Sejarah Asal Tari Piring Minangkabau

Sejarah Asal Tari Piring Minangkabau - Tari Piring Minangkabau merupakan Salah satu seni tari asal Minangkabau, Sumatera Barat yang masih sering dipentaskan .

Tari Piring dikatakan tercipta daripada ''wanita-wanita cantik yang berpakaian indah,serta berjalan dengan lemah lembut penuh kesopanan dan ketertiban ketika membawa piring berisi makanan yang lezat untuk dipersembahkan kepada dewa-dewa sebagai sajian.

Wanita-wanita ini akan menari sambil berjalan, dan dalam masa yang sama menunjukan kecakapan mereka membawa piring yang berisi makanan tersebut". Kedatangan Islam telah membawa perubahan kepada kepercayaan dan konsep tarian ini. Tari Piring tidak lagi dipersembahkan kepada dewa-dewa, tetapi untuk majelis-majelis keramaian yang dihadiri bersama oleh raja-raja atau pembesar negeri.

Sejarah Asal Tari Piring Minangkabau

Mengenai waktu kemunculan pertama kali Tari Piring ini belum diketahui pasti, tapi dipercaya bahwa Tari Piring telah ada di kepulauan melayu sejak lebih dari 800 tahun yang lalu. Tari Piring juga dipercaya telah ada di Sumatra barat dan berkembang hingga pada zaman Sri Wijaya.

Setelah kemunculan Majapahit pada abad ke 16 yang menjatuhkan Sri Wijaya, telah mendorong Tari Piring berkembang ke negeri-negeri melayu yang lain bersamaan dengan pelarian orang-orang sri wijaya saat itu.

Referensi:
http://tari-piring.blogspot.com/2011/07/sejarah-tari-piring.html
http://noretz-area.blogspot.com/2011/10/inilah-sejarah-tari-piring.html
http://fransiska-k.blogspot.com/2012/03/sejarah-tari-piring.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel