9 Mariner berangkat ke Mars: Misi mengumpulkan informasi ilmiah

Diposting pada 4 views

Sejarah hari ini – Pesawat luar angkasa tak berawak Amerika Serikat Mariner 9 diluncurkan dalam misi untuk mengumpulkan informasi ilmiah di Mars, planet keempat dari matahari.

Pesawat ruang angkasa seberat 1.116 pon memasuki orbit planet pada 13 November 1971, dan mengelilingi Mars dua kali setiap hari selama hampir satu tahun, memotret permukaan dan menganalisis atmosfer dengan instrumen inframerah dan ultraviolet. Ini mengumpulkan data tentang komposisi atmosfer, kepadatan, tekanan, dan suhu Mars, dan juga informasi tentang komposisi permukaan, suhu, dan topografi planet.

Ketika Mariner 9 pertama kali tiba, Mars hampir seluruhnya tertutup oleh badai debu, yang berlangsung selama sebulan.

Namun, setelah debunya hilang, Mariner 9 melanjutkan untuk mengungkapkan planet yang sangat berbeda – planet yang memiliki gunung berapi yang sangat besar dan ngarai raksasa yang membentang 3.000 mil di permukaannya.

Kamera pesawat ruang angkasa juga merekam apa yang tampak seperti dasar sungai yang kering, menunjukkan keberadaan air pada zaman purba dan mungkin kehidupan di planet ini.

Pesawat ruang angkasa pertama yang mengorbit planet selain bumi, Mariner 9 mengirimkan kembali lebih dari 7.000 gambar “Planet Merah” dan berhasil memotret seluruh planet. Mariner 9 juga mengirimkan kembali gambar close-up pertama bulan Mars. Transmisinya berakhir pada 27 Oktober 1972.