Kiprah Soekarno Untuk Kemerdekaan RI

Sejarah Negara Com – Setelah Indonesia merdeka, ternyata tidak semulus yang diharapkan. Belanda maupun negara-negara Barat belum sudi mengakui kedaulatan dan kemerdekaan bangsa Indonesia yang telah di proklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Baca selengkapnya di artikel: Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan pengakuannya.

Bacaan Lainnya

Kiprah Soekarno dari tahun 1945 sampai 1961

Pada masa tersebut ada beberapa tokoh yang getol untuk mempertahankan kedaulatan da kemerdekaan Republik Indonesia, salah satunya adalah Ir. Soekarno yang saat itu telah menjabat sebagai Presiden RI pertama. Perjuangan dan Ir. Soekarno dalam mempertahankan kemerdekaan RI antara lain sebagai berikut:

Kiprah Soekarno: 19 Oktober 1945

Tanggal 19 September 1945 Presiden Soekarno memberi perintah kepada rakyat agar meninggalkan lapangan Ikada, Jakarta. Jika tidak menuruti perintah tersebut maka situasi akan berbahaya, yakni terjadi baku tembak antara para pemuda dan tentara Jepang. Bagaimana sejarah dari kisah ini silahkan baca di artikel: Perjuangan melawan Inggris

Kiprah Soekarno: 29 Oktober 1945

Tanggal 29 Oktober 1945, Presiden Soekarno menenangkan rakyat Surabaya yang sedang bertempur melawan Sekutu. Beliau mengingatkan rakyat Surabaya untuk menghentikan tembak-menembak.

Kisah pertempuran yang tidak seimbang dan banyak membawa korban ini bisa di baca pada artikel: Pertempuran Surabaya dijadikan hari pahlawan

19 Desember 1948

Tanggal 19 Desember 1948, ketika terjadi Agresi Militer Belanda II, Presiden Soekarno bersama beberapa pemimpin Indonesia lainnya diasingkan ke Bangka.

Sebelum ditangkap, beliau sempat memimpin rapat kabinet dengan hasil memberi mandat kepada Menteri Kemakmuran yang dijabat oleh Mr. Syarifudin Prawiranegara untuk membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Kisah ini bisa di baca pada artikel: Yogyakarta ibu kota perjuangan gerilya

25 Pebruari 1949

Tanggal 25 Pebruari 1949, utusan Belanda Dr. Koets menemui Presiden Soekarno yang waktu itu masih dalam penjara untuk mengadakan perundingan KMB.

Presiden mengajukan syarat yang pada prinsipnya pengembalian kedaulatan RIS secara mudah tanpa syarat dan pihak PBB harus menuntaskan tanpa ada yang menghalangi. Akhirnya, persyaratan tersebut dipertimbangkan lagi dalam Dewan Keamanan PBB. Hasilnya, pemerintah Republik Indonesia kembali ke Yogyakarta.

9 Desember 1961

Tanggal 9 Desember 1961, Soekarno mengumandangkan Trikora (Tiga Komando Rakyat) dalam usaha membebaskan Irian Barat dari kekuasaan Belanda dan menjadi satu wilayah dengan Indonesia.

Itulah kiprah Ir Soekarno dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia. Tokoh yang patut kita contoh, meski keluar masuk penjara beliau masih mampu memikirkan kemerdekaan rakyatnya.

Jika dari penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau mencari artikel yang berhubungan silahkan anda cari di kotak pencarian yang tersedia.

Pos terkait