Biodata: Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah dan 6 contohnya

  • Whatsapp

Biodata adalah sebuah pemaparan yang berisi data seseorang atau suatu tempat yang dijelaskan dan diperinci dengan beberapa aspek pendukung di dalamnya. Biodata adalah sejenis data diri yang bisa dibuat dalam bentuk singkat. Contoh biodata juga sangat beragam, mulai dari biodata diri sampai biodata perusahaan pun ada.

Biasanya biodata dapat berisi tentang informasi pribadi, namun di lain kesempatan dapat berisi visi dan misi suatu perusahaan atau tujuan dibentuk suatu organisasi. Biodata dapat dibedakan berdasarkan tujuan penulisannya dan isi biodata tersebut.

Berikut ini adalah beberapa contoh biodata yang dibedakan dari cara penulisannya serta isi biodata itu sendiri.

Pengertian

Dalam psikologi industri dan organisasi, biodata adalah data biografis. Biodata adalah “… jenis pertanyaan faktual tentang kehidupan dan pengalaman kerja, serta hal yang melibatkan opini, nilai, kepercayaan, dan sikap yang mencerminkan perspektif historis.”

Karena responden menjawab pertanyaan tentang diri mereka sendiri, akan ada unsur biografi dan otobiografi. Dasar dari kemampuan prediktif dari sebuah biodata adalah aksioma bahwa perilaku seseorang pada masa lalu adalah ceerminan terbaik perilaku seseorang pada masa depan.

Informasi biografi tidak pernah diharapkan untuk memprediksi semua perilaku masa depan, akan tetapi, berguna dalam pemilihan personil karena dapat memberikan indikasi kemungkinan perilaku di masa depan berdasarkan pembelajaran dari riwayat individu pada masa sebelumnya.

“Instrumen biodata” memiliki keunggulan dibandingkan “inventori kepribadian dan minat” karena seseorang dapat menangkap langsung gambaran perilaku seseorang pada masa lalu, dan mungkin merupakan alat prediksi terbaik untuk tindakannya di masa depan.[butuh rujukan] Langkah-langkah ini berhubungan dengan fakta tentang kehidupan seseorang, bukan introspeksi dan penilaian subyektif. (Wikipedia)

Struktur

Struktur teks biografi terdiri atas tiga bagian, yaitu orientasi, peristiwa penting, dan reorientasi.

Orientasi

Orientasi merupakan bagian awal dari teks biografi. Bagian ini mencakup pengenalan tokoh dan latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan pada bagian selanjutnya.

Orientasi berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam memahami informasi dasar mengenai peristiwa yang diceritakan. Bagian ini juga merupakan pengantar sebelum masuk ke pembahasan yang lebih rinci.

Peristiwa Penting

Selanjutnya, peristiwa penting. Pada bagian ini, diceritakan tentang rangkaian peristiwa, yaitu kejadian-kejadian utama yang dialami tokoh. Bagian ini disusun secara kronologis sesuai urutan waktu. Terkadang, penulis juga menyertakan beberapa komentar pada bagian-bagian tertentu dalam kronologi peristiwa.

Bagian ini juga merupakan inti dari teks biografi karena pada bagian inilah pembaca dapat mengambil hikmah dan teladan dari kisah hidup sang tokoh.

Reorientasi

Terakhir yaitu reorientasi. Bagian ini berisi komentar atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya. Reorientasi berperan sebagai penutup pada teks biografi dan bersifat opsional.

Bagian ini memudahkan pembaca dalam memahami peristiwa yang telah diceritakan dan memahami alasan tokoh tersebut patut dijadikan teladan bagi banyak orang.

Ciri

Teks biografi memiliki ciri-ciri tertentu. Kamu bisa melihat ciri-ciri teks biografi pada infografik berikut.

Berdasarkan ciri-ciri tersebut, kamu jadi bisa mengidentifikasi nih, teks yang sedang kamu baca tergolong teks biografi atau bukan.

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

Teks biografi ditulis dengan tetap memperhatikan kaidah kebahasaan. Kamu bisa lihat kaidah kebahasaan teks biografi pada infografik berikut.

Memang betul! Teks biografi dan cerpen (cerita pendek) sama-sama merupakan contoh teks cerita ulang.

Ada tiga jenis teks cerita ulang yaitu cerita ulang personal, cerita ulang fakta, dan cerita ulang imajinasi. Cerita ulang personal, contohnya buku harian dan surat pribadi. Cerita ulang fakta, contohnya catatan sejarah, biografi, autobiografi, dan berita di media massa. Sedangkan cerita ulang imajinasi, contohnya dongeng, novel, dan cerpen.

Eits, tapi ingat! Meskipun kaidah kebahasaannya mirip-mirip, tapi biografi berbeda, ya, dengan cerpen. Biografi berisikan fakta yang didasarkan pada pengalaman hidup tokoh yang diceritakan. Sedangkan cerpen berisikan cerita fiksi yang didasarkan pada imajinasi pengarang. (Ruang Guru)

Baca juga: Berita Acara: Pengertian, Langkah membuat dan Contohnya

Contoh

Berikut 6 contoh biodata yang dapat anda jadikan rambu-rambu jika anda ingin membuatnya.

Biodata

1. Biodata Singkat

Biodata singkat adalah data seseorang yang ditulis secara singkat. Biasanya ini tertulis di halaman sebuah buku ataupun di poster pengenalan tokoh. Biodata ini sebagai penjelasan singkat tentang seseorang tersebut.

Contoh :

Aku adalah Agus Rianto. Lahir di Jakarta, 17 Agustus 1980. Aku lahir di keluarga Pegawai Negeri Sipil. Ayahku adalah seorang Komandan Kepolisian sedangkan ibuku adalah seorang anggota Dharma wanita.

Aku adalah anak kelima dari enam bersaudara. Kakak dan adikku semuanya adalah anggota PNS. Keluarga besar kami hampir semuanya adalah Pegawai Negeri Sipil.

Mulai dari kakekku, pamanku, hingga ke tanteku semuanya adalah Pegawai Negeri Sipil. Ayah dan ibuku sudah menekankan bahwa aku harus mengikuti jejak mereka. Hanya saja, passion-ku tidak disana.

Aku menyukai seni beladiri seperti beladiri adalah hidupku. Mulai dari taekwondo, karate, silat, semuanya dapat aku kuasai. Namun, cita-citaku seolah diatur oleh pemikiran primitive di negeri ini bahwa semua keluarga harus menjadi Pegawai Negeri Sipil.

2. Biodata Diri Sendiri

Biodata diri sendiri adalah suatu data yang berisi deskripsi diri sendiri. Penulisan biodata ini akan memakai sudut pandang pertama sehingga para pembacanya akan dapat merasakan perasaan pemilik biodata tersebut.

Biodata ini juga bisa disebut sebagai autobiografi singkat. Karena perbedaannya yang tidak terlalu jauh, maka autobiografi dan biodata sering susah dibedakan. Namun begitu tetap ada sedikit perbedaan antara autobiografi dan juga biodata diri sendiri.

Contoh :

Aku adalah Verawati Nur Oktavia. Aku lahir di Tangerang pada 27 tahun yang lalu Aku adalah guru di sebuah SMA Negeri di Tangerang. Aku anak pertama dari 2 bersaudara. Hobiku selain menulis adalah travelling. Jalan-jalan adalah passion-ku.

Karir menulisku dimulai pada tahun 2015. Dimana saat itu mulai datang ‘musim Tumblr’. Aku membuka sebuah akun yang memakai nama pena Hujankopisenja. Tentu saja bukan tanpa alasan aku memakai nama pena tersebut.

Aku memulai karir menulis melalui Tmblr dengan bercerita melalui sajak dan prosa. Menguntai kata indah adalah kegemaranku. Selain dapat mengungkapkan perasaan. Prosa dan sajak juga menjadi kalimat yang indah untuk dikenang.

Aku senang menuangkan tulisanku melalui prosa. Prosa dapat membuatku menuangkan perasaan terdalam yang dapat mewakili perasaanku. Indah namun terlihat misterius. Itulah yang ingin aku sampaikan di proa.

Bukan tanpa alasan untukku menulis karya sastra, aku sangat menyukai dunia sastra. Dunia sastra adalah peralihan ku untuk rehat sejenak dari kegiatan rutinku. Selama aku dapat menulis sebuah prosa, maka aku dapat merasakan bahagia.

Prosa adalah kekasihku. Hanya dengan menulis prosa saja, semua perasaanku akan terwakilkan. Karya sastra bagiku adalah sebuah petualangan tanpa akhir. Karena bersama dengan karya sastra, aku dapat merasakan perjalanan indah.

Aku tak menyangka jika di awal tahun 2018, aku mendapatkan kabar jika aku memenangkan salah satu kategori di acara penghargaan Kepenulisan. Padahal saat itu, aku tidak terlalu serius menekuninya.

Dan hanya karena suatu keadaan, makanya aku berpaling ke salah satu forum Kepenulisan. Namun suratan takdir mana yang berdusta. Aku memenangkan salah satu kategori dimana ceritaku menempati posisi 5 besar.

Aku sangat bersyukur ketika mendapatkan berita tersebut dan berjanji kepada diri sendiri untuk tidak berpuas diri dan selalu belajar lebih dalam lagi mengenai dunia sastra.

3. Biodata Perusahaan

Biodata perusahaan berisi data-data pribadi perusahaan seperti awal pembentukan perusahaan, anggota penting perusahaan, dan beberapa hal penting lainnya. Biodata perusahaan akan tersimpan rapi sebagai dokumen penting.

Setiap perusahaan tentu memiliki biodata mengenai perusahaannya, agar lebih mudah mengenal perusahaan tersebut. Biodata perusahaan bukanlah hal yang umum diketahui banyak orang. Biasanya dokumen penting ini hanya diketahui oleh beberapa orang penting di dalam kantor saja. Karena memuat banyak info penting, maka biodata ini disebut juga biodata rahasia.

Contoh :

Biodata Perusahaan

Nama Perusahaan: PT. GRAPINDO DEVELOPER
Alamat Kantor: Jl. Soekarno-Hatta no. 110, Jakarta Selatan
Telp: 021-768-564
Fax: 021-768-564
Mobile: 0812-7777-9999
Website: www.grapindodeveloper.id
Email [email protected]

*) Legalitas Perusahaan
Nama Notaris: Yudeni, SH
Nomor: 89
Tanggal: 12 September 2010

*) Surat Keterangan Tempat Usaha (SKTU)
Nomor: 780-9188/SKTU-XI/BP2TPM/2010
Tanggal: 12 September 2010
Berlaku s/d: 12 September 2011

*) Nomor Pokok Wajib Pajak
Nomor: 03.026.515.8-831.000
Tanggal: 12 September 2010

*) Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP)
Nomor: 780-9190/SPPKP-XI/BP2TPM/2010
Tanggal: 12 September 2010
Bidang Usaha: Perumahan Real-Estate

*) Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
Nomor: 151036208998
Tanggal: 12 September 2010
Berlaku s/d: 12 September 2015

*) Bank Account
Bankers: Bank Rakyat Indonesia (BRI)
No. Rekening: 000999111222.3
Atas Nama: Heryanto Wirawan
Bankers: Bank Tabungan Negara (BTN)
No. Rekening: 0009-99-111222-37-0
Atas Nama: Heryanto Wirawan

Visi:

– Menjalankan perusahaan dengan landasan karyawan is a leader.
– Menjadikan perusahaan sebagai perusahaan real-estate paling sukses
– Membuka lapangan kerja bagi masyarakat
– Menjanjikan perumahan yang asri lagi bersih
– Menerapkan system irigasi untuk setiap perumahan

Misi:

– Melakukan pembukaan lowongan besar-besaran dengan tidak berpatokan pada sertifikat kelulusan
– Melakukan promosi di berbagai bazar
– Menjadikan perumahan sebagai rumah nyaman untuk setiap keluarga
– Berusaha meningkatkan kerja menjadi lebih baik.

4. Biodata Organisasi

Biodata organisasi berisi biodata anggota sebuah organisasi dimana didalamnya berisi data pribadi serta visi dan misi yang diinginkan oleh si anggota. Biodata ini biasanya akan ditulis ketika awal masuk anggota untuk diarsipkan menjadi dokumen penting organisasi. Jadi, setiap anggota yang tercantum dalam organisasi tersebut harus membuat biodata, yang mana biodata tersebut akan diarsipkan dengan biodata anggota yang lain.

Contoh :

Biodata Organisasi

ORGANISASI KARANG TARUNA ARKATAMA
Sekretariat Jl. Pancasila No. 19, Sukabumi, Bandar Lampung, 35122

BIODATA ANGGOTA

Nama: Dava Herina Wirawan
Tempat, tanggal lahir: Bandar Lampung, 07 Agustus 1998
Unsur: –
Jabatan dalam organisasi: Ketua Seksi Olahraga dan Seni
Jenis kelamin: Perempuan
Utusan dari kabupaten: Kalianda
– Kecamatan: Sukabumi
– Kelurahan/desa: Maju Jaya
Pendidikan terakhir: SMK
Agama: Islam
Pekerjaan: Wirausaha
Alamat organisasi: Jl. Pancasila No. 19, Sukabumi, Bandar Lampung, 35122
Alamat rumah: Jl. P. Singkep, Pangestu, Perum.
Nomor hp: 0897-9000-789
Riwayat kesehatan: –

Visi:

– Menjalankan organisasi sebagaimana mestinya dimana karang taruna adalah wadah bagi muda-mudi untuk berkarya.
– Membangun karang taruna yang bersih dari Nepotisme dan Bullying
– Membina anggota menjadi warga yang baik dan santun
– Menjalankan organisasi dengan berlandaskan Pancasila
– Membina anggota menjadi warga yang sehat

Misi:

– Dengan mendata semua muda-mudi kisaran 12 sampai 27 tahun sebagai anggota untuk dibina.
– Membagi tugas secara adil sesuai dengan kemampuan setiap anggota
– Membentuk para anggota menjadi pribadi yang bertanggung jawab
– Senantiasa menjalankan semua kegiatan dengan penuh tanggung jawab
– Selalu membangun silaturahmi dengan para anggota dengan cara mengadakan rapat rutin setiap minggu
– Melakukan kegiatan rutin setiap minggu yaitu olahraga bersama

5. Biodata Seorang Tokoh

Biodata seorang tokoh memuat data-data pribadi seorang tokoh terkenal sebagai info untuk para penggemar mereka. Biasanya management akan merilis biodata ini secara khusus di situs resmi maupun di majalah.

Contoh:

Verawati Nur Oktavia atau seorang penulis dengan nama pena Hujankopisenja. Lahir di Tangerang pada 27 tahun yang lalu. Berprofesi sebagai guru di sebuah SMA Negeri di Tangerang tidak menghalangi idenya untuk menulis karya sastra.

Cita-citanya menjadi penulis sudah ia giatkan sejak ia menduduki bangku SMA namun dapat berpartisipasi langsung dengan kegiatan sastra mulai pada tahun 2015. Memiliki karya yang sudah cetak dan terjual hingga jutaan kopi membuatnya tidak berpuas diri.

Menghabiskan waktu dengan bercerita adalah kegemarannya. Menjadikannya salah satu novelis yang mendalami dunia dongeng. Kesukaannya pada sastra membuat dirinya sudah belajar dan terus belajar untuk menjadi penulis yang lebih baik.

Menyukai penulis Fiersa Besari dan Boy Candra dan sangat menyukai hal-hal yang berbau travelling. Orang yang sangat penuh dengan kehangatan bila sudah mengenalnya. Suka hal-hal yang berbau candaan ‘receh’ dan suka dipanggil ‘Mak’.

Mencintai karya sastra seolah karya sastra adalah hidupnya sendiri. menjadikan menulis sebagai jendela diri untuk selalu berusaha lebih baik. Memiliki 1 juta pengikut di Tumblr-nya tapi selalu rendah diri.

Kini ia sedang menyelami dunia sastra lewat komunitas yang dibentuknya. Menjadikannya founder sekaligus ketua se-jabodetabek. Ingin tau lebih jauh, dapat mengontak langsung melalui media sosialnya.

6. Biodata Lengkap

Biodata lengkap mencakup semua data diri seseorang termasuk riwayat sekolah, riwayat pekerjaan, data keluarga dan sebagainya. Biodata lengkap ini hampir sama kegunaannya dengan riwayat hidup.

Karena sama-sama berisi dengan data pribadi seseorang maka biodata lengkap juga disamakan dengan biodata resmi. Biodata lengkap haruslah disertai dengan dokumen pelengkap seperti foto, ktp dan sim.

Contoh:

Biodata Lengkap

Nama: Dava Herina Wirawan
Tempat, tanggal lahir: Bandar Lampung, 07 Agustus 1998
Anak ke dari: 2 dari 2 bersaudara
Jenis kelamin: Perempuan
Pendidikan terakhir: SMK
Agama: Islam
Cita-cita: An Artist
Hobi: Melakukan hal-hal yang berbau seni
Pekerjaan: Wirausaha
Alamat rumah: Jl. P. Singkep, Pangestu, Perum.
Nomor hp: 0897-9000-789
Riwayat kesehatan: –
Riwayat pendidikan:
– SD Negeri Tanjung Agung (2010)
– SMP Negeri 31 Bandar Lampung (2013)
– SMK Negeri 1 Bandar Lampung (2016)
Riwayat pekerjaan: Editor Chief di Enternal Publishing (2017-2019)

Nama Orang Tua:
– Ayah: Heryanto Wirawan
– Ibu: Rina Wirawan
– Nama saudara kandung: 1. Iqbal Herino Wirawan

Cerita singkat :

Aku adalah Dava Herina. Lahir di Jakarta, 7 Agustus 1998. Aku lahir pada pukul 2 pagi dengan selamat dan dibantu oleh Bidan berpengalaman. Ibuku berjuang mati-matian untuk melahirkanku dan aku sangat menghargai kehidupan ini.

Aku adalah anak kedua dari dua bersaudara. Kakakku adalah seorang penulis terkenal. Tulisannya sangat membuatku kagum hingga aku hampir tidak mengenalinya. Kakak adalah orang yang berbeda ketika dirumah dan di depan public.

Namun, aku tetap menyayangi keluargaku yang sempurna. Sangat amat menyayangi mereka semua.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran CPNS 2021

Itulah beberapa contoh biodata yang dapat dijadikan contoh dalam pembuatannya. Mulai dari biodata singkat sampai biodata lengkap sebuah perusahaan dan organisasi. Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat biodata adalah perbedaan dari setiap biodata itu tergantung pada tujuan pembuatannya.

Contoh biodata ini dapat sering kita lihat di beberapa dokumen penting. Biodata akan terlihat di beberapa bagian penting suatu buku maupun suatu dokumen. Dengan mencantumkan biodata juga akan membuat orang yang melihat semakin tertarik.

Pos terkait