Skip to main content

Sejarah Awal Berdiri Jejaring Sosial Plurk

Sejarah Awal Berdiri Jejaring Sosial Plurk - Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis yang mengizinkan pengguna mengirim pembaruan (dikenal sebagai suatu plurk) melalui antarmuka web, pesan singkat, atau cara lain, dengan panjang maksimum 140 karakter.

Pembaruan ini akan ditampilkan pada halaman web pengguna menggunakan garis waktu yang menampilkan semua pembaruan yang diterima dengan urutan kronologis, dan selanjutnya disampaikan ke pengguna lain yang masuk. Pengguna dapat menanggapi pembaruan pengguna lain dari garis waktu mereka melalui situs web Plurk.com, pengirim pesan instan, atau pesan singkat.

Sejarah Awal Berdiri Jejaring Sosial Plurk

Plurk ditemukan oleh sebuah team yang menamakan dirinya The A-Team yang beranggotakan 20 orang. The A-Team berasal dari orang-orang yang berada di berbagai belahan dunia tapi yang paling banyak berasal dari Taiwan. Sampai sekarang belum ada yang membahas secara jelas mengapa mereka membuat Plurk (bahkan di wikipediapun tak ada). Plurk di rilis dan diluncurkan pada 12 Mei 2008 dengan URL plurk.com.

Plurk merupakan jejaring social yang masuk kategori mikroblog, maksudnya pengguna plurk dapat menulis dan posting tulisan mengenai dirinya atau aktifitasnya tapi tidak lebih dari 140 karakter (pesan singkat). Postingan tersebut akan masuk pada channel utma plurk dan akan menjadi sebuah history bagi pengirim posting tersebut pada profilnya. History tersebut akan berbentuk timeline yang diurut sesuai kronologi posting pengguannya.

Hal lain yang menarik dimiliki Plurk adalah Plurk berjalan dengan menggunakan teknologi Ajax. Apa itu Ajax? Ajax merupakan singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. Ajax ini terdiri dari komponen utama, yaitu JavaScript dan XML. Perpaduan 2 komponen utama ini membuat kinerja plurk semakin meningkat pada aplikasi web sehingga web dapat bejalan lebih cepat. Kelebihannya adalah dapat membuat permintaan pada server tanpa me-reload kembali halaman (jadi hemat bandwidth).

Kata Plurk (pl├╝er-kh) belum jelas berasal dari bahasa apa (google translate tidak menemukan), namun penamaan Plurk berdasarkan filosofi suatu danging yang renyah dan mudah dicerna (dari segi kata benda) sedangkan dari segi kata kerja merupakkan kumpulan tindakan atau buku cerita.

Dari semua konten yang dimiliki plurk ada satu hal yang membuat plurk berbeda dari social network lain, plurk memiliki penilaian atas penggunanya yang disebut sebagai "Karma". Penilaian Plurk ini berdasarkan aktivitas penggunanya, banyaknya posting (update status bahasa gaulnya), banyak teman, banyak fans, dan lain-lain.

Perlu diketahui bahwa penilaian Karma Plurk bukanlah sekedar penilaian dari plurk, jika nilai Karma seorang pengguna semakin tinggi maka semakin banyak pula fasilitas dari plurk yang akan didapatkan. Dengan kata lain Plurk hanya memberikan fasilitas terbaiknya untuk Pluker sejati.

Yang membuat Pluker juga betah adalah cepatnya postingan mendapat respon dari pluker lain, bagaimana tidak, untuk dapat merespon postingan pluker lain Anda tidak diharuskan untuk berteman atau menjadi fans dengan pluker tersebut. Inilah yang membuat respon posting Plurk rata-rata diatas respon posting social network yang lain.

Referensi:
http://valdapoenya.blogspot.com/2012/03/teknologikonsepsejarah-dari-plurk.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Plurk

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …