Asuransi Bisnis: Pengertian dan jenisnya

Asuransi bisnis mengacu secara luas pada kelas pertanggungan asuransi yang dimaksudkan untuk dibeli oleh bisnis daripada individu. Bisnis mencari asuransi untuk menutupi potensi kerusakan properti, untuk melindungi dari tuntutan hukum, atau perselisihan kontrak. Asuransi bisnis menyumbang sekitar setengah dari industri asuransi kecelakaan properti AS, dan mencakup banyak produk asuransi yang dikenal sebagai “jalur komersial”.

Apa itu Asuransi Bisnis?

Cakupan asuransi bisnis melindungi bisnis dari kerugian akibat peristiwa yang mungkin terjadi selama bisnis normal. Ada banyak jenis asuransi untuk bisnis termasuk pertanggungan untuk kerusakan properti, tanggung jawab hukum, dan risiko terkait karyawan.

Bacaan Lainnya

Perusahaan mengevaluasi kebutuhan asuransi mereka berdasarkan potensi risiko, yang dapat bervariasi tergantung pada jenis lingkungan di mana perusahaan beroperasi.

Baca juga: Daftar Perusahaan Asuransi di Indonesia dan manfaatnya

Asuransi Bisnis: Pengertian dan jenisnya

Pengertian Asuransi Bisnis

Sangat penting bagi pemilik usaha kecil untuk secara hati-hati mempertimbangkan dan mengevaluasi kebutuhan asuransi bisnis mereka karena mereka mungkin memiliki lebih banyak eksposur keuangan pribadi jika terjadi kerugian. Jika pemilik bisnis tidak merasa memiliki kemampuan untuk menilai risiko bisnis secara efektif dan kebutuhan akan pertanggungan, mereka harus bekerja dengan broker asuransi yang bereputasi, berpengalaman, dan berlisensi.

Anda dapat memperoleh daftar agen berlisensi di negara bagian Anda melalui departemen asuransi negara bagian Anda atau Asosiasi Komisaris Asuransi Nasional.

Juga dikenal sebagai asuransi jalur komersial, pertanggungan ini mencakup produk asuransi properti dan kecelakaan untuk bisnis. Jalur Komersial Asuransi membantu menjaga perekonomian berjalan dengan lancar dengan melindungi bisnis dari potensi kerugian yang tidak mampu mereka tanggung sendiri, yang memungkinkan bisnis untuk beroperasi ketika mungkin terlalu berisiko untuk melakukannya.

Kebijakan komersial dapat dikontraskan dengan asuransi jalur pribadi.

Baca juga: Bagaimana Indonesia meningkatkan cakupan asuransi?

Jenis-Jenis Asuransi Bisnis

Beberapa jenis asuransi bisnis yang dapat dipertimbangkan oleh pemilik usaha kecil, antara lain sebagai berikut:

1. Asuransi Tanggung Jawab Profesional

Asuransi kewajiban profesional menjamin terhadap klaim kelalaian yang dihasilkan dari kesalahan atau kegagalan untuk melakukan. Tidak ada cakupan kewajiban profesional satu ukuran untuk semua . Setiap industri memiliki masalah uniknya sendiri yang harus ditangani.

2. Asuransi properti

Asuransi properti mencakup peralatan, papan nama, inventaris, dan perabotan jika terjadi kebakaran, badai, atau pencurian. Namun, itu tidak mencakup peristiwa pemusnah massal seperti banjir dan gempa bumi. Jika area Anda berisiko mengalami masalah ini, Anda memerlukan kebijakan terpisah. Pengecualian lainnya adalah properti pribadi yang bernilai sangat tinggi dan mahal—hal ini biasanya ditutupi dengan membeli tambahan polis yang disebut “penunggang”. Jika ada klaim, polis asuransi properti akan mengganti pemegang polis untuk nilai sebenarnya dari kerusakan atau biaya penggantian untuk memperbaiki masalah.

3. Bisnis Rumahan

Kebijakan pemilik rumah tidak mencakup bisnis berbasis rumah seperti asuransi properti komersial yang mencakup bisnis. Jika Anda menjalankan bisnis rumahan , tanyakan tentang cakupan tambahan untuk peralatan dan inventaris.

4. Asuransi Tanggung Jawab Produk

Jika bisnis Anda memproduksi produk untuk dijual, asuransi kewajiban produk sangat penting. Setiap bisnis dapat menemukan dirinya disebutkan dalam gugatan karena kerusakan yang disebabkan oleh produknya. Asuransi kewajiban produk melindungi bisnis dalam kasus seperti itu.

5. Asuransi kendaraan

Setiap kendaraan yang digunakan untuk bisnis harus diasuransikan sepenuhnya. Paling tidak, bisnis harus mengasuransikan terhadap cedera pihak ketiga, tetapi asuransi mobil komprehensif juga akan melindungi kendaraan dalam kecelakaan. Jika karyawan menggunakan mobil mereka sendiri untuk bisnis, asuransi pribadi mereka sendiri akan melindungi mereka jika terjadi kecelakaan. Satu pengecualian utama adalah jika seseorang mengirimkan barang atau jasa dengan biaya tertentu, termasuk petugas pengiriman.

6. Asuransi Gangguan Bisnis

Polis gangguan (atau kelanjutan) bisnis adalah jenis asuransi yang terutama berlaku untuk perusahaan yang memerlukan lokasi fisik untuk melakukan bisnis, seperti toko ritel atau fasilitas manufaktur. Asuransi gangguan bisnis mengkompensasi bisnis untuk pendapatan yang hilang selama peristiwa yang menyebabkan gangguan pada jalannya bisnis normal.

Baca juga: Asuransi dan Reasuransi di Indonesia: Gambaran Umum

PDF

Video

Pos terkait