Perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman

Perjuangan Jenderal Soedirman – Tak asing lagi bukan dengan Pahlawan Nasional Panglima Besar Jenderal Soedirman? Dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia beliau juga merupakan tokoh pejuang hebat yang patut kita hargai semua jasa-jasanya. Rangkuman catatan perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman antara lain sebagai berikut:

Rangkuman Perjuangan Jenderal Soedirman

23 Agustus 1949

Pada tanggal 23 Agustus 1949, pemerintah membentuk Badan Keamanan Rakyat atau disingkat BKR. Soedirman diangkat menjadi ketua BKR untuk wilayah Banyumas, Jawa Tengah.

Bacaan Lainnya

12 Desember 1945

Tanggal 12 Desember 1945, Kolonel Soedirman memimpin TKR (Tentara Keamanan Rakyat) mengusir Sekutu dari Ambarawa dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari pengaruh Sekutu.

Pembahasan tentang pertempuran tersebut bisa anda baca di artikel sejarah: Pecahnya pertempuran ambarawa

18 Desember 1945

Tanggal 18 Desember 1945. Kolonel Soedirman dinaikkan pangkatnya menjadi jenderal dan menjabat sebagai Panglima Besar TKR yang memangku tugas besar untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

10 Juli 1949

Panglima Besar Jenderal Soedirman keluar dari Yogyakarta untuk bergerilya mengusir penjajah Belanda. Setelah bergerilya, kondisi kesehatan beliau semakin parah, sehingga terpaksa harus ditandu oleh anak buahnya.

Kemudian pada tanggal 10 Juli 1949 Panglima Besar Jenderal Soedirman kembali ke Yogyakarta dan disambut dengan hangat oleh seluruh rakyat dan para petinggi negara.

Demikian sekilas perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman, anda juga bisa melihat gambaran perjuangan beliau pada artikel “Gambaran Long March Divisi Siliwangi“.

Semoga sedikit artikel ini bermanfaat bagi kita sebagai generasi muda yang wajib mengingat, menghormati, dan melanjutkan perjuangan beliau untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Pos terkait