Sejarah Dan Perkembangan Web Joomla

Sejarah Dan Perkembangan Web Joomla - Joomla merupakan perangkat lunak untuk manajemen konten web atau sering juga di sebut dengan CMS (Content Management System). Konten yang bisa di tangani Joomla antara lain publikasi web, mengedit web, menghapus web dan lain-lain. CMS saat ini semakin populer kemudahan dalam menggunakannya.

Dahulu jika kita ingin membuat web, kita harus bersusah payah belajar bahasa pemrograman web seperti ASP, PHP, dan Java. Dengan adanya CMS khususnya Joomla, orang awam dapat membuat web dengan mudah dan cepat. CMS yang sejenis Joomla banyak, antara lain Mamboo, PHPNuke, AuraCMS dan masih banyak yang lainnya.

Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili yang mengandung arti "kebersamaan".

Sejarah Dan Perkembangan Web Joomla

Secara garis besar dan gamblang, Joomla! terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu server web (webserver), skrip PHP dan basisdata MySQL. Server web diasumsikan terhubung dengan Internet/Intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP terdiri dari kode program dalam bahasa PHP dan basisdata merupakan tempat penyimpanan konten. Joomla menggunakan Apache sebagai server web dan MySQL untuk basisdatanya.

Pertamakali, pengguna meminta akses terhadap halaman Joomla dengan mengeksekusi URL pada browser web yang kemudian terhubung dengan server web. Permintaan ini yang dalam istilah teknis lebih dikenal dengan query string selain terdapat URL juga mengandung parameter konten (section, category, ID article dan lain-lain). Berdasarkan parameter tersebut, sistem skrip Joomla melakukan kontak dengan basisdata dan mengambil konten yang dimaksud berdasarkan parameternya. Terakhir, konten dan templat (template) digabung bersama dan kembali sebagai halaman html, gambar, css dan javascript.

Paket Joomla! terdiri dari beberapa bagian yang terpisah dan termodul yang sangat fleksibel, dapat dengan mudah dikembangkan dan diintegrasikan. Sebagai contoh "plugins" WikiBot yang memperbolehkan penulis di Joomla menggunakan "Wikitags" pada bagian artikel yang fungsinya secara otomatis membuat pranala dinamis ke artikel Wikipedia pada saat ditampilkan. Ada lebih tersedia 1,700 "plugins" yang secara resmi didelegasikan oleh OpenSourceMatters tersedia di http://extensions.joomla.org/ dan saat ini secara resmi dipindahkan ke http://joomlacode.org dengan dukungan server yang lebih lengkap.

17 September 2005 adalah sejarah awal diluncurkannya Joomla pertama kali. versi awal ditetapkan 1.0.0 yang sangat mirip dengan mambo 4.5.2.3. Andrew Eddie saat itu sebagai Pimpinan Tim Inti Pengembang Mambo hingga agustus 2005 memilih meninggalkan Mambo dengan menulis surat terbuka di komunitas dan diumumkan di forum mamboserver.com. Selanjutnya Tim pengembang ini membuat situs opensourcematters.com untuk mendistribusikan informasi ke seluruh pengembang,
desain web dan komunitas.

Pengembangan Joomla sejak versi 1.0.0 sampai ke versi 1.0.15 mengalami laju pertumbuhan yang luar biasa sampai menjadi kiblat pengembangan website yang paling mudah dan paling banyak didukung oleh pengembang pihak ke-3. sampai pada sekitar tahun 2007 Tim memutuskan pengembangan joomla 1.5.x yang memiliki persamaan dan perbedaan yang cukup jauh. Dan saat ini versi Joomla sudah mencapai 2.5.4

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel