16 Badan Khusus PBB Lengkap Penjelasannya

Contents [Show]

Daftar Isi Artikel


16 Badan Khusus PBB Lengkap Penjelasannya - Di samping ke-6 badan utama, PBB memiliki badan-badan internasional khusus yang bernaung di bawahnya untuk mencapai tujuan-tujuannya. Badan-badan khusus tersebut adalah sebagai berikut:

1. UNESCO

UNESCO adalah singkatan dari United Nations Educational Science and Cultural Organization. Badan khusus PBB bidang organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan. Didirikan pada tanggal 4 November 1946, berkedudukan di Paris, Prancis. Tugas UNESCO adalah memajukan kerja sama antar bangsa di bidang pendidikan, pengetahuan dan kebudayaan

Gambar logo Badan-badan khusus PBB
Logo Badan-badan khusus PBB

2. ILO

ILO adalah singkatan dari International Labour Organization, badan khusus PBB yang berkecimpung dalam Organisasi Perburuhan Internasional. ILO didirikan pada tanggal 11 April 1919, berkedudukan di Jenewa, Swiss.

Tujuan ILO adalah untuk mencapai perdamaian abadi dengan terciptanya keadilan sosial, perbaikan nasib buruh dan keluarganya, serta keadilan di bidang ekonomi.

Untuk mencapai kemajuan tersebut dilakukan usaha-usaha antara lain : mengadakan perjanjian-perjanjian upah jam kerja, usia minimum untuk bekerja, jaminan sosial dan ketentuan tentang libur dan cuti. Memberi saran-saran kepada berbagai negara dalam menyusun undang-undang dan peraturan perburuhan, sehingga kaum buruh mendapat perhatian yang lebih baik.

3. FAO

FAO singkatan dari Food and Agricultural Organization, badan khusus PBB yang berkecimpung dalam organisasi Pangan dan Pertanian. FAO didirikan pada tanggal 16 Oktober 1945, berkedudukan di Roma, Italia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah dan mutu bahan makanan.

Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan usaha-usaha, antara lain : memperbaiki dan menyelenggarakan pendidikan di negara-negara tertentu yang dianggap perlu, terutama mengenai bidang pangan dan pertanian. Memperbaiki produksi dan distribusi pertanian dan agraris. Berusaha mempertahankan dan menjaga kelestarian tanah dan persediaan air. Membantu kelancaran pemberian kredit untuk pertanian dan agraria.

4. WHO

WHO adalah singkatan dari World Health Organization, badan khusus PBB yang berkecimpung dalam organisasi Kesehatan Sedunia. WHO didirikan pada tanggal 7 April 1948, berkedudukan di Jenewa, Swiss. Tujuannya adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan kesehatan bagi seluruh umat manusia di dunia.

Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan usaha-usaha, antara lain : membantu negara-negara dalam melaksanakan pemberantasan penyakit menular, seperti cacar, malaria, HIV, TBC dan sebagainya. Membantu memelihara dan meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak. Mendorong dan membantu penelitian di bidang kesehatan. Memberi bantuan dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan bagi negara-negara yang membutuhkan.

5. IBRD

IBRD adalah singkatan dari International Bank for Reconstructions and Development, badan khusus PBB yang berkecimpung dalam bidang Bank Dunia untuk pembangunan dan perkembangan. Badan ini disebut juga World Bank atau Bank Dunia. IBRD didirikan pada tanggal 27 Desember 1945, berkedudukan di Washington, Amerika Serikat.

Tujuannya IBRD adalah untuk memberikan bantuan kredit jangka panjang dan jangka pendek kepada negara-negara yang sedang membangun. Memberikan bantuan teknik secara cuma-cuma. Membantu negara-negara dalam meningkatkan perdagangan internasional. Indonesia mulai menjadi anggota IBRD sejak tahun 1954.

6. IMF

IMF adalah singkatan dari International Monetary Fund, badan khusus PBB dalam bidang Dana Moneter Internasional.

IMF didirikan pada tanggal 27 September 1945, sesudah Konferensi di Bretton Wood, Amerika Serikat. Pada waktu itu didirikannya IMF dengan maksud untuk melancarkan kembali tata pembayaran internasional yang kacau akibat perang dunia. Markas Besar IMF berada di Washington D.C, Amerika Serikat.

Tujuannya IMF adalah untuk memajukan kerja sama internasional di bidang ekonomi, keuangan dan perdagangan, sehingga mampu memperluas kesempatan kerja dan mencapai kemakmuran.

Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan usaha-usaha, antara lain untuk membantu negara-negara memperbaiki neraca pembayarannya yang tidak seimbang dengan jalan penyediaan dana. Memberi bantuan untuk memperluas perdagangan internasional. Memberi bantuan dalam mengadakan sistem pembayaran negara-negara anggota. Memberi nasehat yang berhubungan dengan hal-hal yang menyangkut pelaksanaan kerja sama keuangan internasional

Hampir semua negara (kecuali blok komunis) telah menjadi anggota IMF. INdonesia menjadi anggota sejak tahun 1954, namun pada tahun 1963 keluar karena situasi pengganyangan Nekolim (Neo Kolonialisme), dan masuk lagi tahun 1966. Sampai sekarang kelompok inti IMF masih terdiri dari kelompok 10, yaitu sepuluh negara kaya/maju, Amerika Serikat, Belanda, Belgia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman Barat, Kanada, Prancis, Swedia, yang telah menyatakan bersedia membantu negara-negara lain yang mengalami kesulitan pembayaran internasional melalui IMF.

7. UNTAC

UNTAC adalah singkatan dari United Nations Conference on Trade and Development, badan khusus PBB dalam bidang Konferensi Perdagangan dan Pembangunan PBB, yaitu forum khusus untuk membahas masalah perdagangan internasional.

UNTAC didirikan tahun 1964 di Jenewa, Swiss, dengan tujuannya untuk mengusahakan kemajuan dan memperlancar perdagangan internasional, terutama perdagangan ekspor negara-negara sedang berkembang.

Tata perdagangan internasional yang berlaku sekarang terutama berdasarkan GATT (General Agreement for Tariffs and Trade) atau Perjanjian Umum tentang Tarif-tarif perdagangan, yang pokok-pokoknya telah disepakati pada tahun 1947 di Jenewa, Swiss.

GATT adalah suatu konvensi (persetujuan internasional) yang diadakan dengan maksud untuk menghilangkan/mengurangi rintangan-rintangan perdagangan internasional, khususnya tarif bea cukai yang tinggi, yang ternyata sangat menghambat dan mempersulit ekspor impor antar negara.

Indonesia menjadi anggota GATT sejak tahun 1950 dan berusaha memanfaatkan sebaik-baiknya untuk memperjuangkan kepentingan Indonesia dalam perdagangan internasional.

8. UNICEF

UNICEF adalah singkatan dari United Nations International Children's Emergency Fund, badan khusus PBB yang didirikan pada tahun 1946 di New York, Amerika Serikat. Pada tahun 1953 disebut sebagai United Nations Children's.

Tugasnya UNICEF adalah memperhatikan masalah kesehatan dan gizi untuk anak-anak, serta membantu usaha-usaha untuk memajukan kesehatan rakyat, penyedia air minum bersih, pendidikan dasar, pembangunan masyarakat desa dalam hal kebersihan, pencegahan wabah penyakit. Pada tahun 1987, Indonesia menerima bantuan sebesar US$ 13,4 juta dari UNICEF untuk memajukan kesehatan dan gizi anak-anak Indonesia.

9. UNINDO

UNINDO adalah singkatan dari United Nations Industrial Development Organization, sebuah Organisasi Pembangunan Industri PBB, UNINDO didirikan pada tahun 1967, berkedudukan di Wina, Austria.

Tugasnya adalah untuk memajukan industri di negara-negara sedang berkembang, antara lain dengan memberikan bantuan teknis, program-program latihan, penelitian dan penyediaan informasi.

10. UNDP

UNDP adalah singkatan dari United Nations Development Program, badan khusus PBB yang berkecimpung dalam program Pembangunan PBB, yaitu badan PBB yang memberikan sumbangan untuk membiayai program-program pembangunan, terutama bagi negara-negara sedang berkembang. Pada tahun 1987, bantuan pinjaman yang diterima Indonesia dari UNDP sebesar US $ 30 juta, yang digunakan membiayai program-program pembangunan.

11. IDA

IDA adalah singkatan dari International Development Association, badan khusus PBB yang berkecimpung dalam bidang Organisasi Pembangunan Internasional. Badan ini didirikan tahun 1960 di Washington Amerika Serikat.

Tujuannya IDA adalah untuk memberikan kredit untuk keperluan pembangunan khususnya di negara-negara sedang berkembang, dengan jalan memberikan pinjaman dengan syarat-syarat yang lebih lunak dibanding pinjaman yang biasanya diberikan oleh Bank Dunia. Pinjaman IDA berjangka waktu sampai 50 tahun, termasuk masa tenggang 10 tahun tanpa membayar bunga.

Keanggotaan IDA terbuka bagi semua anggota Bank Dunia. Indonesia mulai menjadi anggota IDA pada tahun 1968. Indonesia telah memperoleh bantuan kredit dari IDA sebesar US $ 886 juta pada tahun 1985.

12. IFC

IFC adalah singkatan dari International Finance Corporation, yang didirikan pada tahun 1957 di Washington, Amerika Serikat yang merupakan afiliasi Bank Dunia.

Tugasnya adalah untuk memberikan pinjaman kepada pengusaha swasta, serta membantu mengalihkan investasi luar negeri ke negara-negara yang sedang berkembang.

Sedangkan tujuan IFC adalah untuk membantu penambahan modal yang sudah tersedia, namun tidak memberikan modal secara keseluruhan. Membantu memberikan kredit jangka panjang bagi pengusaha swasta dengan suatu jaminan.

Pinjaman yang diberikan oleh IFC didasarkan pada kelayakan, sedangkan pinjaman atas kredit berupa alat-alat/mesin yang dibeli dengan kredit tersebut. Indonesia menjadi anggota IFC pada tahun 1956.

13. ICAO

ICAO adalah singkatan dari International Civil Aviation Organization, sebuah badan khusus PBB yang berkecimpung dalam Organisasi Penerbangan Sipil Internasional. Tugasnya adalah untuk mempelajari, mengatur dan menyelesaikan persoalan-persoalan penerbangan sipil, keselamatan penerbangan.

14. UPU

UPU adalah singkatan dari Universal Postal Union, badan khusus PBB yang berkecimpung dalam bidang Persatuan Pos Sedunia. Didirikan tahun 1878 dengan markas besar di Bern, Jerman Barat.

15. ITU

ITU adalah singkatan dari International Telecomunication Union, badan khusus PBB yang mengurusi Persatuan Telegrap Internasional. Didirikan tahun 1865, kemudian dinyatakan bernaung di bawah PBB tahun 1947, bermarkas di Jenewa Swiss.

16. WMO

WMO adalah singkatan dari World Meteorological Organization, badan khusus PBB dalam bidang Organisasi Meteorologi Internasional yang berdiri tahun 1950 dan bermarkas besar di Jenewa, Swiss.

Baca juga:

Demikian ulasan 16 Badan Khusus PBB Lengkap Penjelasannya, semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Subscribe to the latest article updates via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel