5 raja yang pernah memerintah Kerajaan Aceh

Sejarah Negara ComKerajaan Aceh terletak di tepi Selat Malaka yang beribukota di Kutaraja, yang sekarang bernama banda Aceh, Kabupaten Pidie. Kerajaan Aceh Berdiri pada abad ke-16 Masehi. Ada beberapa raja yang pernah memerintah kerajaan Islam ini, adapun raja-raja yang pernah memerintah kerajaan Aceh kami rangkum di bawah ini.

1. Sultan Ali Mughayat Syah

Sultan Ali Mughayat Syah merupakan raja Aceh sekaligus pendiri Kerajaan Aceh yang memerintah dari tahun 1514 sampai 1528. Pada awalnya Aceh merupakan bagian dari kerajaan Pidie. Namun, berkat kegigihannya Aceh mampu melepaskan diri dari kekuasaan Kerajaan Pidie.

2. Salahudin

Salahudin merupakan raja Aceh pengganti Sultan Ali Mughayat Syah. Pada suatu waktu, Salahudin gagal menyerang, maka pada tahun 1537 Salahudin dijatuhkan oleh Alaudin Riayat Syah Al-Kahar.

3. Alaudin Riayat Syah Al-Kahar

Alaudin Riayat Syah Al-Kahar adalah raja Aceh pengganti Salahudin yang pada suatu waktu menyerang wilayah Batak, Aru, Johor, dan Malaka.

4. Sultan Iskandar Muda

Sultan Iskandar Muda adalah raja Aceh yang memerintah dari tahun 1607 sampai 1638.

5. Sultan Iskandar Thani

Sultan Iskandar Thani adalah raja Aceh pengganti Sultan Iskandar Muda, yang memerintah dari tahun 1638 sampai 1641. Semasa pemerintahan Sultan Iskandar Thani, Kerajaan Aceh tidak mengalami kemajuan.

Setelah beliau wafat, Aceh semakin Mundur. Kemunduran Aceh disebabkan oleh pertikaian dalam kerajaan itu sendiri. Pada saat itu Belanda berhasil menguasai Malaka dan Nusantara.

Tokoh sejarah yang terkenal pada masa Kerajaan Aceh adalah Sultan Iskandar Muda. Semasa pemerintahannya Aceh mampu memperluas wilayah hingga ke Semenanjung Malaya (Johor, Pahang, dan Kedah).

Kekuatan utamanya terletak pada angkatan perang Kerajaan Aceh. Armada angkatan lautnya merupakan yang terkuat di masa itu.

Pada masa ini, Kerajaan Aceh mencapai puncak kejayaannya, perdagangan berkembang pesat, sehingga menjadikan Aceh sebagai pelabuhan internasional. Aceh menjalin hubungan yang baik dengan Kerajaan Turki, Persia, Cina, dan India.

Peta Wilayah Kerajaan Aceh

Jika ingin mencari referensi lain mengenai Kerajaan Aceh, anda bisa melanjutkannya pada tautan di bawah ini :

Pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda hidup seorang ulama terkenal yang bernama Syeh Abdurauf Singkil yang mampu menerjemahkan Al Qur’an dari Bahasa Arab ke Bahasa Melayu. Bukan itu saja, pada saat itu hidup pula sastrawan terkenal yang bernama Hamzah Fansuri.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai 5 raja yang pernah memerintah Kerajaan Aceh, semoga menjadi tambahan catatan sejarah nusantara.

Sejarah terkait