Sumber daya alam udara dan matahari

Sumber daya udara – Udara yang merupakan sumber hidup utama bagi semua makhluk hidup. Udara juga merupakan jalur penerbangan bagi pesawat terbang. Jalur penerbangan meliputi wilayah udara sampai ketinggian 22,5 km dari permukaan laut dengan batas wilayah yang berbeda-beda disesuaikan dengan bentuk permukaan bumi.

Wilayah udara di atas Republik Indonesia adalah termasuk wilayah negara Indonesia, sehingga setiap penerbangan di atas wilayah RI harus sepengetahuan dan seizin pemerintah negara. Hal itu menunjukkan betapa pentingnya sumber daya alam yang berbentuk udara.

Sumber daya matahari

Cahaya matahari dengan energi yang dikandungnya merupakan sumber daya alam yang paling penting bagi kehidupan manusia, langsung maupun tak langsung. Udara mendung sepanjang hari apa lagi disertai hujan yang berkepanjangan menyebabkan kegiatan manusia terhambat atau bahkan terhenti sama sekali, lebih-lebih manusia yang dilengkapi pengetahuan dan teknologi rendah. Itulah pengaruh matahari secara langsung dirasakan manusia.

Secara tidak langsung telah dibicarakan bagaimana pengaruh matahari terhadap cuaca dan iklim : suhu, udara, angin, curah hujan dan sebagainya. Kemudian pengaruhnya terhadap pertumbuhan tumbuh-tumbuhan dan hewan. Akibat dari semua itu selanjutnya mempengaruhi kehidupan manusia juga.

Teknologi modern memungkinkan manusia memanfaatkan lebih banyak lagi energi matahari. Sinar matahari diubah menjadi tenaga listrik dengan menggunakan sel matahari (solar cell) yang dapat dipasang di atap rumah. Di ruang angkasa luar tenaga matahari merupakan sumber tenaga yang paling mudah didapat dan murah.

Jika di permukaan bumi ada masa mendung, dan ada malah hari matahari tidak dapat ditangkap, di ruang angkasa luar cahaya matahari selalu memancar mengenai permukaan satelit atau laboratorium angkasa (sky lab) yang menggunakan energi matahari itu.

Artikel Sumber Daya Alam

Baca juga artikel mengenai sumber daya alam pada tautan di bawah ini:

Pos terkait