Peta Kalimantan Barat lengkap 12 kabupaten dan 6 kota

Peta Kalimantan Barat lengkap 12 kabupaten dan 6 kota – Sesuai dengan namanya, Kalimantan Barat merupakan salah satu dari 34 provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan bagian barat yang memiliki ibu kota Provinsi bernama Pontianak. Adapun luas wilayah provinsi ini kurang lebih 146.807 km persegi atau sekitar 7,53% dari luas seluruh Indonesia). Kalimantan Barat tercatat sebagai provinsi terluas ke-4 setelah Provinsi Papua, Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Tengah.

Julukan bagi provinsi Kalimantan Barat adalah Seribu Sungai. Mengapa dijuluki Seribu Sungai? Karena Kalbar memiliki ratusan sungai besar maupun kecil.   Provinsi Kalimantan Barat berbatasan langsung dengan Malaysia, tepatnya negara bagian Sarawak. Provinsi Kalbar mempunyai puluhan pulau besar maupun kecil, meskipun di beberapa pulau belum ada yang menghuni.

Bacaan Lainnya

Menurut catatan sensus penduduk Indonesia tahun 2004, jumlah penduduk di Kalimantan Barat sudah mencapai 4.073.304 jiwa atau sekitar 1,85% dari keseluruhan penduduk di Indonesia.

Menurut sejarah kakawin Nagarakretagama tahun 1365, Kalimantan Barat merupakan salah satu wilayah taklukan Kerajaan Majapahit, sebuah kerajaan kuno terbesar di Indonesia yang telah berhasil menyatukan nusantara sebagai satu kesatuan.

Kumpulan Peta Kalimantan Barat

Seperti judul di atas, pada artikel ini Sejarah Negara akan menyertakan gambar peta Provinsi Kalimantan Barat. Berikut gambar peta Kalimantan Barat atau yang sering disingkat Kalbar.

Peta Kalimantan Barat
Peta Kalimantan Barat

Peta Interaktif provinsi

Peta interaktif hanya akan diakses dengan sempurna menggunakan PC/Laptop. Untuk melihat peta seluruh provinsi dan letaknya, silahkan menuju: Peta interaktif Indonesia

Peta Atlas Kalimantan Barat

Peta Regional

Peta Kalimantan Lainnya

Dari peta Kalimantan Barat di atas dapat kita lihat aliran sungai yang dan batas kabupaten dan kota, maupun pulau-pulau yang ada di wilayah provinsi ini. Jika anda ingin melihat gambar peta Kalbar dalam resolusi tinggi silahkan klik gambar peta tersebut.

Kabupaten dan Kota Kalbar

Provinsi Kalimantan sampai saat ini wilayahnya dibagi menjadi 12 kabupaten dan 6 kota. Adapun nama kabupaten dan kota tersebut adalah seperti di bawah ini:

BengkayangSanggau
Kapuas HuluSekadau
Kayong UtaraSintang
KetapangKota Ketapang
Kubu RayaKota Mempawah
LandakKota Pontianak
MelawiKota Sambas
MempawahKota Sintang
SambasKota Singkawang

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai peta Provinsi Kalimantan Barat, semoga menjadi catatan sejarah Indonesia.

Pos terkait