Software Manajemen Inventaris Terbaik 2021

Pelajari fitur mana yang harus dicari dalam perangkat lunak manajemen inventaris untuk bisnis Anda dan aplikasi perangkat lunak manajemen inventaris yang kami rekomendasikan.

  • Manajemen persediaan adalah proses dimana bisnis melacak barang dan bahan baku saat mereka masuk dan keluar dari fasilitas penyimpanan dan lokasi ritel perusahaan.
  • Perangkat lunak manajemen inventaris dapat membantu Anda melacak jumlah produk di gudang atau toko Anda; itu juga dapat secara otomatis mengisi item tertentu saat dibutuhkan.
  • Pilih perangkat lunak yang mudah digunakan dan berisi fitur seperti manajemen pesanan, pemindaian kode batang, manajemen penagihan, dan pelaporan terperinci.
  • Artikel ini ditujukan untuk pengusaha yang ingin meningkatkan cara mereka melacak, memelihara, dan memesan stok baru, serta mengotomatiskan tugas-tugas penting dan meningkatkan kemampuan akuntansi mereka.

Di banyak bisnis, termasuk manufaktur dan ritel, menjaga penghitungan inventaris Anda secara akurat sangat penting untuk mempertahankan laba yang sehat. Bisnis yang sangat kecil mungkin mengelola inventaris dalam spreadsheet Microsoft Excel, memasukkan data secara manual saat transaksi terjadi dan pesanan baru masuk. Namun, seiring pertumbuhan bisnis, proses ini menjadi berat dan penuh dengan kesalahan.

Saat meningkatkan, perangkat lunak manajemen inventaris dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk melacak tingkat stok Anda dan memastikan Anda mengisi kembali barang sesuai kebutuhan sehingga Anda tidak akan pernah kehabisan atau memiliki terlalu banyak persediaan.

Software Manajemen Inventaris Terbaik 2021

Baca juga: 10 Tips Penting Manajemen Inventaris Efektif

Perbandingan Software Manajemen Inventaris

FishbowlLightspeedCin7Quickbooks CommerceOracle NetSuite
HargaMulai dari $4.395 biaya lisensiMulai dari $69/bln – $229/blnMulai dari $299/blnMulai dari $40/bln – $150/blnMembutuhkan kutipan
Manajemen pesananPenyesuaian stok otomatis, poin pemesanan ulang, manajemen banyak saluranPenyesuaian stok otomatis, poin pemesanan ulang, pesanan khusus, variasi produkPenyesuaian stok otomatis, poin pemesanan ulang, manajemen banyak saluranPenyesuaian stok otomatis, poin pemesanan ulang, manajemen banyak saluranPenyesuaian stok otomatis, poin pemesanan ulang, promosi dan diskon manajemen beberapa saluran
PelacakanBatch, pelacakan serial, pelacakan lotBatch, pelacakan serial, barcodeBatch, pelacakan serial, barcodeKode batangBatch, pelacakan serial, barcode
Integrasi kunciQuickBooks, Tenaga Penjualan, Shopify, Amazon, Dropbox, Squarespace, ZohoTSYS, SkuVault, Mailchimp, Lendio, Homebase, AkumulaQuickBooks, Shopify, WooCommerce, Penjual Amazon, Afterpay, Salesforce, MailchimpQuickBooks, Shopify, Squarespace, AmazonHubungi penjualan Oracle

Harga Software Manajemen Inventaris

Biasanya, perangkat lunak manajemen inventaris, rata-rata, berharga sekitar $100 per bulan, meskipun tersedia solusi berbiaya lebih rendah. Perangkat lunak yang paling mahal dapat berharga hingga $3.000 per bulan atau mungkin datang dengan biaya lisensi satu kali beberapa ribu dolar.

Faktor kunci yang menentukan biaya adalah ukuran bisnis Anda, volume inventaris Anda, jumlah pesanan yang Anda terima, dan jumlah lokasi yang Anda perlukan untuk dicakup oleh sistem.

Perangkat lunak manajemen inventaris berkisar dari $ 100 per bulan hingga $ 3.000 per bulan, atau mungkin ada biaya lisensi satu kali beberapa ribu dolar. Faktor penting mencakup ukuran bisnis Anda, jumlah pesanan yang Anda terima, dan jumlah lokasi tempat Anda beroperasi.

1. Fishbowl: Perangkat Lunak Manajemen Inventaris Terbaik untuk Integrasi

Fishbowl
  • Fishbowl adalah perangkat lunak manajemen inventaris yang komprehensif dengan manajemen gudang dan fitur manufaktur.
  • Ini ramah pengguna meskipun memiliki set fitur yang luas.
  • Akan berlebihan untuk usaha kecil dengan kebutuhan manajemen persediaan dasar.

Perangkat lunak manajemen inventaris Fishbowl menawarkan solusi hebat untuk bisnis kecil (ritel, manufaktur, dan gudang) menggunakan perangkat lunak pihak ketiga seperti QuickBooks, Salesforce, dan Shopify. Fishbowl membebankan biaya lisensi satu kali sebesar $4.395 daripada tarif berlangganan bulanan.

Ini fitur pelacakan lot dan serial, serta opsi untuk melacak item berdasarkan tanggal kedaluwarsa, jika Anda menyimpan barang yang mudah rusak. Platform ini dapat diintegrasikan dengan perangkat keras pemindaian untuk mengaktifkan barcode produk. Ini adalah pilihan yang baik untuk usaha kecil dan skala yang membutuhkan ruang untuk tumbuh dengan perangkat lunak mereka.

Maret 2021: Fishbowl telah mengumumkan rebranding, mengubah tampilan logo dan properti digitalnya tetapi tetap mempertahankan namanya. Sebagai bagian dari rebranding, perusahaan bermaksud untuk membangun “pusat pengetahuan” informasi yang berguna tentang penggunaan Fishbowl untuk manajemen inventaris dan fungsi manajemen gudang.

“Merek baru kami membantu orang memahami Fishbowl adalah tentang menyederhanakan proses mereka sehingga mereka dapat tetap fokus pada apa yang mereka lakukan,” kata CEO Fishbowl John David King dalam sebuah pernyataan. “Terlepas dari seberapa sulit atau kompleks bisnis mereka, kami semua berinovasi untuk membantu pemilik bisnis memahami dan menyederhanakan inventaris mereka dengan memberi mereka akses ke apa yang mereka butuhkan, bagaimana mereka membutuhkannya, dengan kemudahan penggunaan namun perangkat lunak yang kuat.”

2. Oracle NetSuite: Perangkat Lunak Manajemen Inventaris Terbaik untuk Manajemen Gudang

Oracle NetSuite
  • Platform ERP NetSuite memiliki fitur manajemen inventaris yang kuat.
  • Ini unggul dalam otomatisasi, dan alat intelijen bisnisnya dapat mengoptimalkan alur kerja perusahaan Anda.
  • NetSuite mungkin terlalu mahal untuk bisnis kecil. Biayanya lebih dari $1.000 per bulan.

Oracle NetSuite adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan yang komprehensif yang mencakup fitur manajemen inventaris yang diperlukan untuk bisnis dengan banyak lokasi dan gudang, serta yang menjual di beberapa saluran.

Oracle NetSuite adalah yang terbaik untuk bisnis besar yang membutuhkan sistem manajemen inventaris yang kuat. Meskipun ada kurva pembelajaran, NetSuite menawarkan pemandangan inventaris yang indah jika perusahaan Anda memiliki banyak lokasi, dan, melalui integrasinya dengan modul lain seperti point-of-sale (POS) dan perangkat lunak akuntansi, membuat Anda tetap mendapat informasi tentang setiap aspek dari bisnis Anda. perusahaan. Oracle NetSuite menyertakan pelacakan batch, serial, lot, dan bin sehingga Anda selalu tahu di mana setiap item berada di toko, gudang, atau fasilitas lainnya.

April 2021: Oracle NetSuite’s 2021 Rilis 1 mencakup beberapa fitur baru yang ditujukan untuk mengatasi tantangan pasokan setelah pandemi virus corona. Fitur-fitur ini termasuk pembelian dan penagihan terpusat untuk organisasi yang menjalankan banyak bisnis (seperti anak perusahaan), peringatan dan analisis manajemen anggaran, impor/ekspor otomatis dari info perbankan dan kartu kredit yang diperbarui, dan persetujuan seluler atas laporan dan pembayaran. Rilis ini juga mencakup beberapa alat yang berguna khusus untuk manajemen gudang, termasuk pemindaian penghitungan, pencetakan label, dan penyisihan keranjang.

3. Lightspeed: Perangkat Lunak Manajemen Inventaris Berbiaya Rendah Terbaik

Lightspeed
  • Ini adalah platform yang mudah digunakan dengan fitur manajemen inventaris tingkat lanjut.
  • Biaya rendahnya berkisar dari $69 hingga $229 per bulan.
  • Ini tidak memiliki skalabilitas yang dibutuhkan bisnis menengah dan besar.

Lightspeed mulai dari $69 per bulan, menjadikannya salah satu sistem manajemen inventaris paling terjangkau yang kami ulas. Tingkat harga teratas tetap bersaing dengan harga $229 per bulan. Lightspeed adalah pilihan yang cocok untuk usaha kecil dengan berbagai macam produk, mendukung katalog variasi produk khusus berdasarkan ukuran, warna, bahan dan banyak lagi.

Lightspeed mendukung pelacakan serial di beberapa lokasi. Ini mencakup alat manajemen pesanan yang memudahkan pemesanan ulang stok dari pemasok. Anda dapat mengatur titik pemesanan ulang khusus sehingga ketika stok Anda turun di bawah ambang batas yang Anda tetapkan, perangkat lunak secara otomatis menghasilkan pesanan pembelian baru. Sistem ini juga memberi Anda kendali atas harga, memungkinkan Anda menetapkan tarif dan menawarkan diskon atau promosi.

Mei 2021: Lightspeed dan Google baru-baru ini mengumumkan kemitraan yang dimaksudkan untuk membantu bisnis kecil dan menengah dibuka kembali dan pulih setelah pandemi COVID-19. Bisnis ritel fisik, khususnya, telah menderita, jadi Lightspeed dan Google menawarkan alat seperti Iklan Inventaris Lokal Google, Kampanye Belanja Cerdas Google, dan Google Bisnisku tanpa biaya melalui platform Lightspeed.

Pengumuman ini muncul setelah Lightspeed mengakuisisi perusahaan manajemen ritel Vend senilai $350 juta – sinyal jelas lainnya bahwa Lightspeed bertujuan untuk memperdalam pijakannya di ruang ritel.

4. QuickBooks Commerce: Perangkat Lunak Manajemen Inventaris Terbaik untuk Kemudahan Penggunaan

QuickBooks Commerce
  • QuickBooks Commerce memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan relatif mudah dipelajari.
  • Perangkat lunak ini memiliki integrasi yang mulus dengan platform e-commerce utama seperti Shopify, WooCommerce, dan Amazon.
  • Fitur manufaktur dan manajemen gudang hanya tersedia pada tingkat harga tertinggi.

Dahulu TradeGecko, QuickBooks Commerce mempertahankan antarmuka yang mudah digunakan dari sistem warisan. QuickBooks Commerce adalah solusi berbiaya rendah lainnya; harga berkisar dari $70 hingga $150 per bulan, tergantung pada tingkat layanan yang Anda pilih.

QuickBooks Commerce sangat berguna untuk penjual online, terintegrasi dengan semua platform e-commerce utama: Shopify, Amazon, eBay, Etsy, dan WooCommerce. Seperti yang Anda harapkan, itu terhubung dengan mulus dengan perangkat lunak akuntansi QuickBooks. QuickBooks Commerce mendukung pelacakan inventaris di berbagai lokasi dan saluran penjualan. Secara keseluruhan, ini adalah solusi manajemen inventaris yang sederhana namun efektif untuk bisnis kecil.

5. Cin7: Perangkat Lunak Manajemen Inventaris Keseluruhan Terbaik

Cin7
  • Ini adalah platform komprehensif dengan setiap fitur manajemen inventaris yang dibutuhkan bisnis.
  • Ini memiliki harga awal yang kompetitif $ 299 per bulan.
  • Paket dengan biaya terendah tidak termasuk fungsi manajemen gudang.

Perangkat lunak manajemen inventaris berbasis cloud Cin7 dapat diintegrasikan dengan modul lain, termasuk perangkat lunak point-of-sale, alat manajemen gudang, dan platform e-commerce. Mulai dari $299 per bulan, ini adalah platform dengan harga bersaing yang dapat menskalakan bisnis Anda seiring pertumbuhannya, mencegah kebutuhan untuk bermigrasi ke sistem baru saat menambahkan lokasi atau fasilitas penyimpanan.

Cin7 menawarkan berbagai metode pelacakan, termasuk kode batang; kelompok; pertama masuk pertama keluar; dan pelacakan serial. Cin7 menyertakan alat pelaporan canggih yang memberikan wawasan tidak hanya tentang inventaris Anda, tetapi juga data yang relevan dari sistem terintegrasi lainnya, seperti perangkat lunak akuntansi Anda.

Baca juga: 7 Teknik Manajemen Inventaris yang perlu Anda pelajari

Apa itu perangkat lunak Manajemen Inventaris?

Perangkat lunak manajemen inventaris membantu bisnis memantau stok mereka di toko dan fasilitas penyimpanan mereka , melacak di mana produk berada secara fisik, kapan mereka menjual, dan kapan lebih banyak jumlah perlu dipesan. Perangkat lunak ini memastikan bahwa stok barang Anda diperbarui secara real time, dan dapat secara otomatis mengimpor dan mengekspor data penting ke dan dari sistem lain, seperti perangkat lunak POS atau perangkat lunak akuntansi .

Jenis perangkat lunak ini menghilangkan entri ganda data dalam spreadsheet dan perangkat lunak akuntansi. Ini merampingkan pelacakan lokasi produk dan bahan baku Anda, ditambah lagi membantu Anda menerapkan rencana manajemen pesanan sehingga Anda tidak pernah memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit stok barang tertentu. Perangkat lunak manajemen inventaris juga menawarkan pelaporan terperinci sehingga Anda dapat meninjau dan menganalisis inventaris bisnis Anda secara berkala di beberapa lokasi.

Perangkat lunak terbaik bergantung pada jenis dan ukuran bisnis. Misalnya, bisnis ritel lokasi tunggal memerlukan aplikasi perangkat lunak yang tidak terlalu rumit daripada produsen yang perlu melacak bahan mentah dan produk jadi. Seiring pertumbuhan bisnis ke banyak lokasi, perangkat lunak manajemen inventaris yang lebih komprehensif diperlukan.

Perangkat lunak manajemen inventaris harus melengkapi proses manual yang menyeluruh. Staf Anda harus dilatih dengan benar tentang cara memindai item sehingga sistem selalu mutakhir. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara menerapkan rencana manajemen inventaris, baca artikel kami tentang strategi manajemen inventaris yang efektif yang harus diterapkan semua bisnis .

Perangkat lunak manajemen inventaris membantu bisnis memantau produk dan bahan baku mereka. Ini juga menerapkan protokol manajemen pesanan sehingga Anda selalu memiliki jumlah stok yang optimal.

Fitur Manajemen Inventaris

Berikut adalah melihat lebih dekat apa yang termasuk dalam perangkat lunak manajemen inventaris dan bagaimana fitur ini mendukung bisnis Anda.

1. Integrasi titik penjualan

Integrasi dengan manajemen inventaris dan sistem POS memungkinkan Anda melacak transaksi di toko fisik dan platform e-niaga . Setiap kali suatu produk dipindai di register atau diperiksa di keranjang online, jumlah pesanan secara otomatis dikurangkan dari total persediaan. Fitur ini sangat penting untuk bisnis dengan banyak saluran penjualan, di mana transaksi dapat dengan mudah diabaikan dan dapat mempengaruhi inventaris.

2. Katalog persediaan

Banyak pengecer menjual berbagai jenis produk yang sama, seperti, misalnya, T-shirt dalam berbagai ukuran dan warna. Perangkat lunak manajemen inventaris sering kali menyertakan katalog yang membedakan produk berdasarkan ukuran, warna, dan karakteristik lainnya serta melacak berapa banyak stok kecil, sedang, dan besar, serta berapa banyak setiap ukuran yang tersedia dalam berbagai warna.

3. Pengurutan ulang otomatis

Menggunakan alat manajemen pesanan perangkat lunak, Anda menentukan jumlah minimum yang Anda butuhkan untuk barang tertentu. Ketika inventaris Anda mencapai jumlah yang telah ditentukan sebelumnya, perangkat lunak secara otomatis memesan ulang.

Alat ini membantu Anda menghindari kehabisan stok dan, sebaliknya, memiliki terlalu banyak persediaan. Program paling canggih menganalisis data penjualan historis dan menyesuaikan titik pemesanan ulang (dan jumlah), menghitung waktu tunggu untuk produk yang akan dipesan dan dikirim dari pemasok.

4. Integrasi e-commerce

Banyak bisnis mengandalkan e-commerce untuk melengkapi penjualan fisik, sementara bisnis lain hanya menjual secara online. Perangkat lunak manajemen inventaris terbaik terintegrasi dengan beberapa saluran e-niaga, termasuk pasar online seperti Amazon atau platform e-niaga seperti Shopify.

5. Pemindaian kode batang

Saat menyimpan inventaris di gudang atau ruang penyimpanan di belakang toko ritel Anda, Anda perlu mengetahui berapa banyak setiap item yang ada dan di mana mereka disimpan secara fisik. Pemindaian kode batang memungkinkan ini dengan cepat dan mudah, memungkinkan staf untuk memindai item saat mereka tiba dan saat ditempatkan di penyimpanan.

Kemudian, ketika suatu barang terjual, staf dapat dengan cepat mencari di mana barang tersebut disimpan dan memindainya. Setiap pemindaian secara otomatis memperbarui inventaris Anda. Beberapa fitur barcode dapat dilakukan dengan pembaca QR sederhana di smartphone, mengurangi perangkat keras yang perlu Anda beli.

6. Kemampuan RFID

Perangkat lunak manajemen inventaris paling canggih memungkinkan tag RFID, yang secara otomatis melacak pergerakan barang melalui gudang tanpa perlu memindainya. Dengan menempatkan tag RFID pada barang-barang, dan menempelkan pemindai RFID di seluruh fasilitas penyimpanan, barang-barang secara otomatis dicatat saat tiba di tempat pemuatan, saat pekerja menempatkannya di lorong dan tempat sampah, dan saat mereka meninggalkan gudang untuk tujuan akhir mereka.

Ini lebih lanjut mengotomatiskan pelacakan lokasi dan memastikan kesalahan manusia (seperti pekerja yang lupa memindai item setelah memindahkannya) tidak mengakibatkan data yang tidak akurat memasuki perangkat lunak manajemen inventaris.

Baca juga: Cara menghitung harga pokok penjualan berbagai metode

Kelebihan dan Kekurangan Manajemen Inventaris

Pertimbangkan pro dan kontra ini saat memilih sistem manajemen inventaris untuk bisnis kecil Anda:

Kelebihan

1. Efisiensi

Perangkat lunak manajemen inventaris mengotomatiskan beberapa proses padat karya dan memakan waktu, seperti melacak lokasi item dan memesan ulang saat jumlah hampir habis. Semakin Anda dapat mengotomatiskan pekerjaan ini menggunakan perangkat lunak, semakin banyak sumber daya yang Anda hemat – tim Anda tidak lagi harus menghitung stok bahan atau barang Anda secara manual; mereka dapat fokus pada tugas yang lebih penting.

2. Penghematan biaya

Pengoptimalan ini dapat diterjemahkan ke neraca Anda dalam dua cara. Satu, Anda tidak lagi membayar staf untuk jam kerja (atau lembur) dengan cermat menghitung setiap item. Dua, banyak solusi manajemen inventaris secara otomatis menyesuaikan ambang pemesanan ulang sehingga Anda lebih tepatmemesan jumlah yang realistis dari item yang Anda butuhkan.

Misalnya, jika Anda menjual sepatu dan buku terlaris Anda adalah Air Jordans merah, sistem menetapkan jumlah minimum yang lebih tinggi, memesan ulang ketika, katakanlah, hanya tersisa 10 pasang sehingga Anda memiliki persediaan yang cukup untuk memenuhi permintaan.

Atau, jika sepatu terlaris Anda adalah Crocs, sistem mungkin menetapkan minimum dan maksimum yang lebih rendah, menyusun ulang saat Anda memiliki dua pasang dan hanya menyimpan 10 pasang. Karena sistem mempertahankan jumlah stok yang optimal pada waktu tertentu, Anda menggunakan arus kas untuk penggunaan yang lebih baik.

3. Akurasi

Perangkat lunak manajemen inventaris dengan pelacakan item otomatis membantu memastikan catatan Anda mutakhir. Saat terintegrasi dengan POS atau perangkat lunak akuntansi Anda, sistem manajemen inventaris membagikan data penting secara otomatis (dan sebaliknya), menghindari kesalahan mahal yang terjadi ketika manusia memasukkan data yang salah secara manual ke beberapa sistem.

4. Dapat diukur

Sebagian besar program perangkat lunak manajemen inventaris dengan mudah mengakomodasi pertumbuhan, seperti jika Anda membuka toko kedua atau menyewa gudang. Memulai dari yang kecil dengan rencana perangkat lunak Anda adalah bijaksana; misalnya, jika Anda adalah toko ritel satu lokasi, Anda dapat membeli paket volume terendah.

Saat Anda memperluas ke dua atau lebih lokasi, Anda dapat menambahkan fitur tambahan atau memilih tingkat harga yang lebih tinggi. Akhirnya, ketika tiba saatnya untuk membuka gudang, sistem manajemen inventaris yang tepat juga mengakomodasi kebutuhan baru Anda di sana.

Kekurangan

1. Mahal

Tentu saja, perangkat lunak manajemen inventaris merupakan biaya tambahan untuk bisnis Anda. Dalam beberapa kasus, ini melibatkan investasi awal yang signifikan untuk lisensi ditambah biaya tahunan berulang untuk mempertahankan dukungan dan menerima pembaruan perangkat lunak. Untuk menghindari pengeluaran terlalu banyak untuk perangkat lunak inventaris, sesuaikan anggaran, dan pilih sistem yang menawarkan fitur yang Anda perlukan agar biaya tetap terkendali.

2. Tidak kompatibel

Ada beberapa variasi antara solusi perangkat lunak inventaris dan jenis serta ukuran bisnis yang dirancang untuknya. Misalnya, jika Anda mengoperasikan perusahaan manufaktur kecil, mungkin tampak lebih hemat biaya untuk membeli program perangkat lunak dengan harga lebih rendah; namun, jika perangkat lunak tersebut lebih cocok untuk jenis bisnis lain, mungkin toko ritel satu lokasi, misalnya, Anda akan segera menemukan bahwa sistem tersebut tidak memenuhi kebutuhan Anda.

Demikian pula, jika toko ritel menerapkan sistem yang dirancang untuk melacak bahan baku untuk produsen, percaya bahwa mereka mungkin memerlukan kemampuan untuk melacak bahan (misalnya toko menjual bahan secara terpisah dari produk andalan mereka), mereka akan menghabiskan lebih banyak daripada yang mereka butuhkan. pada sebuah sistem. Selain itu, sistemnya akan menjadi lebih kompleks, dan kurva pembelajarannya akan lebih tinggi.

Kelebihan perangkat lunak manajemen inventaris adalah peningkatan efisiensi, penghematan biaya, akurasi dan skalabilitas yang lebih besar. Kekurangannya adalah biaya dan ketidakcocokan (jika Anda memilih solusi yang tidak sesuai dengan jenis atau ukuran bisnis yang Anda jalankan).

Tips mengintegrasikan perangkat lunak Manajemen Inventaris dalam bisnis Anda

Untuk memastikan solusi perangkat lunak manajemen inventaris Anda terintegrasi dengan sistem terpenting Anda, bisnis memiliki dua opsi.

Bisnis yang lebih besar dan lebih mapan harus mempertimbangkan platform perencanaan sumber daya perusahaan yang mencakup komponen perangkat lunak manajemen inventaris. Platform ini mencakup beberapa sistem utama yang digabungkan menjadi satu, termasuk perangkat lunak POS, perangkat lunak akuntansi, perangkat lunak penggajian, dan perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan.

Bisnis kecil yang tidak menginginkan platform yang luas harus memilih sistem dengan API terbuka yang dapat digunakan untuk berintegrasi dengan perangkat lunak pihak ketiga. Banyak program manajemen inventaris dilengkapi dengan integrasi bawaan ke platform utama seperti QuickBooks atau Salesforce. Memilih sistem dengan API terbuka memungkinkan vendor membangun integrasi ke sistem lain apa pun yang Anda gunakan dalam bisnis Anda.

Bisnis yang lebih besar mungkin ingin mengisolasi pencarian mereka ke solusi perencanaan sumber daya perusahaan, sedangkan bisnis yang lebih kecil mungkin ingin memilih perangkat lunak dengan API terbuka atau integrasi yang sudah dibuat sebelumnya ke perangkat lunak favorit Anda.

Manajemen Inventaris untuk produsen

Produsen memerlukan fitur yang lebih khusus. Jika Anda adalah produsen yang mencari perangkat lunak manajemen inventaris, carilah dua fitur berikut:

  • Analisis biaya produk: Alat analisis biaya produk melacak bahan mentah Anda, serta barang jadi Anda, menyusun ulang komponen yang diperlukan saat mencapai tingkat minimum. Solusi ini juga membantu Anda memprediksi biaya tenaga kerja dan berapa banyak yang Anda keluarkan untuk biaya operasional, seperti akuisisi mesin dan biaya pemeliharaan berkelanjutan.
  • Peramalan: Peramalan menganalisis data produksi dan penjualan historis untuk memprediksi seperti apa kebutuhan manajemen pesanan Anda di masa mendatang. Perangkat lunak dengan fitur perkiraan menganalisis data Anda untuk menentukan titik pemesanan ulang yang optimal, dapat memberikan rekomendasi perekrutan, dan dapat mengusulkan jadwal shift sehingga Anda dapat mencapai target dan terus berkembang.

Produsen memerlukan fitur yang lebih khusus, termasuk analisis biaya produk dan alat perkiraan, untuk membuat katalog dan melacak item yang dibutuhkan bisnis Anda, dan untuk memastikan bisnis manufaktur Anda berjalan secara efisien dan memenuhi permintaan konsumen.

Wawasan pakar

Para pemilik usaha kecil apa yang membuat platform manajemen inventaris yang baik dan solusi mana di gunakan dalam bisnis mereka. Inilah yang mereka katakan:

Brett Downes, direktur kreatif dan pendiri Haro Helpers Inc., mengatakan dia lebih suka Cin7 karena basis pengetahuannya yang luas, yang mencakup artikel dan video ahli yang merinci fitur-fiturnya yang mendalam.

“Selain itu, Cin7 menyediakan pakar internal untuk memandu Anda melalui proses penyiapan, ditambah banyak webinar, tutorial, dan panduan ekstensif,” kata Downes. “Setelah itu, Anda akan memiliki manajer akun khusus yang Anda inginkan. Kami juga senang Cin7 dapat menyinkronkan dengan mudah dengan sistem POS Anda.”

Caspio, pembuat perangkat lunak tanpa kode hingga kode rendah yang memungkinkan pengguna membuat sistem yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, adalah perangkat lunak pilihan untuk Max Harlan, CEO Dentaly.

“Caspio menawarkan fungsionalitas cloud yang ekstrem tanpa perlu menyewa tim pemrogram profesional,” kata Harland. “Antarmuka mudah digunakan, bahkan untuk non-coders. Pengguna tanpa pengetahuan tentang Java, Python, atau bahasa pengkodean lainnya dapat membuat aplikasi yang berpusat pada data berbasis web.”

Standar keamanan dan kepatuhan yang disesuaikan, serta dukungan obrolan langsung 24/7, adalah beberapa alasan lain Harland menyukai Caspio.

Paul Lewis, CEO dan pendiri ScrumExplainer, mengatakan bahwa InFlow Inventory memungkinkan dia untuk berhasil menjalankan bisnis ritelnya. Tidak seperti perangkat lunak lain yang telah ia uji, seperti Locate dan Kechie, InFlow Inventory memungkinkannya melacak dan mengelola pesanan dengan mudah.

“Ini menghilangkan dilema saya tentang redundansi dalam faktur dan slip pengepakan,” kata Lewis. “Saya tidak perlu khawatir lagi tentang memiliki stok yang cukup. Hanya dengan melihat sekilas, saya dapat dengan mudah mengetahui jumlah stok yang tepat dan menentukan mana yang perlu dipesan. Dan, di atas [itu], saya menyukai gagasan bahwa saya dapat menambahkan barcode dan menggunakan gambar di tempat yang sama.”

Jika dia harus menunjukkan kelemahan InFlow Inventory, Lewis mengatakan itu adalah kurangnya integrasi dengan pasar e-commerce. “Tapi secara keseluruhan, ini adalah perangkat lunak manajemen inventaris terbaik yang pernah saya uji sejauh ini yang menawarkan visibilitas produk yang luar biasa dari penerimaan hingga penjualan,” katanya.

Apa yang diharapkan pada tahun 2021?

Proyeksi riset pasar yang dirilis pada Juni 2021 oleh Market Insight Reports, memproyeksikan pertumbuhan signifikan dalam industri perangkat lunak manajemen inventaris global. Analis pasar memperkirakan bahwa ruang akan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 8,1%, mencapai nilai total $2,85 miliar pada tahun 2024, naik dari $2,083 miliar.

Riset pasar menunjukkan bahwa adopsi perangkat lunak manajemen inventaris telah berkembang sebagian besar karena peningkatan perangkat lunak, perluasan bisnis e-niaga, dan pertumbuhan spesifik industri (terutama di bidang perawatan kesehatan).

Pos terkait