Sejarah Perkembangan Video Tape Recorder

Perekam Kaset Video atau VCR (Video Cassette Recorder) adalah peralatan elektronik yang bisa dipakai untuk merekam suara/ audio dan gambar/ video dalam suatu kaset pita magnetik yang bisa dimasukkan dan dikeluarkan dengan mudah seperti halnya pita kaset suara biasa (Audio Cassette Recorder atau Cassette Recorder).

Sejarah Video Tape Recorder
Charles Ginsburg memimpin penelitian di Ampex Corporation dalam mengembangkan perangkat perekam video/video tape recording (VTR) pertama. Pada 1951, video tape recorder (VTR) pertama, digunakan untuk menangkap gambar secara live dari kamera televisi dengan meng-convert informasi ke dalam sinyal elektrik dan menyimpannya ke dalam pita magnetik.

Kumpulan sejarah tape recorder

Ampex menjual VTR pertama itu seharga $50.000 pada tahun 1956. VCassetteR atau VCR pertama baru dijual oleh Sony pada tahun 1971.

Charles Ginsburg kembali memimpin tim peneliti di Ampex yang mengembangkan sebuah mesin baru yang mampu menjalankan pemutar video dengan rate yang lebih halus karena head perangkat tersebut dapat berputar dengan kecepatan tinggi, sehingga memungkinkan respons dengan frekuensi yang lebih baik. Selanjutnya, Charles Paulson Ginsburg mulai dikenal sebagai “father of the video cassette recorder“.

Video Recording
Pada awalnya, film merupakan satu-satunya media yang ada dalam perekaman gambar program televisi. Kemudian orang beralih pada pita magnetik, yang pada masa itu sudah digunakan dalam merekam suara dengan baik, dengan kapasitas lebih banyak informasi yang dapat disimpan, berkembanglah studi baru tentang perkembangan sinyal televisi. Pada 1950-an, sejumlah perusahaan Amerika memulai pengamatan mengenai masalah baru ini.

Perkembangan Kamera Televisi
1920-an, seorang insinyur Amerika, Philo Taylor Farnsworth menemukan kamera televisi, sebuah pemroses gambar, yang mengkonversikan gambar yang ditangkap menjadi sinyal elektronik.

Format VHS
VHS – Sebuah format videotape dengan bentuk kaset yang besar diperkenalkan oleh dua vendor besar,JVC dan Panasonic pada sekitar tahun 1976. Ini menjadi format yang paling populeruntuk penggunaan home video dan tersedia banyak di rumah rental, yang pada akhirnya tergantikan oleh kaset Mini DV dan kemudian VCD lalu DVD. VHS sendiri merupakan singkatan dari Video Home System.

Referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/VCR
Terimakasih, Anda sudah membaca Sejarah Perkembangan Video Tape Recorder

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

.Iklan Bawah Artikel