Hamill) saat ia meminta tim sekutu termasuk Han Solo (Harrison Ford) yang keren dan robot C3PO dan R2D2 dalam misinya untuk menyelamatkan Putri yang diculik Leia dari Kerajaan Jahat yang diperintah oleh Darth Vader.

Film ini membuat ketiga aktor utamanya menjadi bintang dalam semalam, mengubah Fisher menjadi objek pemujaan bagi jutaan penggemar pria muda dan meluncurkan karier Ford yang sekarang legendaris sebagai pahlawan aksi.

Star Wars segera menjadi fenomena budaya pop yang bonafide. Selama bertahun-tahun, ia telah menelurkan lebih banyak film fitur, serial TV, dan buku komik, mainan, video game, dan produk lainnya yang bernilai seluruh industri.

Dua sekuel layar lebar, The Empire Strikes Back (1980) dan The Return of the Jedi (1983), menampilkan banyak pemeran asli dan menikmati kesuksesan yang sama – baik kritis maupun komersial – seperti film. Beberapa film tambahan dijadwalkan memasuki tahun 2020-an.

Film "Star Wars" mulai tayang di bioskop
FilmFilm "Star Wars" mulai tayang di bioskop
‘Intertitle’/logo dari Star Wars, yang terdapat di semua filmnya
Star Wars
Diciptakan olehGeorge Lucas
Karya asliStar Wars Episode IV: A New Hope
Cetak publikasi
NovelDaftar novel Star Wars
KomikStar Wars
Film dan televisi
FilmIV: A New Hope
V: The Empire Strikes Back
VI: Return of the Jedi
I: The Phantom Menace
II: Attack of the Clones
III: Revenge of the Sith
The Clone Wars
The Force Awakens
The Last Jedi
The Rise of Skywalker
Serial televisiStar Wars Holiday Special
Caravan of Courage
The Battle for Endor
Droids
Ewoks
The Great Heep
Clone Wars
The Clone Wars
Rebels
Detours
Star Wars live-action TV series
Permainan
Permainan videoDaftar permainan video Star Wars
Berdasarkan seriX-Wing
Jedi Knight
Rogue Squadron
Knights of the Old Republic
Battlefront
Lego Star Wars
The Force Unleashed
Audio
Program radio(s)Star Wars: A New Hope
Star Wars: The Empire Strikes Back
Star Wars: Return of the Jedi