Peta Riau lengkap dengan nama kabupaten dan kota

Peta Riau – Riau merupakan salah satu dari 34 provinsi di Indonesia yang beribukota di Pekanbaru. Letaknya di tengah-tengah namun di tepi pantai Pulau Sumatra. Provinsi Riau merupakan salah satu provinsi yang kaya, kekayaan daerah didapat dari sumber daya alam seperti minyak bumi dan gas alam (migas), dari tanaman misalnya dari perkebunan karet, perkebunan kelapa sawit dan perkebunan serat.

Kumpulan Peta Riau

Bisa dilihat pada peta di bawah ini, bahwa Riau terletak di Sumatra bagian tengah namun di bagian pantai timur berbatasan langsung dengan Selat Malaka yang menghubungkan antara Riau dengan Singapura dan Malaysia.

Bacaan Lainnya

Bagian barat utara berbatasan dengan Provinsi Sumatra Utara, bagian barat dengan Sumatra Barat, dan bagian selatan berbatasan dengan Provinsi Jambi. Di bawah ini bisa anda lihat bagaimana peta Provinsi Riau yang merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia.

Peta Riau
Peta Riau

Provinsi yang berbatasan dengan Riau

Peta Regional

Peta Atlas Riau
Peta Atlas Riau

Peta Interaktif provinsi

Peta interaktif hanya akan diakses dengan sempurna menggunakan PC/Laptop. Untuk melihat peta seluruh provinsi dan letaknya, silahkan menuju: Peta interaktif Indonesia

Sejarah Nama Riau

Mengapa dinamakan Riau? Dilansir dari wikipedia, menurut sejarahnya ada 3 pendapat asal mula Riau.

1. Kata Riau berasal dari bahasa Portugis. Yaitu: rio yang berarti sungai. Diriwayatkan pada tahun 1514 Protugis mengadakan ekspedisi militer dan menelusuri sepanjang Sungai Siak.

Tujuannya adalah untuk mencari letak sebuah kerajaan yang mereka diyakini berada di sekitar tempat tersebut. Selain itu, ekspedisi tersebut dalam rangka mengejar pengikut Sultan Mahmud Syah yang melarikan diri setelah Kerajaan Malaka runtuh.

2. Pendapat yang kedua mengatakan bahwa kata riau berasal dari kata riahi yang artinya air laut. Kata tersebut diduga berasal dari seorang tokoh bernama Sinbad al-Bahar dalam kitab terkenal berjudul 1001 malam.

3. Sedangkan pendapat ketiga, kata riau berasal dari bahasa penduduk riau sendiri, yaitu rioh/riuh, yang artinya ramai, gaduh seperti orang bekerja.

Dimungkinkan nama riau memang berasal dari bahasa rakyat setempat, yaitu orang-orang Melayu yang hidup di daerah Bintan, namun sekarang telah masuk ke wilayah atau provinsi Kepulauan Riau.

Peta Sumatra Lainnya

Hingga admin menuliskan ini (tahun 2015) Riau dibagi dalam 10 kabupaten dan 4 kota administratif. Untuk mempermudah anda membaca petanya, berikut kami cantumkan nama-nama kabupaten dan kota yang ada di Riau.

Kabupaten dan kota di Riau

Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kepulauan Meranti, Kota Bengkalis, Kota Dumai, Kota Duri, Kota Pekanbaru Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Provinsi Riau, kunjungi situs resminya di: www.riau.go.id

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Riau lengkap dengan nama kabupaten dan kota, semoga menjadi tambahan pengetahuan dan catatan sejarah jikalau suatu saat nanti Provinsi Riau terjadi perubahan atau pemekaran.

Pos terkait