CNN meluncurkan berita televisi 24 jam pertama di dunia

Sejarah hari ini – Pada tanggal 1 Juni 1980, CNN (Cable News Network), jaringan berita televisi 24 jam pertama di dunia, memulai debutnya. Jaringan tersebut menandatangani dari kantor pusatnya di Atlanta, Georgia, dengan cerita utama tentang percobaan pembunuhan pemimpin hak-hak sipil Vernon Jordan.

CNN melanjutkan untuk mengubah gagasan bahwa berita hanya dapat dilaporkan pada waktu yang tetap sepanjang hari. Pada saat CNN diluncurkan, berita TV didominasi oleh tiga jaringan utama, ABC, CBS, dan NBC dan siaran malam mereka yang berdurasi 30 menit.

Awalnya tersedia di kurang dari dua juta rumah di Amerika Serikat, sampai saat ini CNN terlihat di lebih dari 90 juta rumah tangga Amerika dan lebih dari 370 juta rumah tangga dan kamar hotel secara internasional.

CNN adalah gagasan Robert “Ted” Turner, seorang pengusaha penuh warna dan blak-blakan yang dijuluki “Mulut Selatan”. Turner lahir pada tanggal 19 November 1938, di Cincinnati, Ohio, dan sebagai seorang anak pindah bersama keluarganya ke Georgia, di mana ayahnya menjalankan perusahaan periklanan papan reklame yang sukses.

Setelah ayahnya meninggal karena bunuh diri pada tahun 1963, Turner mengambil alih bisnis dan mengembangkannya. Pada tahun 1970, ia membeli stasiun TV Atlanta yang gagal yang menyiarkan film-film lama dan tayangan ulang jaringan dan dalam beberapa tahun Turner telah mengubahnya menjadi “superstation”, sebuah konsep yang ia rintis, di mana stasiun itu dipancarkan oleh satelit ke rumah-rumah di seluruh negeri.

Turner kemudian membeli tim bisbol Atlanta Braves dan tim bola basket Atlanta Hawks dan menayangkan permainan mereka di jaringannya, TBS (Turner Broadcasting System). Pada tahun 1977, Turner mendapatkan ketenaran internasional ketika ia mengarungi yacht-nya menuju kemenangan dalam perlombaan Piala Amerika yang bergengsi.

Pada tahun-tahun pertama operasinya, CNN kehilangan uang dan diejek sebagai Chicken Noodle Network. Namun, Turner terus berinvestasi dalam membangun biro berita jaringan di seluruh dunia dan pada tahun 1983, ia membeli Satellite News Channel, yang sebagian dimiliki oleh ABC, dan dengan demikian menyingkirkan pesaing utama CNN.

CNN akhirnya dikenal karena meliput acara langsung di seluruh dunia saat itu terjadi, sering kali mengalahkan jaringan utama dengan pukulan keras. Jaringan memperoleh daya tarik yang signifikan dengan liputan langsung Perang Teluk Persia pada tahun 1991 dan pemirsa jaringan tumbuh seiring dengan meningkatnya popularitas televisi kabel selama tahun 1990-an dan memasuki milenium baru.

Pos terkait