Jonathan Pollard mengaku menjual informasi rahasia ke Israel

Sejarah hari ini – Jonathan Pollard mengaku bersalah melakukan spionase karena menjual informasi intelijen militer Amerika Serikat yang sangat rahasia ke Israel. Mantan analis intelijen Angkatan Laut itu menjual cukup banyak dokumen rahasia untuk memenuhi ruangan berukuran sedang.

Pollard ditangkap pada November 1985 setelah pihak berwenang mengetahui bahwa dia telah bertemu dengan agen-agen Israel setiap dua minggu selama setahun terakhir.

Dia dibayar sekitar $50.000 untuk dokumen yang sangat sensitif dan diharapkan menerima sebanyak $300.000 dalam rekening bank rahasia Swiss. Informasi rahasia termasuk foto satelit dan data senjata Soviet.

Pollard dijatuhi hukuman penjara seumur hidup sementara istrinya Anne menerima hukuman lima tahun karena menjadi bagian dari kejahatan tersebut. Penemuan pengkhianatannya membuat hubungan antara AS dan Israel menjadi dingin.

Melihat AS sebagai sekutunya, Israel percaya bahwa informasi itu seharusnya diteruskan. Tetapi fakta bahwa beberapa agen Israel tetap berada di posisi tinggi meskipun mereka terlibat dalam spionase membuat marah Amerika Serikat.

Israel sejak itu terjebak oleh Pollard. Selama negosiasi damai yang dimediasi oleh Presiden Clinton pada akhir 1990-an, negara tersebut menjadikan pembebasan Pollard dari penjara sebagai poin kunci.

Pollard dibebaskan dari penjara, dan diberi pembebasan bersyarat, pada tahun 2015.

Profil

NamaJonathan Pollard
Jonathan Pollard
LahirJonathan Jay Pollard, 7 Agustus 1954 (umur 66), Galveston, Texas
Alma materUniversitas Stanford
PendudukanMantan analis intelijen dan mata-mata untuk Israel
Status kriminalMengaku bersalah pada tanggal 4 Juni 1986, dijatuhi hukuman pada tanggal 4 Maret 1987; dipenjara di Federal Bureau of Prisons sistem.
Diberikan pembebasan bersyarat 7 Juli 2015
Dirilis 20 November 2015
PasanganAnne Henderson Pollard (cerai)
Elaine Zeitz, alias Esther
Pollard (sekarang)
OrangtuaMorris Pollard (ayah)
Molly Pollard (ibu)
Tuntutan pidanaPelanggaran Undang-Undang Spionase
PenaltiPenjara seumur hidup dengan kemungkinan pembebasan bersyarat
Tangkap statusDibebaskan dari penjara

Pos terkait