Bush dan Gorbachev setuju untuk mengakhiri produksi senjata kimia

Diposting pada 5 views

Sejarah hari ini – Pada pertemuan puncak negara adidaya di Washington, DC, Presiden Amerika Serikat George HW Bush dan pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev menandatangani perjanjian bersejarah untuk mengakhiri produksi senjata kimia dan memulai penghancuran cadangan senjata kedua negara yang cukup besar.

Menurut kesepakatan tersebut, inspektur di tempat dari kedua negara akan mengamati proses penghancuran.

Perjanjian itu, yang menyerukan pengurangan 80 persen persenjataan senjata kimia mereka, adalah bagian dari upaya untuk menciptakan iklim perubahan yang akan mencegah negara-negara kecil menimbun dan menggunakan senjata mematikan.

Pertama kali dikembangkan selama Perang Dunia I, sebagian besar negara di dunia memiliki teknologi yang dibutuhkan untuk membuat senjata kimia pada tahun 1990, dan beberapa, seperti Irak, telah terlibat dalam perang kimia pada tahun-tahun sebelumnya. Amerika Serikat dan Rusia mulai menghancurkan gudang senjata kimia mereka pada awal 1990-an.

Pada tahun 1993, AS, Rusia, dan 150 negara lainnya menandatangani perjanjian komprehensif yang melarang senjata kimia. The Senat AS meratifikasi perjanjian itu pada tahun 1997.