Keadaan geografi sungai Indus India

Sejarah Negara Com – Daerah India merupakan suatu jazirah benua Asia yang disebut dengan nama anak benua. Di sebelah utara daerah India terbentang pegunungan Himalaya yang menjadi pemisah antara India dengan daerah-daerah lain di Asia.

Antara pegunungan Himalaya dan Hindu Kush terdapat celah Kaiber (Kaybar pass). Celah Kaiber inilah yang dilalui oleh masyarakat India untuk melakukan aktivitas hubungan dengan daerah-daerah lain di Asia.

Bacaan Lainnya

Melalui celah tersebut bangsa-bangsa lain memasuki wilayah India seperti bangsa Aria, Laskar Cyrus Agung, Iskandar Zulkarnaen, bangsa Huna, Mahmud al Ghasni, dan Timur Lenk.

Di tengah-tengah daerah India terdapat pegunungan Windya. Pegunungan ini membagi India menjadi dua bagian, yaitu India Utara dan India Selatan. Pada daerah lain India bagian utara mengalir Sungai Indus (Shindu), Sungai Gangga, Yamuna, dan Brahmaputera. Daerah itu merupakan daerah subur sehingga sangat padat penduduknya.

India bagian selatan sangat berbeda keadaannya dengan India bagian utara. Daerahnya terdiri dari bukit-bukit dan gunung-gunung yang kering dan tandus.

Dataran tinggi di India bagian selatan diberi nama Dataran Tinggi Dekkan. Daerah Tinggi Dekkan kurang mendapat hujan sehingga daerahnya terdiri atas padang rumput savana yang sangat luas.

Baca juga: Awal dan akhir Peradaban Lembah Sungai Indus

Demikian sekilas mengenai Keadaan geografi sungai Indus India, semoga menjadi informasi sejarah India.

Pos terkait