Sejarah Asal Usul Makanan Donat di Dunia

Sejarah Asal Usul Makanan Donat di Dunia - Donat memang makanan yang paling disukai oleh seluruh orang. Siapa yang tidak kenal Donat ? Cita rasa yang manis dan lembut dengan berbagai topping yang sedap dipandang membuat makanan ini semakin banyak diminati.

Di dalam sejarah adanya makanan Donat, ternyata asal-usul Donat masih menjadi perdebatan. Konon,donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran dari Belanda selain sajian seperti kue kering,pai krim,dan pai buah atau cobbler. Donat juga diklaim ditemukan oleh leluhur suku Indian Wampanoag. Akan tetapi, National Dunking Association of America(NDAA) menyatakan bahwa penemu kue donat adalah Hanson Crocket Gregory.

Sejarah Asal Usul Makanan Donat di Dunia

Namun,sang penemu kue donat ini pun memiliki dua versi cerita berbeda. Begini ceritanya:
1. Hanson Gregory adalah seorang kapten kapal asal Denmark. Ketika menakhodai kapal dengan dua tangan,kue yang ia bawa ditusukkan pada roda kemudi kapal sehingga berlubang.

2. Hanson Gregory adalah nama seorang anak laki-laki berumur 15 tahun asal Maine,Amerika Serikat. Ketika ibunya membuat kue, Hanson melihat bagian tengah kue tersebut belum matang. Hanson pun mencungkil bagian tengah kue dengan pisau sehingga berlubang. Saat dewasa, Hanson menjadi seorang nakhoda kapal dan kue buatannya tersebar hingga ke berbagai dunia, termasuk Indonesia.

Namun,kini donat tidak hanya berbentuk bulat dengan lubang di tengah.Bentuk bulatan berlekuk(atau ring) ataupun bulat tanpa lubang ditengah juga mulai banyak dijumpai. J.CO, Dunkin' Donuts, Krispy Kreme, adalah sejumlah merek donat di Indonesia. Tak hanya itu, industri-industri kecil yang memproduksi donat dan menjajakannya secara eceran di tempat umum atau dengan sepeda motor pun banyak dijumpai di berbagai kota di Indonesia.

Beberapa Fakta Tentang Donat
*Donat terbesar di dunia adalah donat berisi jelly yang dibuat seberat 1,7 ton, berdiameter 4.9 meter, dan setinggi 40.6 meter yang dibuat di Utica, New york pada tanggal 21 januari 1993.

*Donat tak cuma dijadikan makanan favorit dalam kehidupan nyata, didalam film kartunpun donat ikut ambil peran. Salah satu tokoh kartun yang digambarkan sebagai donat mania adalah Homer Simpson.

*Sebanyak 10 milyar donat diproduksi setiap tahunnya, untuk di wilayah Amerika Serikat saja.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel