16 Tips Memulai Bisnis Sendiri Menuju Sukses

Memulai sebuah bisnis? Berikut adalah 16 tips startup penting yang akan membantu membuat startup Anda sukses. Apa yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis? Ada lusinan situs web termasuk situs kami yang memiliki daftar periksa yang mengingatkan Anda tentang banyak tugas yang harus Anda lakukan saat memulai bisnis.

Meskipun daftar periksa tersebut sangat berguna karena membantu Anda mengingat langkah-langkah penting untuk memulai, daftar tersebut hanyalah daftar Tugas. Mereka memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan, tetapi tidak memberikan tip apa pun tentang apa yang membuat bisnis sukses.

Bacaan Lainnya

Sayangnya, Anda tidak berhasil dalam bisnis hanya dengan menyelesaikan daftar tugas. Bisnis Anda juga tidak akan sukses hanya karena Anda pikir itu ide yang bagus.

Apa yang akan membuat atau menghancurkan bisnis Anda? Apa yang menentukan apakah itu akan berhasil? Berikut adalah 16 tips untuk memulai bisnis dan membuatnya sukses.

16 Tips Memulai Bisnis

1. Kenali diri Anda, tingkat motivasi Anda yang sebenarnya, jumlah uang yang dapat Anda pertaruhkan, dan apa yang ingin Anda lakukan untuk menjadi sukses.

Tentu, kita semua ingin menghasilkan jutaan dolar. Ada beberapa hal yang perlu kita jawab.

  • Apa yang membuat Anda menyerah untuk mencapai tujuan itu?
  • Berapa jam seminggu Anda akan bekerja secara berkelanjutan?
  • Seberapa jauh Anda ingin keluar dari zona nyaman Anda?
  • Seberapa jauh keluarga Anda akan melakukan peregangan dengan Anda?

Agar berhasil, jaga agar rencana bisnis Anda sejalan dengan tujuan dan sumber daya pribadi dan keluarga Anda.

2. Pilih bisnis yang tepat untuk Anda

Rumus lama mengatakan temukan kebutuhan dan penuhi, dan ini masih berfungsi. Ini akan selalu berhasil. Kunci sukses adalah menemukan kebutuhan yang dapat Anda penuhi, yang ingin Anda penuhi, dan yang akan menghasilkan pendapatan cukup untuk membangun bisnis yang menguntungkan.

3. Pastikan benar-benar ada pasar untuk apa yang ingin Anda jual.

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan oleh startup adalah menganggap banyak orang ingin membeli produk atau layanan tertentu karena pemilik bisnis menyukai ide tersebut atau mengetahui satu atau dua orang yang menginginkan produk atau layanan tersebut.

Untuk meminimalkan risiko kerugian, jangan pernah berasumsi bahwa ada pasar. Penelitian ide. Bicaralah dengan calon pelanggan potensial (yang bukan keluarga dan teman) untuk mencari tahu apakah yang ingin Anda jual adalah sesuatu yang ingin mereka beli, dan jika demikian, berapa yang akan mereka bayar untuk produk atau layanan tersebut.

4. Teliti pesaing Anda

Apa pun jenis bisnis yang Anda mulai atau jalankan, Anda akan memiliki pesaing. Bahkan jika tidak ada bisnis lain yang menawarkan persis apa yang Anda rencanakan untuk dijual, kemungkinan besar ada produk atau layanan lain yang digunakan pelanggan target Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Untuk menjadi sukses, Anda perlu meneliti persaingan dan mencari tahu sebanyak mungkin tentang apa yang mereka jual dan bagaimana mereka menjualnya. Penelitian kompetitif adalah sesuatu yang harus Anda rencanakan untuk dilakukan secara berkelanjutan juga. Jika memang tidak ada pesaing lain, mungkin saja tidak ada pasar atau kebutuhan nyata untuk apa yang ingin Anda jual.

5. Rencanakan untuk berhasil

Jika Anda tidak mencari investor atau memasukkan sejumlah besar uang ke dalam bisnis Anda, Anda mungkin tidak membutuhkan rencana bisnis yang rumit, tetapi Anda masih memerlukan rencana yang menentukan tujuan Anda, dan kemudian menjabarkan setidaknya peta jalan kerangka untuk bagaimana Anda akan sampai ke tempat yang ingin Anda tuju.

Rencana tersebut akan berubah saat Anda maju dan mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan dan pesaing Anda, tetapi tetap akan membantu Anda tetap fokus dan menuju ke arah yang benar. Gunakan lembar kerja perencanaan bisnis kami untuk membantu mengembangkan rencana dasar itu.

Baca juga: Ingin jadi Pengusaha Sukses? Buang 7 hal ini!

6. Mengetahui Kebutuhan Operasional

Kebanyakan orang yang berpikir untuk memulai bisnis berfokus pada apa yang akan mereka jual dan siapa yang akan mereka jual juga. Apa yang sering tidak mereka pertimbangkan adalah bagaimana bisnis akan benar-benar beroperasi. Misalnya, jika Anda menjual barang, bagaimana cara pengirimannya?

Berapa banyak dukungan pelanggan yang dibutuhkan, untuk menjawab pertanyaan tentang produk atau untuk menanggapi orang-orang yang kirimannya belum tiba? Apakah Anda perlu menerima kartu kredit? Apakah Anda akan menagih pelanggan? Siapa yang akan menindaklanjuti untuk memastikan Anda dibayar? Siapa yang akan membangun dan memelihara kehadiran situs web dan media sosial Anda? Apakah Anda dapat menggunakan asisten virtual?untuk tugas-tugas seperti itu, atau apakah Anda harus mempekerjakan karyawan? Bahkan jika Anda memulai bisnis layanan pribadi kecil, ini adalah masalah yang harus Anda pertimbangkan dan rencanakan.

7. Jangan menunda

Saya pernah mendengar beberapa orang menyarankan calon pemilik bisnis untuk tidak melanjutkan bisnis mereka sebelum menyelidiki setiap detail terakhir dari bisnis yang ingin mereka mulai dan benar-benar yakin semuanya akan berhasil dan menguntungkan.

Masalah dengan pendekatan itu adalah bahwa hal itu mengarah pada penundaan. Tidak ada yang pernah benar-benar memiliki semua bagian, bahkan setelah mereka memulai bisnis mereka.

Ya, Anda perlu meneliti pasar, memiliki rencana dasar, dan melakukan hal-hal seperti mendapatkan nomor pajak jika diperlukan, mendaftar ke pejabat setempat, jika diperlukan, dll. Tetapi jika Anda mencoba membuat semuanya sempurna sebelum diluncurkan, Anda mungkin tidak akan pernah bisa memulai bisnis Anda sama sekali.

8. Mulailah dalam skala kecil sebelum keluar semua

Beberapa orang percaya bahwa wirausahawan adalah pengambil risiko. Tetapi sebagian besar, pengusaha sukses tidak suka berjalan dengan mata tertutup di atas dahan. Sebaliknya, mereka mengambil risiko yang terkendali. Mereka menguji sebuah ide dalam skala kecil, kemudian membangun apa yang berhasil dengan baik, mengubah apa yang menjanjikan, dan membuang bencana.

9. Jangan terpaku pada kesalahan atau terdemoralisasi olehnya

Perbedaan antara orang sukses dan orang lain adalah bahwa orang sukses belajar dari kesalahan mereka dan terus maju. Mereka tidak memikirkan kegagalan, menyalahkan ekonomi, mengutuk nasib buruk mereka, atau menyalahkan orang lain atas nasib mereka. Jika jalan menuju tujuan mereka terhalang, mereka mencari jalan alternatif atau terkadang memilih tujuan lain yang lebih bisa dicapai.

Baca juga: 8 langkah penting memulai bisnis

10. Belajar dari orang lain

Temukan mentor, bergabunglah dengan grup dengan orang-orang yang berpikiran sama, pelajari semua yang Anda bisa tentang industri Anda dan apa yang diperlukan untuk pergi dari tempat Anda sekarang ke tempat yang Anda inginkan.

Menghadiri konferensi industri. Ikuti kursus pelatihan jika tersedia. Beli kursus yang ditawarkan oleh para ahli. Anda akan menghemat banyak percobaan dan kesalahan dengan belajar dari orang-orang yang pernah ke sana sebelumnya.

11. Pikirkan apa yang Anda lakukan SEBAGAI bisnis

Pantau pendapatan dan pengeluaran, pisahkan uang bisnis dari dana pribadi, cari tahu peraturan apa yang harus dipatuhi oleh bisnis Anda.

12. Pahami perbedaan antara bekerja untuk diri sendiri dan membangun bisnis yang berkelanjutan.

Jika Anda ingin membangun bisnis, Anda perlu mengembangkan sistem dan metode yang memungkinkan untuk mempekerjakan orang lain melakukan pekerjaan bisnis saat Anda merencanakannya. Anda membatasi potensi pertumbuhan jika tidak membawa orang lain bekerja untuk Anda.

13. Kenali investor

Jika bisnis yang Anda mulai membutuhkan investor untuk berkembang, lakukan apa yang Anda bisa untuk mengetahui apa yang dicari investor dan di mana menemukan mereka yang mungkin berinvestasi dalam jenis bisnis Anda.

Kelompok modal ventura lokal adalah tempat yang baik untuk memulai, menghadiri pertemuan yang mereka selenggarakan atau pertemuan yang dibicarakan oleh investor. Latih elevator pitch agar Anda dapat menggunakannya untuk menarik minat investor jika ada kesempatan.

14. Tempatkan diri Anda di luar sana

Mintalah apa yang Anda inginkan (dengan cara yang sopan.) Saya memulai bisnis online saya dengan berpartisipasi online di layanan online GE GE. Ketika saya siap untuk mengirimkan proposal kepada mereka untuk menjalankan area bisnis kecil, saya tidak hanya dapat berbicara tentang kredensial saya secara umum, tetapi juga menunjukkan tempat-tempat yang telah saya sumbangkan untuk layanan mereka.

Saya menjadi salah satu penyedia konten awal ke America Online karena saya mengangkat telepon dan melakukan panggilan dingin. Saya berakhir dengan klien konsultan baru setelah saya memulai percakapan dengan seorang wanita yang duduk di sebelah saya di pesawat terbang. Ingat, orang suka berbisnis dengan orang yang mereka kenal. Dapatkan bola bergulir, dan terus bergulir dengan terus menjangkau dan memperkenalkan diri Anda kepada orang baru.

15. Menyukai Pemasaran Digital

Bahkan jika Anda menjalankan bisnis lokal, Anda memerlukan kehadiran digital yang komprehensif. Minimal, Anda memerlukan situs web yang terlihat profesional, daftar email yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan dan prospek secara teratur dan kehadiran di saluran media sosial yang sering dikunjungi pelanggan Anda.

Meskipun Anda mungkin mendapatkan banyak pelanggan Anda dari mulut ke mulut, rujukan, atau jaringan, Anda masih membutuhkan kehadiran digital yang kuat. Alasannya: calon pelanggan cenderung mencari Anda di web sebelum mereka memutuskan untuk menghubungi Anda atau tidak. Kupon, penawaran khusus, dan informasi praktis yang dikirimkan ke daftar email Anda dapat mendorong pelanggan dan prospek untuk membeli dari Anda atau melakukan pembelian berulang.

16. Jangan pernah berhenti belajar dan mencoba hal baru

Apa yang menguntungkan sekarang, belum tentu menguntungkan tahun depan atau 10 tahun dari sekarang. Jadi, jangan biarkan diri Anda jatuh ke dalam kebiasaan “inilah cara saya selalu melakukan sesuatu”. Buka mata dan telinga Anda untuk hal-hal baru.

Apakah ada cara yang lebih baru atau lebih baik untuk memasarkan produk dan layanan Anda? Apakah pelanggan meminta sesuatu yang tidak Anda tawarkan? Apakah ada jenis pelanggan lain yang harus Anda targetkan? Dapatkan jawaban dengan membaca semua yang Anda bisa tentang industri Anda dan mendengarkan pelanggan Anda.

Baca juga: Panduan Utama Menyiapkan Toko Instagram Menuju Sukses Besar

Pos terkait