Sejarah Awal Berdiri Jejaring Sosial Plurk

Sejarah Awal Berdiri Jejaring Sosial Plurk - Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis yang mengizinkan pengguna mengirim pembaruan (dikenal sebagai suatu plurk) melalui antarmuka web, pesan singkat, atau cara lain, dengan panjang maksimum 140 karakter.

Pembaruan ini akan ditampilkan pada halaman web pengguna menggunakan garis waktu yang menampilkan semua pembaruan yang diterima dengan urutan kronologis, dan selanjutnya disampaikan ke pengguna lain yang masuk. Pengguna dapat menanggapi pembaruan pengguna lain dari garis waktu mereka melalui situs web Plurk.com, pengirim pesan instan, atau pesan singkat.

Sejarah Awal Berdiri Jejaring Sosial Plurk

Plurk ditemukan oleh sebuah team yang menamakan dirinya The A-Team yang beranggotakan 20 orang. The A-Team berasal dari orang-orang yang berada di berbagai belahan dunia tapi yang paling banyak berasal dari Taiwan. Sampai sekarang belum ada yang membahas secara jelas mengapa mereka membuat Plurk (bahkan di wikipediapun tak ada). Plurk di rilis dan diluncurkan pada 12 Mei 2008 dengan URL plurk.com.

Plurk merupakan jejaring social yang masuk kategori mikroblog, maksudnya pengguna plurk dapat menulis dan posting tulisan mengenai dirinya atau aktifitasnya tapi tidak lebih dari 140 karakter (pesan singkat). Postingan tersebut akan masuk pada channel utma plurk dan akan menjadi sebuah history bagi pengirim posting tersebut pada profilnya. History tersebut akan berbentuk timeline yang diurut sesuai kronologi posting pengguannya.

Hal lain yang menarik dimiliki Plurk adalah Plurk berjalan dengan menggunakan teknologi Ajax. Apa itu Ajax? Ajax merupakan singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. Ajax ini terdiri dari komponen utama, yaitu JavaScript dan XML. Perpaduan 2 komponen utama ini membuat kinerja plurk semakin meningkat pada aplikasi web sehingga web dapat bejalan lebih cepat. Kelebihannya adalah dapat membuat permintaan pada server tanpa me-reload kembali halaman (jadi hemat bandwidth).

Kata Plurk (pl├╝er-kh) belum jelas berasal dari bahasa apa (google translate tidak menemukan), namun penamaan Plurk berdasarkan filosofi suatu danging yang renyah dan mudah dicerna (dari segi kata benda) sedangkan dari segi kata kerja merupakkan kumpulan tindakan atau buku cerita.

Dari semua konten yang dimiliki plurk ada satu hal yang membuat plurk berbeda dari social network lain, plurk memiliki penilaian atas penggunanya yang disebut sebagai "Karma". Penilaian Plurk ini berdasarkan aktivitas penggunanya, banyaknya posting (update status bahasa gaulnya), banyak teman, banyak fans, dan lain-lain.

Perlu diketahui bahwa penilaian Karma Plurk bukanlah sekedar penilaian dari plurk, jika nilai Karma seorang pengguna semakin tinggi maka semakin banyak pula fasilitas dari plurk yang akan didapatkan. Dengan kata lain Plurk hanya memberikan fasilitas terbaiknya untuk Pluker sejati.

Yang membuat Pluker juga betah adalah cepatnya postingan mendapat respon dari pluker lain, bagaimana tidak, untuk dapat merespon postingan pluker lain Anda tidak diharuskan untuk berteman atau menjadi fans dengan pluker tersebut. Inilah yang membuat respon posting Plurk rata-rata diatas respon posting social network yang lain.

Referensi:
http://valdapoenya.blogspot.com/2012/03/teknologikonsepsejarah-dari-plurk.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Plurk

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

.Iklan Bawah Artikel