Penulis modern Larry McMurtry lahir

Diposting pada 2 views

Sejarah hari ini Larry McMurtry, salah satu penulis modern paling terkenal yang bekerja dalam genre barat, lahir di Wichita Falls, Texas .Keluarga McMurtry telah terlibat dalam peternakan Texas selama tiga generasi, dan dia terpapar kehidupan peternakan sejak usia dini. McMurtry, bagaimanapun, akhirnya terbukti lebih tertarik pada buku daripada ternak.

Setelah belajar di Rice University, McMurtry pergi ke California, di mana ia bergabung dengan program penulisan kreatif Wallace Stegner di Stanford University. Stegner, yang telah menulis beberapa novel barat yang sangat sukses, termasuk The Big Rock Candy Mountain (1943), mengakui bakat McMurtry dan mendorong ambisinya untuk menulis tentang Barat modern.

Tidak yakin apakah dia bisa mencari nafkah hanya dengan menulis, McMurtry mendirikan toko buku di Texas dan Washington, DC, dan membagi waktunya di antara dua wilayah tersebut.

Dalam fiksi awalnya, McMurtry juga menggabungkan perspektif pedesaan dan perkotaan, sehingga memunculkan apa yang oleh beberapa orang disebut sebagai “barat perkotaan”.

Dampak masyarakat modern pada cara-cara tradisional dan cita-cita Amerika Barat membuat McMurtry terpesona. Barat novelnya adalah tempat di mana koboi menunggang kuda menghadapi pengusaha minyak kaya di Cadillac; di mana putra dan putri peternak lebih memilih gemerlap dan kilasan istana film daripada kehidupan keras yang hidup di luar negeri.

Dari novel-novel awal McMurtry, karyanya yang paling terkenal adalah Horseman, Pass By (1961), yang menjadi dasar film populer Hud . Homer Bannon, seorang peternak tua Texas yang melambangkan keberanian dan daya tahan Old West, menolak untuk mengizinkan pengeboran minyak di peternakannya.

Anak tirinya, Hud Bannon (diperankan oleh Paul Newman dalam film), mencemooh nilai-nilai Homer dan hanya peduli dengan potensi keuntungan minyak. Dia memulai proses hukum agar ayah tirinya dinyatakan tidak kompeten dan menjadikan dirinya sebagai pelaksana warisan.

Banyak novel McMurtry lainnya, termasuk Leaving Cheyenne (1963), The Last Picture Show (1966), dan Moving On (1970), mencerminkan perhatian yang sama dengan tempat nilai-nilai tradisional barat di dunia modern yang kejam.

Novel McMurtry yang paling sukses, bagaimanapun, diatur pada akhir abad ke-19 selama hari-hari awal industri peternakan terbuka. Lonesome Dove (1986) menceritakan kisah dua orang Texas Rangers yang menua yang memulai perjalanan ternak epik ke utara ke Montana di mana mereka berencana untuk memulai lagi.

Lebih heroik dari novel McMurtry sebelumnya, Lonesome Dove tetap saja menentang konvensi novel barat tradisional dengan potret kehidupan di Barat Lama yang seringkali sangat realistis dan brutal.

Dalam novelnya tahun 1988, Anything for Billy , McMurtry terus melemahkan pandangan mistis tentang Barat Lama. Potret Billy the Kid yang canggih dan terinformasi secara historis, Anything for Billy menggambarkan penembak terkenal itu sebagai seorang pemuda karismatik tetapi bingung yang tersapu oleh kekuatan sosial dan politik yang tidak dapat dia kendalikan atau pahami. McMurtry memberikan perlakuan serupa dengan mitos populer tentang Calamity Jane dalam novelnya tahun 1990, Buffalo Girls .

Seorang pengamat canggih dari Barat “Lama” dan “Baru”, McMurtry meninggal pada 25 Maret 2021.

NamaLarry McMurtry
LahirLarry Jeff McMurtry, 3 Juni 1936 (umur 84), Archer City, Texas, AS
PendidikanUniversity of North Texas
Rice University
PekerjaanNovelis, penulis naskah, esayis, penjual buku
Tahun aktif1961–sekarang