Peta Bali lengkap dengan nama kabupaten dan kota

Peta Bali lengkap dengan nama kabupaten dan kota – Bali merupakan salah satu dari 34 provinsi di Indonesia yang memiliki tempat wisata yang terkenal di dunia. Setiap tahunnya ratusan bahkan ribuan wisatawan mancanegara pergi ke sana untuk melihat keindahan yang ada di Pulau Dewata ini. Berbagai tempat wisata khas mulai dari pantai, bangunan pura, dan seni tradisional Bali membuat para wisatawan mancanegara mengaguminya.

Tidak berbeda jauh dengan provinsi lainnya, meskipun Pulau Bali relatif kecil, namun menyimpan banyak sejarah yang patut dicatat bangsa Indonesia. Pada zaman kerajaan, Bali pernah berdiri sebuah kerajaan yang bernama Kerajaan Bali.

Bacaan Lainnya

Meski tak begitu populer seperti kerajaan-kerajaan besar nusantara yang populer seperti Majapahit misalnya, Kerajaan Bali juga meninggalkan berbagai situs sejarah seperti candi.

Di zaman kemerdekaan, rakyat Bali patut diacungi jempol atas semangatnya merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Dibawah pimpinan I Gusti Ngurah Rai, rakyat Bali bertempur habis-habisan melawan penjajah. Pertempuran tersebut masih jelas teringat di jiwa rakyat Indonesia, yang terkenal dengan pertempuran Puputan Margarana.

Kumpulan Peta Bali

Peta Bali
Peta Bali

Seperti telah disinggung di atas, provinsi Bali merupakan sebuah pulau yang relatif kecil. Pulau Bali di sebelah barat berbatasan dengan Selat Bali yang merupakan pertemuan antara Bali dan Jawa Timur. Bagian utara berbatasan dengan Laut Bali, sebelah timur berbatasan dengan Selat Lombok, dan bagian selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia.

Jika anda hanya melihat peta Bali di bawah ini, saya yakin tidak akan jelas untuk melihat nama-nama kota, pantai maupun tempat-tempat wisata yang ada di sana. Untuk itu, agar anda dapat melihatnya secara rinci, silahkan klik gambar peta Bali di bawah ini dan simpan di komputer anda.

Batas Wilayah Bali

  • Utara: Laut Bali
  • Selatan: Samudera Hindia
  • Barat: Selat Bali, Jawa Timur
  • Timur: Selat Lombok, Nusa Tenggara Barat

Peta Regional

Peta Interaktif provinsi

Peta interaktif hanya akan diakses dengan sempurna menggunakan PC/Laptop. Untuk melihat peta seluruh provinsi dan letaknya, silahkan menuju: Peta interaktif Indonesia

Peta Bali HD
Peta Bali HD
Peta Atlas Provinsi Bali
Peta Atlas Provinsi Bali
Peta Buta Bali

Peta Kabupaten dan kota di Bali

Karena wilayahnya yang sempit, maka pembagian wilayah kabupaten dan kota provinsi Bali hanya sedikit saja, yaitu 8 kabupaten dan 2 kota saja. Untuk melengkapi pengetahuan kita mengenai Provinsi Bali, silahkan ikuti tautan peta di bawah ini:

Untuk mengetahui bagaimana pemerintahan Bali sekarang ini, silahkan kunjungi situs resminya di: www.baliprov.go.id

Sejarah Pulau Bali

Dari peta Bali kita bisa mengetahui bahwa Pulau ini adalah salah satu propinsi di Indonesia yang terletak di sebelah timur pulau Jawa. Selain pulau Bali sendiri, dari peta Bali kita juga bisa melihat bahwa wilayah Propinsi Bali juga terdiri dari kepulauan kecil yang letaknya tersebar di sekitar pulau Bali. Seperti Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Penida, Pulau Serangan dan Pulau Nusa Ceningan. Pulau-pulau kecil tersebut juga terkenal sebagai tempat tujuan para wisatawan.

Terlihat dari peta Bali bahwa Pulau ini terletak di antara Pulau Lombok dan Pulau Jawa dengan ibu kota Denpasar. Mayoritas penduduk pulau Bali adalah pemeluk agama Hindu dengan Pura sebagai tempat ibadahnya. Bagi dunia pulau ini terkenal sebagai tempat tujuan pariwisata yang memiliki berbagai keunikan dari segi seni dan budaya. Banyak wisatawan asing yang senang mengunjungi pulau ini terutama wisatawan Australia dan Jepang.

Pulau Bali telah dihuni bangsa dari Austronesia dan Taiwan sekitar tahun 2000 sebelum Masehi dengan cara migrasi lewat Maritime Asia Tenggara. Bahasa dan budaya dari orang Bali berkaitan erat dengan orang-orang dari kepulauan Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Oseania. Alat-alat batu yang berasal dari masa itu telah ditemukan di desa Cekik barat pulau Bali.

Baca Juga: Peta Dunia

Kesenian Tari Bali

Bagi para wisatawan kesenian Bali memiliki keunikan serta daya tarik tersendiri. Pulau Dewata ini selalu memberikan pesonanya kepada siapa saja yang datang mengunjunginya. Ada beberapa macam jenis tarian terkenal yang berasal dari Bali antara lain adalah:

1. Tari Pendet

Pada awalnya tari Pendet merupakan jenis tari pemujaan yang banyak dilakukan (diperagakan) di pura. Tarian ini sebagai lambang penyambutan atas turunnya para dewa ke alam dunia. Seiring dengan perkembangan jaman seniman Bali mengubah tarian Pendet menjadi “ucapan selamat datang”. Jenis tarian ini dilakukan oleh para gadis dengan pola gerak yang sangat dinamis.

2. Tari Panji Semirang

Merupakan tarian tunggal yang menggambarkan pengembaraan dari seorang laki-laki yang diciptakan oleh I Nyoman Kaler sekitar tahun 1942. Tarian ini menceritakan seorang putri raja yang bernama Galuh Candrakirana yang mengembara dengan menyamar jadi laki-laki dengan nama Raden Panji. Tari Panji Semirang ditarikan oleh perempuan dengan penampilan layaknya laki-laki.

3. Tari Condong

Jenis tarian ini memiliki durasi yang panjang serta cukup sulit untuk ditirukan (diragakan). Tari Condong termasuk tarian klasik Bali dengan gerakan yang sangat kompleks yang menggambarkan abdi raja. Meskipun sangat sulit untuk diperagakan namun jenis tarian yang satu ini paling digemari oleh penikmat seni tari.

4. Tari Kecak

Pulau Bali ternyata tidak hanya menyajikan keindahan alamnya saja namun beragam jenis budaya yang sangat mempesona. Salah satunya adalah kesenian tari Kecak yang menggambarkan cerita pewayangan khususnya Ramayana.

Tari Kecak merupakan bentuk kesenian tradisional yang berupa seni drama tari khas dari pulau Bali. Tarian ini di ciptakan oleh seniman Bali Wayan Limbak bersama Walter Spies (pelukis Jerman) pada tahun 1930.

Gamelan Bali

Seperti halnya daerah lain di Indonesia Bali juga memiliki alat musik (gamelan) tersendiri. Namun gamelan di Bali ini memiliki perbedaan sendiri jika dibandingkan dengan gamelan daerah lain. Salah satu perbedaan itu adalah ritme pada gamelan Bali dimainkan dengan ritme yang cepat.

Rindik adalah salah satu alat musik tradisional dari masyarakat Bali yang terbuat dari beberapa potongan bambu pilihan. Sehingga membuat rindik ini tidak mudah pecah serta menghasilkan suara yang bagus. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipukul memakai alat tabuh secara ganti-gantian hingga menghasilkan suara merdu.

Adat Kebudayaan Bali

Sebagian besar masyarakat Bali memeluk agama Hindu, namun hal ini tidak berpengaruh terhadap masyarakat lain yang memeluk agama selain Hindu. Bahkan mereka bisa hidup secara berdampingan, rukun, saling menghargai dan gotong royong. Berikut ini beberapa jenis upacara yang sering dilakukan oleh masyarakat Bali:

1. Pernikahan

Seperti halnya daerah lain yang ada di Indonesia Bali juga memiliki adat pernikahannya sendiri. Adat ini secara turun temurun sudah diwariskan dari jaman nenek moyang mereka. Untuk acara pernikahan ini ada beberapa jenis upacara adat yang memang harus dilewati,yaitu:

  • Upacara Ngekep: Upacara persiapan calon pengantin wanita dari masa remaja hingga menjadi istri dan ibu rumah tangga.
  • Mungkah Lawang (Buka Pintu): Adat mengetuk pintu rumah pengantin wanita sebanyak tiga kali.
  • Masegehagung: Upacara selamat datang dari pengantin pria kepada calon mempelai wanita.
  • Madengen-dengen: Bertujuan untuk membersihkan diri (mensucikan) kedua calon pengantin dari energi negatif.
  • Mewidhi Widana: Merupakan acara penyempurnaan dari pernikahan adat Bali.
  • Mejauman Ngabe Tipat Bantal: Upacara pamitan kepada keluarga pengantin wanita karena telah sah menjadi keluarga besar suaminya.
  • Semua bentuk upacara pernikahan tersebut diatas sampai sekarang ini masih dilestarikan. Masyarakat pulau Bali dari dulu memang sudah terkenal sangat taat dan menjunjung tinggi nilai agama. Semua itu mereka wujudkan dalam tindak tanduk serta perilaku sehari-sehari.

2. Upacara Potong Gigi

Upacara ini merupakan upacara yang wajib dilakukan oleh wanita dan pria yang beranjak dewasa. Bagi wanita ditandai dengan datangnya menstruasi sedangkan bagi pria ditandai dengan membesarnya pita suara. Potong gigi ini hanya merapikan (mengikir) enam gigi rahang atas dengan tujuan untuk menghilangkan 6 sifat buruk pada diri seseorang.

3. Upacara Kematian

Masyarakat pulau Bali selalu mengadakan upacara kematian pada saat ada kerabat (seseorang) yang meninggal dunia. Upacara kematian ini terkenal dengan nama Ngaben yaitu upacara pembakaran bagi orang yang meninggal dunia. Inti dari upacara Ngaben ini untuk mengembalikan roh orang yang meninggal dunia (roh leluhur) kembali ke tempat asalnya.

Baca Juga: Peta Sumatera

Jumlah Penduduk Bali 2018

Pulau yang memiliki sebutan sebagai Pulau Dewata ini ternyata semakin tahun semakin mengalami lonjakan jumlah penduduk yang sangat signifikan. Bahkan menurut data terakhir yang diterima jumlah penduduk pulau Bali mencapai 4,2 juta jiwa. Ini tentu bukan jumlah yang sedikit jika dibandingkan dengan jumlah beberapa tahun yang lalu.

Tidak mengherankan jika jumlah penduduk yang tinggal di pulau Bali dari tahun ke tahun semakin bertambah banyak. Belum lagi ditambah dengan jumlah bayi yang lahir pada setiap harinya. Program Keluarga Berencana menjadi pilihan paling tepat guna menunda laju pertambahan penduduk di pulau Bali ini.

Penutup

Memang tidak ada habisnya jika membahas pulau Bali yang memiliki segala keindahan alam ditambah dengan budayanya. Pulau yang menyimpan sejuta pesona dan impian banyak orang untuk mengunjunginya. Tidak mengherankan jika pulau Dewata ini menjadi incaran para wisatawan lokal maupun asing. Anda dapat mengetahui titik-titik lokasi wisata di Bali dengan melihat peta Bali.

Sebagai Pulau yang indah, Bali sangat dipuji oleh dunia terutama wisatawan Jepang dan Australia. Bali selalu memberikan kesan yang istimewa bagi siapa saja yang pernah mengunjunginya. Ini tentu menjadi kebanggaan sendiri bagi rakyat Indonesia karena memiliki tempat wisata yang sudah mendunia.

Pos terkait