Sejarah Awal Berdiri Perusahaan Pesawat Sukhoi

Sejarah Awal Berdiri Pesawat Sukhoi - Sukhoi memang lebih dikenal sebagai pembuat pesawat tempur. Menilik sejarahnya, Sukhoi merupakan perusahaan yang dibangun oleh Pavel Sukhoi, ahli aviasi yang ‘dibentuk’ oleh suasana perang. Ini menyebabkan Pavel Sukhoi mendalami desain pesawat yang digunakan untuk kepentingan perang.

Sejarah perusahaan ini tidak bisa terlepas dari seorang Pavel Sukhoi, salah seorang desainer pesawat Soviet terhebat.

Sukhoi lahir di tahun 1910. Masa awal karirnya banyak didera kegagalan. Sukhoi pernah jadi anak didik Andrey Tupolev, bapak aviasi modern Rusia. Dari tahun 1920 hingga 1930 Sukhoi bekerja sebagai insinyur senior pada Tupolev di TsAGI (Institut Pusat Aero-Hidrodinamik), disini Sukhoi sempat merancang beberapa pesawat pengebom dan pesawat tempur.

Sejarah Awal Berdiri Perusahaan Pesawat Sukhoi

Pada September 1939 pemerintahan Rusia menunjuk Sukhoi untuk mengepalai sebuah organisasi baru bernama OKB-134 (sebuah biro desain eksperimental) di kota Kharkov, Ukraina. Selama menjabat di organisasi ini antara tahun 1930 dan 1940an Sukhoi berhasil memproduksi beberapa desain gemilang, namun tersandung kecelakaan saat tes, oposisi politik, dan Stalin.

Setelah PD Stalin menunjuk Sukhoi untuk bersama beberapa desainer aviasi rusia terkemuka untuk membangun pesawat tempur Rusia generasi pertama. Sukhoi pun menggunakan pesawat Jerman Me 262 sebagai fondasi penciptaan pesawat tempur Su-9 miliknya. Namun Stalin menolak Su-9 dan mengecap Sukhoi sebagai seorang peniru Jerman.

Sukhoi seakan tidak mempedulikan Stalin terus merancang desain yang lebih canggih, termasuk salah satunya Su-17, pesawat supersonik. Stalin lama-lama gerah akan Sukhoi dan menutup OKB-134 pada November 1949.

Setelah kematian Stalin, Sukhoi direkrut untuk bekerja di sebuah pabrik di Moskow pada sebuah organisasi bernama OKB-51. Perusahaan Sukhoi yang dikenal saat ini berasal dari organisasi ini.

Selama bekerja pada organisasi ini rancangan Sukhoi yang paling gemilang adalah T-4, sebuah pesawat penyerang/pengintai supersonic canggih (Mach 3), yang dibuat untuk merespon B-70 Blackbird milik AS.

Lewat pembuatan T-4 ini Sukhoi mempelopori sistem avionics yang lebih compact dan penggunaan rangka titanium. Dari banyak rancangan Sukhoi, mungkin yang paling terkenal adalah Su-27, sebuah pesawat tempur jarak jauh yang superior dari segi fleksibilitas dan kemampuan.

Masa post-komunisme tidak akrab terhadap perusahaan Sukhoi, walau begitu ini tidak membaut mereka urung memproduksi berbagai jenis pesawat baru sambil terus bersaing ketat dengan MiG.

Referensi: http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/05/sejarah-perusahaan-sukhoi/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel