Skip to main content

Tentang negara Pakistan

Hal-hal yang perlu diketahui tentang Pakistan adalah :
  • Luas wilayah : 803.943 km persegi
  • Ibu kota : Islamabad
  • Bentuk pemerintahan : Republik
  • Hari Kemerdekaan : 14 Agustus
  • Kepala Negara : Presiden
  • Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
  • Presiden : Mamnun Hussain
  • Perdana Menteri : Nawaz Sharif
  • Lagu kebangsaan : Blessed be the Sacred Land
  • Jumlah Penduduk (2013) : 190.291.129 jiwa.
  • Bahasa : Urdu, Inggris
  • Agama mayoritas penduduk : Islam
  • Mata uang : Rupee
  • Bandar udara internasional : Islamabad Airport dan Karachi Airport
  • Perusahaan penerbangan : Pakistan International Airlines
Gambar ilustrasi negara Pakistan


Pemerintahan
Sebelum merdeka, Pakistan menjadi satu dengan India, yang dikenal dengan sebutan Asia Muka atau Hindia Muka. Memperoleh kemerdekaannya dari Inggris pada tanggal 14 Agustus 1947, menjadi negara republik Islam, dengan ibu kota Islamabad. Daerahnya meliputi sebelah barat dan sebelah timur India, sehingga Pakistan memiliki wilayah Pakistan Barat dan Pakistan Timur.

Karena terjadi pergolakan politik, kemudian Pakistan Timur memisahkan diri dan menjadi negara merdeka sendiri tahun 1971, yaitu negara Bangladesh. Saat ini Presiden dijabat oleh Mamnun Hussain. Salah satu presiden Pakistan pernah mengalami kecelakaan fatal, sehingga meninggal dunia, yaitu pada tanggal 17 Agustus 1988 pesawat yang ditumpangi Presiden Mohammad Zia Ul-Haq meledak.

Pemilu tanggal 16 November 1988 mengantarkan Benazir Bhutto menjadi Perdana Menteri Pakistan. Benazir Bhutto tercatat sebagai Perdana Menteri wanita termuda di dunia. Benazir yang artinya "tak ada duanya", adalah putri dari Zulfikar Ali Bhutto, mantan Perdana Menteri yang digulingkan oleh Zia Ul-Haq dan kemudian dihukum gantung.

Keadaan geografi
Pakistan terletak antara 20 derajat LU - 37 derajat LU dan 66 derajat BT - 75 derajat BT. Karena letak lintangnya itu Pakistan memiliki 2 macam iklim. Pakistan bagian utara mempunyai iklim subtropis, dan Pakistan bagian selatan beriklim muson tropis.

Pakistan merupakan daerah dataran rendah, yaitu lembah Sungai Indus atau Sindhu. Sungai ini menjadi urat nadi kehidupan masyarakat sekitar. Daerah hulu Sungai Indus adalah Punjab yaitu merupakan daerah pertanian yang luas dan subur. Punjab sendiri berarti daerah lima sungai, yaitu: Chenab, Rasi, Beas, Jhelum dan Satly.

Di sebelah tenggara adalah Gurun Tharr yang merupakan pembatas dengan India, di sebelah barat adalah Pegunungan Hindukush yang membatasi Pakistan dengan Afganistan.

Penduduk
Jumlah penduduk Pakistan saat ini (2013) 190.291.129 jiwa, yang sebagian besar beragama Islam. Karena faktor agama inilah Pakistan kemudian melepaskan diri dari India yang mayoritas penduduknya beragama Hindhu. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Urdu dan Inggris.

Perekonomian
Pakistan adalah negara agraris, hasil pertanian yang penting ialah beras, kapas, gula dan gandum. Industrinya belum begitu maju, namun dari industri telah dihasilkan tekstil, pupuk dan bahan-bahan kimia untuk diekspor.

Ekspor-ekspor dilakukan melalui pelabuhan laut Karachi. Nilai ekspornya pada tahun 1986 mencapai US$ 3.306 juta, sedangkan impornya mencapai US$ 5.373 juta. Pendapatan nasionalnya (1985) adalah US$ 83.500 juta.

Hubungan dengan Indonesia
Hubungan dengan Indonesia cukup baik, terbukti ketika Presiden Mohammad Zia Ul-Haq meninggal sewaktu pesawat terbang yang ditumpanginya meledak tanggal 17 Agustu 1988. Presiden Soeharto menyampaikan ucapan bela sungkawa dan mengutus Wakil Presiden Sudharmono mewakili seluruh bangsa Indonesia datang melayat ke Pakistan. Sebagaimana juga India, Pakistan juga merupakan negara sponsor Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955.

Baca juga beberapa negara tetangga Pakistan:

Popular posts from this blog

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya - Seperti telah kita ketahui bahwa pulau Jawa merupakan pulau yang lebih padat penduduknya daripada pulau-pulau lain di Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa Dwipa bisa dikatakan sebagai pusat sejarah peradaban sejak zaman kerajaan, sebagai contoh zaman Kerajaan Majapahit.
Pulau Jawa sampai saat admin menuliskan ini dibagi dalam 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing provinsi membawahi kabupaten dan kota administratif.
Pulau Jawa merupakan pulau yang subur makmur dengan batas-batasnya sebagai berikut: sebelah barat: Selat SundaSebelah timur: Selat Balisebelah utara: Laut Jawasebelah selatan: Samudera Indonesia/Samudera Hindia
Gambar Peta Pulau Jawa Mengacu pada judul di atas, kali ini sejarah negara akan melampirkan Peta Pulau Jawa yang meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Karena wilayahnya memanjang dari barat ke timur peta tersebut ukurannya …

Sebab umum dan sebab khusus Perang Diponegoro

Sejarah Nasional.Perang Diponegoro berlangsung selama lima tahun yaitu dari tahun 1825 hingga tahun 1830. Hal ini secara gamblang telah di bahas pada artikel Perang Diponegoro terjadi tahun 1825-1830. Untuk kali ini Sejarah Nasional dan Dunia akan membahas secara lebih spesifik tentang penyebab terjadinya perang tersebut.
Sebab terjadinya Perang Diponegoro dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut pembahasannya.
Sebab umum Rakyat dibelit oleh berbagai bentuk pajak dan pungutan yang menjadi beban turun-temurun.Pihak keraton Jogjakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial.Kalangan keraton hidup mewah dan tidak mempedulikan penderitaan rakyat.
Sebab khusus Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan, karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran Diponegoro memilih mengasingkan diri ke Tegalrejo untuk memusatkan perhatian pada kehidupan keagamaan.Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yan…

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie

Turunnya Soeharto dari jabatan kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal lahirnya era Reformasi di Indonesia. Perkembangan politik ketika itu ditandai dengan pergantian presiden di Indonesia. Seperti telah di bahas pada Kronologi reformasi indonesia tahun 1998, bahwa Segera setelah Soeharto mengundurkan diri, Mahkamah Agung mengambil sumpah Baharuddin Jusuf Habibie sebagai presiden.

Masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie berlangsung dari tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999. Pengangkatan Habibie sebagai presiden ini memunculkan kontroversi di masyarakat. Pihak yang pro menganggap pengangkatan Habibie sudah konstitusional, sedangkan pihak yang kontra menganggap bahwa Habibie sebagai kelanjutan dari era Soeharto dan pengangkatannya dianggap tidak konstitusional.

Pengambilan sumpah beliau sebagai presiden dilakukan di Credential Room, Istana Merdeka. Dalam pidato yang pertama setelah pengangkatannya, B.J. Habibie menyampaikan hal-hal sebagai berikut : Mohon dukungan dari …